powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Tutup di Indonesia, Giant Justru Punya Logo Baru di Malaysia Dan Singapura Loh..


Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Well, seperti yang kita ketahui bahwa beberapa saat yang lalu PT. Hero Supermarket Tbk. telah memutuskan akan menutup seluruh gerai Giant per akhir Juli 2021 ini. Sebelum ada keputusan ini, sebenarnya satu per satu gerai Giant sudah di tutup permanen secara bertahap sejak dua tahun yang lalu. Ini artinya, pandemi covid 19 bukanlah satu - satunya alasan sehingga perseroan harus menutup gerai Giant di seluruh Indonesia.



Banyak orang, terutama pelanggan Giant yang selama ini nyaman dan puas dengah harga dan pelayanan Giant merasa kecewa karena tempat belanja langganan mereka harus mengalami "ajalnya" tahun ini. Bukan cuman pelanggan, karyawan Giant yang berjumlah puluhan ribu tentu juga sangat terpukul, harus kehilangan pekerjaan mereka di tengah situasi pandemi, disaat semua orang mencoba bertahan hidup dengan penuh kesulitan.

Sekedar diketahui, Giant merupakan gerai ritel asal Malaysia. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1944 dan baru masuk ke Indonesia melalui PT. Hero Supermarket Tbk. pada tahun 2002. Outlet pertama Giant dulunya berada di Villa Melati Tangerang dan terus bertambah hingga mencapai ratusan gerai di seluruh Indonesia. Terdapat dua jenis gerai, yang awalnya bernama Giant Hypermarket dan Giant Supermarket.

Meski pada 2013, mereka melakukan perubahan nama menjadi Giant Ekstra dan Giant Ekspres. Dari namanya saja kita bisa dengan mudah mendiskripsikan perbedaan kedua jenis gerai ini. Giant Ekstra melayani penjualan segala jenis kebutuhan dengan lengkap dan ditujukan untuk pemenuhan belanja bulanan. Sedang, Giant Ekspres dengan ukuran gerai yang lebih kecil, melayani kebutuhan belanja mingguan dengan konsep pelayanan cepat.



Saat ini semua gerai Giant yang akan ditutup melakukan diskon clearancebesar - besaran. Bukan hanya produk saja yang dijual, menjelang penutupan gerai, biasanya mereka juga menjual semua perlengkapan toko, mulai dari rak, gondola, keranjang belanja, dan semua perlengkapan toko.

Dalam rilisnya, PT. Hero Indonesia Tbk. menyebut bahwa mereka ingin lebih fokus pada sektor usaha lain, seperti IKEA, Hero dan usaha lain. Sebagian gerai Giant yang tutup rencananya akan di ubah menjadi gerai IKEA. Ada juga yang menjadi gerai Hero, dan sebagian lainnya ditutup.



Namun tahukah Gansis, ditengah isu penutupan seluruh gerai Giant di Indonesia, justru dinegara asalnya Malaysia serta Singapura, Giant justru melakukan perubahan logo, atau dikenal dengan re-branding. Jika sebelumnya, logo mereka sama dengan logo Giant yang ada di Indonesia, yaitu tulisan Giant berwarna hijau tua dengan latar belakang kuning, kini logo Giant Malaysia dan Singapura menjadi tampak lebih fresh dan moderen.

Bukan cuman itu, logo baru ini juga cenderung sederhana dan simple. Hanya ada tulisan Giant berwarna putih dengan bentuk font baru dan menggunakan latar belakang hijau muda berbentuk seperti buah mangga. Menurut artikel yang ane baca sih, logo ini memang terinspirasi dari buah mangga. Buah yang populer di Asia Tenggara, khususnya Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Tak hanya itu, bentuk "senyuman halus" yang tersembunyi dibalik logo ini melambangkan sikap yang lebih ramah dan menjadi nilai lebih buat pelanggan.



Jadi gimana nih Gansis, meski di Indonesia mengalami badai penutupan seluruh gerai, Giant Malaysia dan Singapura justru tengah melakukan upaya rebranding besar - besaran. Entah, apakah ini merupakan salah satu upaya perusahaan untuk tetap bertahan ditengah situasi ekonomi sulit ditengah pandemi, agar jangan sampai mereka mengalami hal seperti yang terjadi di Indonesia. Ataukah memang ini merupakan strategi jangka panjang untuk melibas kompetitor - kompetitornya disana. Dan akankan Giant Indonesia akan "balik kucing" lagi dengan logo baru dimasa mendatang. Karena bukan tak mungkin, jika situasi ekonomi sudah membaik, Giant akan kembali meramaikan persaingan industri ritel tanah air.

Kalau Gansis punya pengalaman atau harapan dan kenangan seputar Giant, bolehlah tinggalkan jejak dikolom komentar. Siapa tau komen Gansis akan didengar manajemen dan akan menjadi pertimbangan mereka untuk tak jadi menutup gerainya secara permanen. Tsaah...





Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini dan Ini
Sumber Gambar : Terlampir




Diubah oleh powerpunk 05-06-2021 05:54
pein666
hoorray
caduceus22
caduceus22 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
12.5K
278
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan