Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hayosayasiapaAvatar border
TS
hayosayasiapa
Terbuat dari Udara & Roh, Patung Tak Berwujud Karya Salvatore Garau Laku 279 Juta!


Agan dan Sista suka dateng ke pameran seni ga sih?

Pergi ke pameran seni adalah salah satu hal yang dilakukan para pecinta seni untuk menghargai dan mengagumi sebuah karya seni. Biasanya, para pecinta seni akan berdiri beberapa meter di sebuah karya seni dan berdiam diri beberapa saat untuk mengamati keindahannya.

Meskipun seni bernilai subjektif (bukan objektif) dimana semua orang punya pandangan yang berbeda, tapi pasti sebagian orang akan setuju bahwa selama karya tersebut bisa dilihat dan ada panikmatnya, maka itu adalah karya seni.

Ya emang bener sih, masa karya seni ga ada wujudnya.
Di mana sisi seninya kalau ga ada wujudnya?

Eitss, kata siapa?

Baru-baru inisebuah karya seni buatan Salvatore Garau cukup ramai diperbincangkan karena baru saja laku terjual seharga 18.000 dollar Amerika atau setara Rp 279.900.000 kepada seorang seniman asal Italia. Nah, salah satu hal yang cukup membuat heran adalah karena karya mahal tersebut merupakan patung yang tak terlihat.

Bernama Io Sono (I am), karya ini tidak memiliki wujud, melainkan sebuah ‘kekosongan’. Melalui akun instagramnya, Salvatore Garau mengatakan bahwa karya seninya tersebut terbuat dari udara dan roh. Melalui karyanya tersebut juga, Salvatore Garau berharap GanSis bisa mengaktifkan energi imajinasi untuk bisa “melihat” karya tersebut.





Selain itu, Salvatore Garau juga mengungkapkan bahwa ruang hampa merupakan ruang yang penuh energi, dan menurut prinsip ketidakpastian Heisenberg, ruang kosong yang tidak ada apa-apa pun tetap memiliki bobot, sehingga meskipun karya seni ini tampak tidak ada, ini merupakan 'tidak ada' yang memiliki bobot.

Mungkin banyak dari kalian yang ga percaya dengan patung tidak berwujud ini, tapi Salvatore Garau tetap menegaskan bahwa patung karyanya benar-benar ada, bahkan ada sertifikat otentikasi nya loh. Selain itu, seniman berusia 67 tahun ini juga memberikan tata cara khusus untuk sang pembeli loh, yaitu untuk meletakkan karya seni tersebut pada ruang pribadi seluas 5x5 kaki yang bebas dari penghalang di mana pencahayaan dan kontrol iklim nggak diperlukan. Tentunya, sertifikat otentikasi juga tak lupa diberikan kepada pembelinya.



SUMBER
Diubah oleh hayosayasiapa 07-06-2021 09:12
edv039
japarina
ekapabettai
ekapabettai dan 2 lainnya memberi reputasi
3
5K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan