koruptor.1Avatar border
TS
koruptor.1
Gerai-Gerai Giant Tutup Lagi, Ada Apa Ya?


Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah Giant Margo City Depok, Jawa Barat yang sempat viral soal rencana penutupan gerai pada 3 Maret 2021 nanti. Kini berlanjut soal kabar Giant Kalibata, Jakarta yang juga akan menutup gerainya.
Dari pantauan CNBC Indonesia, Giant Kalibata melakukan diskon serupa untuk dengan konsep ' Obral Besar, 'Diskon Semua Harga'. Bahkan dalam pintu masuk Giant tertulis "Harga Discount Closing Store Mulai Berlaku Besok 2 Februari 2021".
Selain itu antrean pengunjung belum terlihat pada siang hari. Para petugas toko pun masih memasang spanduk diskon di sekitar dinding mal dan langit langit toko. Yang terlihat di jejeran depan banyak makanan ringan yang dibanderol lebih murah 5%.

Pihak kasir yang enggan disebut namanya, membenarkan kalau cabang Giant Kalibata akan tutup begitu juga dengan beberapa cabang lainnya seperti di Margo City.
"Kabarnya pihak pengelola tidak mau memperpanjang lagi, tidak tau mau dijadikan apa. Ini kita akan tutup 4 April nanti di cabang sini," katanya kepada CNBC Indonesia, Rabu (3/2/2021).
Padahal menurut dia, penjualan Giant di Kalibata Plaza cukup baik melihat banyaknya pengunjung, walaupun hanya di jam-jam tertentu.
Selain itu banyak karyawan yang memilih untuk di-PHK, ketimbang dipindah ke cabang Giant lainnya melihat adanya cabang lainnya yang mau tutup.
"Ada lagi cabang yang mau tutup, jadi pilih PHK, nggak mau transfer ke cabang lain mending cari kerja yang baru," katanya.
CNBC Indonesia mencoba mengubungi External Communication and CSR Manager Hero, Astrid Meliza tapi belum memberikan jawaban. Hal yang sama juga dengan Tony Mampuk, Corporate Affairs GM PT Hero Supermarket Tbk.
Begitu juga dengan Corporate Secretary PT Hero Supermarket Tbk Iwan Nurdiansyah yang enggan berkomentar. "Tolong pertanyaannya diajukan ke Corporate communication kita ya, terima kasih, " katanya.
Namun, seperti dikutip dari detikcom, Head of Corporate & Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk Diky Risbianto Selasa (2/2/2021) memberikan respons soal tutupnya gerai-gerai Giant saat ini.
Penutupan gerai ini sudah pernah terjadi sebelumnya pada 2019, sebanyak 6 gerai. PT Hero Supermarket Tbk (HERO) sempay menyatakan alasan utama menutup enam gerai supermarket Giant. Penyebabnya tak hanya karena penjualan yang terus menurun, tapi karena persaingan industri ritel makanan yang meningkat dan perubahan perilaku konsumen di Indonesia.
Hadrianus Wahyu Trikusumo, Direktur PT Hero Supermarket Tbk (HERO) menyebut, perusahaan sedang melakukan transformasi besar-besaran agar ke depan bisnis HERO bisa tetap bersaing dengan bisnis ritel makanan lainnya di Indonesia. Saat ini, perseroan mengelola 125 toko Giant, artinya dengan ditutupnya 6 gerai, HERO kini hanya mengelola 119 gerai.

"Dalam beberapa tahun terakhir persaingan bisnis makanan mengalami peningkatan. Pelanggan telah mengubah cara mereka berbelanja dan kami telah melakukan penyesuaian serta penyegaran untuk Giant, guna memenuhi perkembangan preferensi dari pelanggan," kata Hadrianus, kepada CNBC Indonesia, Rabu (26/6/2019).

Hadrianus menambahkan, untuk gerai-gerai Giant yang sudah ada, saat ini perseroan sedang melakukan perbaikan dan mengimplementasikan transformasi yang dilakukan secara berkelanjutan untuk mencapai perbaikan jangka panjang.
Ia menambahkan perseroan masih akan tetap memperkuat lini bisnis ritel makanan selain mengandalkan pendapatan dari lini bisnis ritel farmasi Guardian dan ritel perabot rumah tangga, IKEA.

PT Hero Supermarket Tbk (HERO) telah menutup enam gerai pada akhir Juli 2019. Keenam gerai itu antara lain di Cinere Mall, Mampang, Pondok Timur, Jatimakmur, Cibubur, dan Wisma Asri.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...agi-ada-apa-ya
kakekane.cell
gabener.edan
gabener.edan dan kakekane.cell memberi reputasi
2
1.7K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan