CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gokil, Utang Pemerintah Sudah Capai Rp 6.527 T di April 2021
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b86d6f6ae02d5626455801/gokil-utang-pemerintah-sudah-capai-rp-6527-t-di-april-2021

Gokil, Utang Pemerintah Sudah Capai Rp 6.527 T di April 2021

 Gokil, Utang Pemerintah Sudah Capai Rp 6.527 T di April 2021

Kementerian Keuangan mencatat jumlah utang pemerintah sudah mencapai Rp 6.527,29 triliun per April 2021. Dengan jumlah tersebut, maka rasio utang pemerintah mencapai 41,18% terhadap PDB.

Mengutip data APBN KiTa, Selasa (1/6/2021), jumlah utang pemerintah yang mencapai Rp 6.527,29 triliun ini mengalami peningkatan Rp 82,22 triliun dibandingkan dengan akhir bulan sebelumnya yang sebesar Rp 6.445,07 triliun.

"Secara nominal, posisi utang pemerintah pusat mengalami peningkatan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, hal ini disebabkan kondisi ekonomi Indonesia yang masih berada dalam fase pemulihan akibat perlambatan ekonomi yang terjadi di masa pandemi COVID-19," tulis laporan APBN KiTa edisi Mei 2021.

Meski rasio utang tembus ke level 41,18%, pemerintah memastikan posisinya masih aman. Sebab, masih berada di bawah batas yang ditentukan oleh Undang-Undang (UU) Keuangan Negara, yaitu maksimal 60% dari PDB.

Jumlah utang pemerintah yang mencapai Rp 6.527,29 triliun ini terdiri dari pinjaman sebesar Rp 865,74 triliun atau 13,26% dari total. Sisanya berasal dari surat berharga negara (SBN) sebesar Rp 5.661,54 triliun atau 86,74% dari total.

Secara rinci, pinjaman pemerintah terdiri dari pinjaman dalam negeri sebesar Rp 12,32 triliun dan pinjaman luar negeri sebesar Rp 853,42 triliun. Pinjaman luar negeri ini terdiri dari pinjaman bilateral Rp 328,59 triliun, multilateral Rp 480,81 triliun, serta commercial bank Rp 44,02 triliun.

Sementara SBN, terdiri dari domestik atau berdenominasi rupiah sebesar Rp 4.392,96 triliun, terdiri Surat Utang Negara (SUN) Rp 3.577,61 triliun dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Rp 815,35 triliun.

Sedangkan SBN valas Rp 1.268,58 triliun, yang terdiri SUN Rp 1.023,6 triliun dan SBSN Rp 244,98 triliun.

link

Kementerian Keuangan mencatat jumlah utang pemerintah sudah mencapai Rp 6.527,29 triliun per April 2021. Dengan jumlah tersebut, maka rasio utang pemerintah mencapai 41,18% terhadap PDB.

Mengutip data APBN KiTa, Selasa (1/6/2021), jumlah utang pemerintah yang mencapai Rp 6.527,29 triliun ini mengalami peningkatan Rp 82,22 triliun dibandingkan dengan akhir bulan sebelumnya yang sebesar Rp 6.445,07 triliun.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 38 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Kalo tambah 1.750 T
Jadi brp rasionya terhadap pdb 50% ya ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajarekosaputra dan 4 lainnya memberi reputasi
Tenaaaang.. ntar tambah lg 1000 T buat foya2 belanja alutsista.
2024 udah dekat, konak ngembat duit dah gak setahan lagi, dah makin beringas dan terang2an.
semua masalah rakyat indonesia nanti diselesaikan dengan pelor.
lo semua yg cuma warga biasa mau protes? tinggal kasih pelor aja biar mingkem.

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 34 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
orang2 yg makin susah tapi goblog blog pasti ngomong; masih aman rasionya, bisa tambah lg, bandingin ama US dll, lah US ngeprint kertas ditulis $100 jutaan lembar masih laku, rupiah makin mengukuhkan diri jadi uang sampah.. somplakk emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jgc14arman23 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
emoticon-Wakaka
Diubah oleh steinberger
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Enam setengah quadriliun tapi wowo dan wiwi Masih kurang jatah korupsi berkedok alutsista emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan b.omat memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
tenang masih ada 11.000 T di kantong doraemon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajarekosaputra dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
utang kecil gitu mah tinggal minta 270 juta rakyat Indonesia nyumbang 35 jutaan, langsung lunas ga pake lama nyong, eh iya mau nambah utang 1700 T lagi ya, masih murah, suruh semua bayar 43 jutaan lunas itu utang, gampang lah! Indonesia negara maju ini, kaya-raya semua penduduknya macam sultan! emoticon-Angkat Beer

profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajarekosaputra dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan


Visi Foya...
Misi Foya...
Visi Misi Foya Foya...
Dont play play Bosquaahh emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan nurbagusl memberi reputasi
Harap tenang semua ya, masih aman belum juga 60% katanya.

Bentar lagi masih akan di tambah 1700T 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuz1toro dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Makanya ntar pilpres pilih wan Anies


#AniesKeren
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
masih sedikit emoticon-Shakehand2 2 minggu lunas, tenang emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Goblok emang kang numpuk utangemoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmansyahsgl dan 2 lainnya memberi reputasi
gokil banget men emang emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
b.omat dan kakekane.cell memberi reputasi
Utang demi membangun negeri, sesuai janji yg sudah disepakati....begitooo? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
b.omat dan kakekane.cell memberi reputasi
Tuh utang Kalo dibeliin cendol dapet berapa baskom
profile-picture
profile-picture
b.omat dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
pukul rata penduduk indo 270 juta orang

per kepala urunan duit 24 juta biar lunas. wkwkwkwk
profile-picture
profile-picture
b.omat dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Sri sri... Gimna ini sri???
Anak cucu kita yg nanggung kelak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sang Pembantai dan 3 lainnya memberi reputasi
Gokillllll boooonggg...
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
b.omat dan kakekane.cell memberi reputasi
Ane pantau aja dari warung.

 Gokil, Utang Pemerintah Sudah Capai Rp 6.527 T di April 2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Rasio utang pemerintah terhadap PDB saat ini berada di atas 40 persen. Angka itu masih lebih rendah dari batas yang ditetapkan dalam UU Keuangan Negara yaitu maksimal 60 persen. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan b.omat memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di