dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Wah! Negara Maldives akan Membangun Pulau Terapung karena Terancam Tenggelam


Berbeda dengan Jakarta, kenaikan tinggi permukaan air laut yang dirasakan oleh Negara Maldives sangat memprihatinkan. Hampir 80% dari total luas daratannya berada hanya 1 meter di atas permukaan laut yang berarti ketika efek pemanasan global makin meningkat kemudian es di kutub semakin mencair maka negara ini akan kehilangan 80% dari total luas negaranya.

Sebagai wujud mitigasi, Pemerintah Maldives dan salah satu Perusahaan Belanda telah bekerja sama untuk mengadakan pembangunan Pulau Terapung yang nantinya dapat meningkatkan nilai tourism dan juga sebagai persiapan untuk menghadapi dampak pemanasan global. Penasaran bagaimana wujud dari pulau terapung tersebut, yuk cermati thread berikut!




Bentuk pulau terapung yang menyerupai koral tersebut tidak semata-mata dibuat tanpa sebab. Tujuan dibangunnya pulau terapung yang ditata menyerupai koral adalah karena bentuk geometris tersebut telah terbukti dapat memecah gelombang, memberikan kestabilan di permukaan dan tidak akan bergeser disapu ombak.

Pulau terapung dengan bentuk yang indah ini telah direncanakan mulai dibangun pada tahun 2022 dan diperkirakan akan selesai 5 tahun mendatang. Di pulau tersebut rencananya juga akan dibangun jembatan, kanal dan pelabuhan agar akses untuk beranjak dari pulau ke pulau menjadi mudah. Dalam pembangunannya pemerintah bekerja sama dengan perusahaan Dutch Docklands dan Waterstudio yang terkenal telah membuat banyak inovasi dalam hal pulau terapung di Belanda.




Pulau terapung ini nantinya akan mengakomondasi sejumlah kegiatan ekonomi diatas laut mulai dari pasar terapung, resort dan juga mendukung untuk tempat tinggal. Sekolah dan rumah sakit juga telah termasuk dalam proyek pembangunan 5 tahun tersebut.

Untuk masalah kelistrikan pulau ini akan mengandalkan energi terbarukan seperti energi surya dan juga energi angin yang bisa didapat dengan mudah di kondisi geografis negara tersebut. Oleh sebab itu pemerintah Maldives mengandalkan perusahaan belanda dalam hal ini.

Sebagai informasi, tiap rumah dan bangunan di sana akan dilelang mulai dari $250.000 agar bisa dijangkau banyak kalangan mulai dari nelayan yang sudah menjadi salah satu pekerjaan tetap masyarakat di sana.




Wah indah sekali ya konsep pulau terapung yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah Maldives. Disamping menjadi solusi untuk mitigasi, konsep tersebut juga akan meningkatkan nilai atraktif untuk tourism. Sehingga bisa meningkatkan pariwisata disana. Harusnya Jakarta begini nih jangan malah buat Reklamasi yang merusak lautan.


Sumber : Disini
Sumber gambar : Google.com
japarina
hoorray
toinxx08
toinxx08 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
5K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan