Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

miyabimaria123Avatar border
TS
miyabimaria123
Ternyata Warna Pada Nasi Tumpeng Punya Makna dan Arti Khusus
Ternyata Warna Pada Nasi Tumpeng Punya Makna dan Arti Khusus

Dalam perayaan syukuran suatu acara, termasuk Hari Kemerdekaan Indonesia, nasi tumpeng biasanya disajikan. Berbentuk kerucut, nasi tumpeng banyak dikelilingi sayuran dan lauk. Warnanya pun bermacam-macam.

Ada nasi tumpeng berwarna kuning yang banyak digunakan, hingga nasi tumpeng berwarna putih. Namun tahukah Anda, jika warna pada nasi tumpeng itu ternyata memiliki arti masing-masing?

Sesuai namanya, tumpeng berwarna putih menggunakan nasi putih. Makna warna putih ini adalah tumpeng tersebut biasanya digunakan untuk acara yang melambangkan kesucian. Misalnya pada acara sakral upacara keagamaan dan lain-lain.

Sementara itu, tumpeng nasi uduk menggunakan nasi uduk yang biasanya disajikan dalam acara tasyakuran atau maulid Nabi dalam agama Islam.

Terakhir adalah tumpeng warna kuning yang dinamakan tumpeng nasi kuning. Warna kuning pada sajian tumpeng melambangkan kesejahteraan, kekayaan, atau rezeki untuk acara yang sifatnya suka cita. Oleh karena itu, tak heran jika tumpeng nasi kuning sering dibuat dalam acara pernikahan, kelahiran, dan lainnya.
0
10.7K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan