CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Utang PLN Capai Rp 649,2 Triliun, DPR Minta Pemerintah Segera Lunasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c03d9395326e01de2c3807/utang-pln-capai-rp-6492-triliun-dpr-minta-pemerintah-segera-lunasi

Utang PLN Capai Rp 649,2 Triliun, DPR Minta Pemerintah Segera Lunasi

Utang PLN Capai Rp 649,2 Triliun, DPR Minta Pemerintah Segera Lunasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) diketahui memiliki utang sebesar Rp 649,2 triliun berdasarkan laporan keuangan hingga akhir tahun 2020.

Terkait hal tersebut, Komisi VI DPR, mendesak pemerintah segera melunasi utang tersebut.

Wakil Ketua Komisi VI DPR, Martin Manurung mengatakan, jika pelunasan utang pemerintah kepada PLN tak kunjung dilakukan, kondisinya akan menjadi beban yang berkelanjutan bagi PLN.

"Utang tersebut setahu saya sebagian besar karena penugasan pemerintah kepada PLN. Jadi sebenarnya, pemerintah berkewajiban untuk membayarnya kepada PLN," ujar Martin dalam siaran pers, Selasa (25/5/2021).

Politisi Fraksi Partai NasDem itu juga mengingatkan PLN agar tidak menjadikan masalah utang tersebut sebagai alasan dalam melakukan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) yang pada akhirnya membebani masyarakat.

"Jangan sampai terjadi kenaikan TDL dalam masa sulit akibat tekanan dampak pandemi Covid-19 sebaiknya dihindari. Karena beban masyarakat dan dunia usaha juga sudah cukup besar. Mereka bisa bertahan saja sudah syukur," kata Martin.

Dalam laporan keuangan PLN, tercatat total utang sebesar Rp 649,2 triliun pada akhir 2020.

Jumlah tersebut terdiri dari utang jangka panjang sebesar Rp 499,58 triliun dan utang jangka pendek Rp 149,65 triliun.

Berdasarkan laporan keuangan PLN, utang jangka panjang PLN didominasi oleh obligasi dan sukuk sebesar Rp 192,8 triliun, utang bank sebesar Rp 154,48 triliun, utang imbalan kerja Rp 54,6 triliun, liabilitas pajak tangguhan Rp 31,7 triliun, dan penerusan pinjaman Rp 35,61 triliun.

Kemudian, ada pendapatan ditangguhkan Rp 5,6 triliun, utang sewa Rp 14 triliun, utang kepada pemerintah dan lembaga keuangan non bank Rp 3,6 triliun, utang listrik swasta Rp 6 triliun, utang KIK-EBA Rp 655 miliar, utang pihak berelasi Rp 9,4 miliar, dan utang lain-lain Rp 182 miliar.

sumber https://www.google.com/amp/s/amp.kom...-segera-lunasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 5
Utang sebanyak apapun gak masalah asal utk infrastruktur

Dana haji jg klo bisa empat juga











Bismillah komisaris PLN

Eh banyak utang gak jadi

Bismillah CEO Kaskus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Utang segunung. Kalo perusahaan swasta, efisiensi adalah jurus pertama. Tapi di BUMN seperti gak masalah, karena tau bakal di bail out
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Perusahaan monopoli tunggal bisa rugi banyak? emoticon-Bingung

Pecat-pecatin karyawan dong buat efisiensi, takut amat sih! emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 68 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 68 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Ane liat piutang dari pemerintah cuman sekitar 18 triliun

masih jauh dong buat bayar utang jangka pendek sekalipun


emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Perusahaan yg menguasai hajat hidup orang banyak kog bisa rugi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Lho berita2 kemaren masih 500T tau2 berita hari ini udh 649T emoticon-Wakaka


profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh boringman2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
angkat ade armando or abu janda jadi komisaris independen pln..bikin konten lokal di pln......jgn lupa maki2 ..yg utangin pln di twiter...dijamin lunas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 4 lainnya memberi reputasi
Utang, utang, utang emoticon-Big Grin
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Coba salah satu personil slank yg lain diangkat jadi komisaris pln, biar bisa nyanyi
"balikin o ..oo.. balikin"
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
pemerintah minta lunasin

rakyat dipalakin sama SMI

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 2 lainnya memberi reputasi
garuda juga karena penugasan pemerintah, berarti gak bener ni penugasannya
Ada juga
Yang penghasilannya 10 juta tiap bulan
Tapi hutangnya ratusan juta bos....
Pas dicek
Ternyata dia hutang KPR
Bukan hutang open bo artis 🤭
profile-picture
secer memberi reputasi
kenapa sih agan agan pada ribut
hutang 6++ T itu kecil
hutang itu gak masalah yang penting produktif😀


gak usah panik
dikantong masih ada 11.000 T
emoticon-Ngakak
Diubah oleh nYoloth
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pada kuatir ama utang... tenang aja ini dari website resmi pemerintah thn 2016 emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

https://setkab.go.id/datanya-sudah-ada-presiden-jokowi-uang-kita-yang-disimpan-di-luar-negeri-rp-11-000-triliun/
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan Shin.Things memberi reputasi
Bagi ya Token bayar d depan cash Token habis langsung mati
Bagi yg bayr bulanan telat 3 hari langsung petugas datang putus
Bagi rumahnya yg ada tiang listrik mau geser harus bayar
Padahala tiang listrik puluhan tahun ngak sewa lahan kalau ada d rumah warga

Gini masih rugi
Goblok ngak kira2😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
PLN KAI GARUDA BUMN SEMUA AMBYAR DIPAKE BANCAKAN KAUM OLIGARKI
profile-picture
xandernathaniel memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Bingung

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
dri jmn baheula Bumn bilang rugi terus.. utang banyak.. tp pegawainya sejahtera semua... ga mungkin kan gara2 ada warga yg bayar listriknya beli bensin ngutang dulu/nyicil emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 3 lainnya memberi reputasi
Nih satu negara doyan banget utang.. Herman gue
profile-picture
stiv8785 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo swasta dah bangkrut dari dulu emoticon-Big Grin

Menang disokong duit rakyat doang
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di