earth15Avatar border
TS
earth15
Ngubek Situ, Tradisi Unik Warga Bogor Sambut Ramadhan, Asyik Banget!


Ramadhan baru saja usai, tak terasa 30 hari kita melewati bulan penuh berkah tersebut dengan keikhlasan walau masih dalam suasana wabah virus corona. Di bulan ini diwajibkan bagi orang beriman untuk berpuasa mulai dari terbit fakar hingga terbenamnya matahari di ufuk barat. Tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja, namun juga menjaga hawa nafsu agar tidak merusak ibadah dan pahala puasa itu sendiri.

Umat muslim di seluruh dunia sangat antusias menyambut bulan suci ini dengan penuh kebahagiaan terkhusus di Indonesia, warganya tak kalah meriah dan penuh suka cita dengan kedatangan bulan ramadhan. Biasanya di beberapa daerah di buwi pertiwi ini ada tradisi-tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat untuk menyambut Ramadhan. Kebiasaan ini sudah turun-temurun yang terus dilestarikan keberadaannya hingga tak terputus dari generasi ke generasi. Dan menjadi warisan budaya di setiap wilayah masing-masing serta menjadi keunikan tersendiri. Beragam cara masyarakat dalam penyambutan Ramadhan, namun tetap dengan satu tujuan yakni menyemarakkan sekaligus bergembira atas kedatang bulan penuh berkah.



Sebuah tradisi untuk menyambut Ramadhan juga dilakukan oleh warga Bogor, Jawa Barat. Daerah yang disebut Kota Hujan ini memiliki kebiasaan unik tersendiri kala bulan puasa akan tiba. Tradisi atau budaya itu biasa disebut dengan "Ngubek Situ". Acara ini sangat disambut luar biasa oleh warga Bogor khususnya. Ngubek situ sendiri memiliki arti menguras situ (danau) dan dilaksanakan di Hutan CIFOR.

Menurut beberapa sumber bahwa tradisi ngubek situ ini merupakan warisan dari para orangtua dulu yang sudah biasa dilakukan sejak zaman kolonial Belanda. Ngubek situ seperti pesta rakyat dalam rangka Mapang Munggah yakni menyambut bulan suci Ramadhan serta juga kerapa dilakukan ketika hari jadi Bogor.



Tradisi unik ini sangat disayangkan sekali jika dilewatkan begitu saja tanpa mengabadikan momen menarik tersebut di media sosial. Namun, biasanya kendala internet menjadi masalah utama. Untuk itu Smartfren Unlimited MAXIhadir sebagai solusi. Kecepatan internetnya sangat bisa diandalkan. Speednya tak tertandingi.

Selama Ramadhan kemarin ane menggunakan Smartfren Unlimited MAXI sebagai provider utama untuk menemani ane berselancar di media sosial. Apalagi dengan kondisi WFH (Work From Home) begini kecepatan internet sangat dibutuhkan. Dan pengalaman pertama bersama Smartfren Unlimited MAXI tak begitu mengecewakan.

Sumber :

Narasi pribadi

1
0
172
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan