YenieSue0101Avatar border
TS
YenieSue0101
Pilih Mana, Belanja di Teman, atau di Toko Langganan/Pilihan?






Hai, hai, AganSis!

emoticon-Hai


Selamat datang kembali di thread ke tujuh ane hari ini. Wkwk, gas tipis-tipis dulu buat melancarkan otot-otot jari.

Perihal belanja, apa sih yang menjadi prioritas AganSis? Kualitas? Harga? Atau karena teman yang berjualan?

Nah, kali ini ane mau mengajak AganSis untuk melihat sisi keuntungan dan kerugian saat belanja, apakah itu pada teman atau pada toko pilihan AganSis.




♧Belanja di Teman


1. Sungkan Mau Nawar
Ini yang sering terjadi. Ketika kamu belanja pada teman, biasanya harus menepiskan anggapan bahwa teman kamu akan menggetok atau memasang harga tinggi. Dengan harga pas tersebut, rasanya tak enak lah kalau harus menawar. Kan teman sendiri. Berbeda dengan belanja di toko orang yang tak kita kenal, kita bebas menawar dengan harga serendah-rendahnya. (Kalau gak punya malu sih, wkwk)





2. Malu Kalau Gak Jadi Beli
Di tempat lain kita bisa bebas tanya-tanya harga. Sedangkan belanja pada teman, biasanya kalau nanya-nanya lalu besoknya dibawain, kan jadi malu dan gak enak kalau gak jadi beli. Pokoknya serba nggak enak deh!

3. Tak Ada Harga Teman
Yang namanya jualan, minta diskonan itu sungguh sadis, AganSis. Meski pada teman sekalipun, apalagi baru beli pertama kali. Teman kita jualan, ya pastilah dia cari untung. Tak ada istilahnya, karena teman, lalu dikasih harga murah yang tak sesuai harga pasaran. Bisa-bisa bangkrut deh!

4. Menolong Teman
Dari sekian kekurangan, tentu ada pula nilai positifnya, AganSis. Dengan membeli dagangan teman, kita secara tidak langsung telah membantunya. Terlebih jika kita berinisiatif mempromosikan barangnya. Pasti teman kita sangat berterima kasih. Pahala, bro!





♧Belanja di Toko Langganan/Pilihan



1. Harus Pintar Cari Penjual
Dalam belanja, tentu AganSis harus memperhitungkan kualitas barang, toko dan penjualnya. Jangan sampai menyesal telah membeli barang pada toko tertentu yang ternyata salah pilih.





2. Harus Pintar Menawar
Ini biasanya skill yang banyak dimiliki emak-emak. Karena membeli di toko asing, kita harus pintar menawar agar mendapat harga yang sesuai. Nah, ribet kan?

3. Rawan Tertipu
Melengkapi poin pertama dan kedua, kita yang tak jeli dalam memilih toko dan bertransaksi biasanya rawan menjadi korban penipuan. Biasanya ini sering terjadi di toko online atau belanja online.





4. Bebas Pilih Toko
Sisi positifnya, AganSis bisa bebas memilih dan mau belanja di toko mana saja sesuai dengan pilihan kita. Tentunya dengan resiko-resiko yang sudah ane sebutkan di atas ya.


Demikian thread tentang belanja kali ini. Bila ada perbedaan pendapat, itu wajar, karena kita manusia. Mari kita berdiskusi sehat. Terima kasih sudah menyimak. Sampai jumpa di thread ane selanjutnya.




Penulis : @YenieSue0101

Opini Pribadi

Ilustrasi : 1, 2, 3, 4

jamesbondan007
eyefirst2
caduceus22
caduceus22 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.1K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan