Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lokasiterlarangAvatar border
TS
lokasiterlarang
Wakil Rakyat Minta Pemerintah Perbanyak Penggunaan Aksara Sunda
Wakil Rakyat Minta Pemerintah Perbanyak Penggunaan Aksara Sunda

CIBINONG, AYOBOGOR -- Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) agar kembali menggaungkan budaya lokal.

Salah satu yang menjadi perhatiannya yakni, meningkatkan kembali penggunaan aksara Sunda di setiap kantor instansi yang ada di lingkungan sekolah Kabupaten Bogor.

Menurutnya, jika ditempatkan secara proporsional, kearifan lokal seperti penggunaan aksara Sunda dapat memperkuat identitas Kabupaten Bogor sebagai salah satu bagian yang tak terpisahkan dari sejarah panjang tataran Pasundan.

"Kalau ini bisa dikemas dengan baik, ini bisa menjadi daya tarik untuk wisatawan. Selain mendatangkan wisatawan, nila luhur dan sejarah Kabupaten Bogor juga tetap terjaga," katanya, Minggu 6 Juni 2021.

Menurutnya, aksara Sunda memiliki estetika yang amat luar biasa. Baik secara visual maupun vokal. "Ini sejalan dengan program pemerintah mempromosikan sport city and tourism di Kabupaten Bogor," ujarnya.

Jika pemerintah mampu menampilkan kekayaan budaya lokal, bukan tidak mungkin hal tersebut akan dapat membangkitkan kebanggaan warga Kabupaten Bogor akan jati dirinya.

Tak hanya itu, keluhuran nilai budaya Sunda juga sangat relevan untuk diterapkan di era globalisasi saat ini. "Masyarakat Kabupaten Bogor harus bangga terhadap kebudayaannya sendiri di tengah pergaulan internasional," imbuhnya.

Sebagai langkah awal dan percintaan, sambungnya, aksara Sunda dalam narasi petuah bijak dengan kaidah desain grafis mulai dipamerkan di lobi utama Gedung DPRD.

Selain sebagai produk seni komunikasi visual, aksara Sunda juga menjadi media pengingat bahwa Kabupaten Bogor merupakan salah satu wilayah di tatar Sunda.

"Kami juga sudah mulai menggunakan aksara Sunda ini di lobby Kantor DPRD Kabupaten Bogor. Di sana juga terpampang foto-foto kesenian Sunda yang bertuliskan aksara Sunda, itu sebagai penyadaran pemula terhadap kebanggaan akan kebudayaan Sunda," ujarnya.

Selain di lobi utama DPRD, lanjut Rudy, dia juga akan meminta ke Sekretariat DPRD untuk menambahkan aksara Sunda di plang nama DPRD dan plang nama ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Bogor.

"Kami akan dorong juga untuk dinas-dinas agar mempopulerkan aksara Sunda di setiap kantornya, nama jalan dan ruang publik lainnya. mudah-mudahan ke depannya Kabupaten Bogor menjadi daerah yang membangun wilayah dan masyarakatnya dengan kearifan lokal," tutupnya.

https://m.ayobogor.com/read/2021/06/...n-aksara-sunda

Mengapa orang sunda itu banyak yg putih? Apa karna faktor alam jawa barat yg dingin sekali atau faktor keturunan ya? Kenapa orang sunda walaupun yg miskin tapi tetap putih ya, saya pakai skincare habis 11 jutaan tetap hitam emoticon-Ngakak
b.omat
muhamad.hanif.2
Danuemce
Danuemce dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.7K
37
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan