CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Gimana Sih Sistem Penggajian Supir Bus? Ada Berapa Macamnya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b24a3049ae913082043251/gimana-sih-sistem-penggajian-supir-bus-ada-berapa-macamnya

Gimana Sih Sistem Penggajian Supir Bus? Ada Berapa Macamnya?

Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar sistem penggajian supir bus dan berbagai macamnya.

Gimana Sih Sistem Penggajian Supir Bus? Ada Berapa Macamnya?



Jika menaiki sebuah bus, mungkin Gansis bingung gimana sih sistem penggajian supir bus. Apakah supir bus digaji sesuai penumpang yang ada? Apakah supir bus digaji tetap? Atau, apakah supir bus digaji per perjalanan?

Nah, untuk menjawab rasa penasaran dari Agan dan Sista, maka dari itu ane akan membahas hal tersebut di thread ane yang satu ini tentang gimana penggajian supir bus dan ragam-ragam sistemnya.

1. Setoran


Gimana Sih Sistem Penggajian Supir Bus? Ada Berapa Macamnya?



Sistem penggajian supir bus jenis setoran ini sering dipakai di bus Metromini, Kopaja, MIRA, Sugeng Rahayu dan Sumber Selamat ATB, serta bus-bus ATB dan Ekonomi Non AC lainnya. 

Sistem setoran biasanya adalah, supir dipinjamkan suatu bus yang solarnya full untuk dijalankan di trayek A, lalu disuruh menyetor uang sekian rupiah oleh bosnya di jam sekian. Berangkatlah, di jalan supir bisa mengambil penumpang dimana saja, lalu disaat pulang bus harus dikembalikan dengan kondisi solar full dan harus menyetor ke bosnya. Sisa uang dari penumpang untuk beli solar dan nyetor ke bos bisa diambil supir.

Gimana Sih Sistem Penggajian Supir Bus? Ada Berapa Macamnya?



Kekurangannya tentu supir lebih rentan ugal-ugalan. Busnya kondisinya biasanya buruk karena sering dipakai untuk ugal-ugalan dan dibebani. Sparepart akan cepat rusak.

2. Milik Sendiri




Nah, ini khusus bus yang milik supirnya sendiri. Ane menamakannya "Milik Sendiri" saja deh. Sering dipakai di bus-bus pegunungan, bus-bus AKDP, bus dalam kota dan angkot.

Sistemnya ya, supir menjalankan busnya di trayek yang bebas (biasanya supir memilih trayek yang tetap), lalu cari penumpang di pinggir jalan biasanya dan tempat memulai trayek. Jalanlah ke tempat tujuan. Solar, biaya sparepart, dan lainnya semua ditanggung supir, dan tak ada yang namanya kejar setoran, mikirkan setoran, dll.

Gimana Sih Sistem Penggajian Supir Bus? Ada Berapa Macamnya?



Supir lebih bebas mengatur busnya, karena ya yang namanya bus milik sendiri, mau dipakai keluarga, mau dipakai jalan buat nyari uang, boleh saja. Mau dirusak juga gak masalah (tapi jangan, kasihan busnyaemoticon-Ngacir). Gak ada juga yang namanya kejar setoran karena milik sendiri.

Tetapi, semua biaya dari bus tersebut ditanggung oleh supir. Mulai dari pajak, sparepart, BBM, tol, biaya beli, dan lainnya ditanggung sepenuhnya oleh supir (yaiyalah wong supirnya yang punya busnya)emoticon-Ngakak (S).

3. Gaji Tetap


Gimana Sih Sistem Penggajian Supir Bus? Ada Berapa Macamnya?



Gaji tetap ini biasanya  diterapkan oleh perusahaan seperti Transjakarta. Cukup menjalankan busnya setiap hari di trayek yang sudah ditentukan, mau penumpangnya penuh terus atau kosong terus pasti tetap digaji tetap. 

Sementara, untuk BBM dan lainnya biasanya ditanggung oleh pihak Transjakarta, sehingga supir benar-benar tak perlu mengeluarkan uang untuk menutupi biaya jalan suatu bus.



Keunggulan dari sistem ini adalah lebih minim ugal-ugalan, apalagi jika diberi uang buat BBM (solar jatah). Gak mikirin setoran jadi pikiran supir lebih tenang. Lebih pasti pula gaji supirnya.

4. Penggajian Per PP


Gimana Sih Sistem Penggajian Supir Bus? Ada Berapa Macamnya?



Sistem ini biasanya diterapkan oleh PO-PO bus. Penggajiannya per PP. Jadi setiap satu kali pulang pergi yang biasanya ditempuh selama dua hari, supir mendapatkan gaji. Gaji diberikan setiap satu kali pulang-pergi.

Biasanya, supir juga diberi uang jalan yang bisa digunakan untuk menutupi biaya tol dan solar. Misalnya, supir diberi 2.500.000 tiap kali PP untuk uang jalan dan 1.000.000 tiap kali PP untuk gaji. Jika supir menyetir dengan irit, uang 2.500.000 untuk uang jalan sisanya bisa diambil. Sementara, jika nyetirnya boros, sisa dari biaya BBM ditanggung oleh supir dengan sisa gaji 1.000.000 tersebut.

Gimana Sih Sistem Penggajian Supir Bus? Ada Berapa Macamnya?



Keunggulan dari sistem ini adalah minim ugal-ugalan karena biasanya supir tak akan memacu bus dengan boros, tak ada setoran karena biasanya digunakan untuk bus AKAP yang tak menaikkan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat.

Nah, itu dia 4 contoh sistem penggajian supir bus di Tanah Air tercinta. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast

profile-picture
profile-picture
profile-picture
hoorray dan 45 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Wah gitu yak
profile-picture
1syarif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
baru tau yang milik supir sendiri, itu ijin trayek umum bisa juga diurus sama pribadi.......emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
1syarif dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hhendryz
Wawasan yang menarik, info yang bisa dijadikan sebagai bahan sharing di tengah sulitnya mencari nafkah bagi mereka pekerja di bidang transportasi, salut.
profile-picture
1syarif memberi reputasi
Gaji sekelas rosalia dll berarti menggunakan sistem kalo irit digunakanya gan. Enak jadi nyaman juga pengguna bisnya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
1syarif dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 26 balasan
Ada yg sistem setoran sesuai penumpang dan solar ditanggung PO. Penuh atau kosong sopir uang sakunya sama.
Setahun ane ini ky RI, gunung harta, Haryanto, stj, Agra mas.
profile-picture
profile-picture
1syarif dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
ane mah taunya setoran doank, kalau sisanya ga pernah tau.
profile-picture
1syarif memberi reputasi
Yang bis punya pribadi jalanin sendiri itu, izin trayeknya gimana ya? Apa gak jadi mahal bgt biaya operasinya kalo hanya punya 1-2 armada?
profile-picture
1syarif memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Oalah gitu.. Baru tau ane.. Yg paling enak supir bus PO jaman sekarang ya.. Misal sebulan bisa 15x PP bisa dapet 15 jt tuh..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Apa sopir sama kernet gitu terima gajinya sama gan?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ga heran sama gaji supir bis gede2 lintas kota antar provinsi. Tp yg kasian mah yg lintas kota doang. Kadang suka nombok kalo sewa nya dikit.

Walau sekarang jarang naik bis, tp terakhir pernah naik bis dr tol cikopo sampe ke tol karawaci doang, ongkosnya 200rb. Percaya ga percaya jarak yg harusnya ditempuh 2,5 jam cuman sejam lebih.
Gimana Sih Sistem Penggajian Supir Bus? Ada Berapa Macamnya?
profile-picture
profile-picture
1syarif dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh busiatitujorok
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ada Satu Lagi Sistem Sewa Lepas kunci/juga bisa di sebut kontrak(mirip mirip model rental mobil)jadi supir bisa menentukan sendiri seberapa besar gajinyaemoticon-Ngakak biasanya bus bus Pulau Jawa tujuan sumatra ini, yg nyewa Agenya bisa juga supir langsung bayar dimuka ke owner bus alesanya diterapkan sistem ini ya karena biasanya manifest orang dan barang gk sesuai banyakan kurang jujur lah crewnya bikin boncos owner busnya, o iya pakainya juga bus non trayek resmi(trayek tempelan)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
1syarif dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh evonext555
Baru tahu penggajian supir bus seperti itu..point yang mana ya gaji yang paling disukai para sopir bus ?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Katanya kalo bisa dateng tepat waktu bisa dapet bonus banyak, makanya ada bis-bis yang ugal-ugalan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo udah perusahaan besar kayanya udah gaji tetap ya
Ow...
Gitcu ya gan...
Thanks gan. Ane jadi punya gagasan soal penggajian sopir bis. Pernah obrol sama abang bajaj, sistemnya setor rp.100rb dan gas full. Lebihnya ya buat abang bajaj
Yang paling enak sekarang supir bus TJ ya
Mau sepi mau rame ya flat tanpa Ada pemotongan
Dan katanya lumayan tinggi kan gaji nya
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan makola memberi reputasi

Jangan Makan Gaji

emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!
pernah kepikiran sih sama bus bus PO, gegara corona penumpang sedikit kira2 si supir sumber gajinya gimana? mo nanya supirnya takut lancang, eh udah kejawab disini thanks gan infonya emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
setoran dari copet juga gan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di