Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

VitaArkanaAvatar border
TS
VitaArkana
Tentang Bahasa Ngapak dan Dialek Khasnya
Assalamualaikum ....
Apa kabar Gansist? Semoga selalu sehat dan bahagia.


Tentang Bahasa Ngapak dan Dialek Khasnya
Sumber : ini


Salam Ngapakers, Ora ngapak ora kepenak ! Tentunya Gansist sangat familiar dengan kalimat diatas tadi. Bahasa Ngapak biasanya kental dipakai oleh masyarakat yang berasal dari pesisir selatan Jawa Tengah. Tak hanya itu bahasa Ngapak juga melebar sampai ke kawasannya Pantura. Bahasa Ngapak adalah variasi dalam bahasa Jawa, yang khas dalam pengucapan dan dialeknya yang berintonasi tinggi, sangat berbanding terbalik dengan bahasa jawa pada umumnya.


Bahasa ngapak tersebar di wilayah antara lain, eks karisidenan Banyumas Purwokerto, Cilacap, Purbalingga. Lalu, kawasan Pantura seperti Tegal, Brebes dan Pemalang, serta beberapa daerah di Indramayu dan Cirebon. Namun, yang sangat terkenal akan kekhasan bahasa Ngapak adalah Banyumas, sehingga dikenal dengan ngapak banyumasan.


Beberapa tahun ke belakang, orang-orang berbahasa ngapak tidak percaya diri dengan bahasanya, mereka cenderung malu menampakkan bahasa aslinya jika sedang berkumpul dengan orang-orang dari daerah lain. Terkadang lebih memilih berbahasa jawa halus ala Solo dan Jogja dibandingkan dengan ngapak. Karena pada waktu itu, istilah Jawa koek di sematkan bagi para Ngapakers. Bahasa Ngapak dianggap lucu.


Akan tetapi, seiring berkembangnya jaman, justru bahasa Ngapak semakin muncul dipermukaan. Tidak ada lagi yang malu untuk mengeluarkan bahasanya. Tingkat percaya diri masyarakat semakin tinggi. Jati diri bahasa Ngapak pun muncul. Bahkan, banyak orang yang malah belajar berbahasa ngapak.


Tentang Bahasa Ngapak dan Dialek Khasnya
Sumber : ini


Apa sajakah yang membedakan bahasa Ngapak dengan bahasa jawa pada umumnya, simak dibawah :


1. Pengucapan huruf A nya tetap A tidak berubah, sementara jika bahasa Jawa pada umumnya berubah menjadi O.
Contoh :
Ngapak : Apa, iya, sega
Jawa : Opo, Iyo, Sego

2. Pada pengucapan ngapak, ujung kata tegas dan tidak panjang mendayu-dayu
contoh :
ngapak : apa iya'
Jawa : opo iyooo ( ujung kata agak panjang )

3. Dialek ngapak memiliki karakteristik cepat seakan tanpa jeda, padahal sebenarnya biasa saja

4. Intonasi suara tinggi, terkadang seperti orang sedang marah

5. Dalam bahasa Jawa ada tingkatan berbahasa, namun pada bahasa Ngapak keseharian semua sama rata tidak memandang derajat, tua maupun muda

6. Meskipun bahasa ngapak terdengar agak keras, tapi jangan salah justru para Ngapakers sebenarnya mahir berbahasa Jawa kromo lho, yaitu tingkatan berbahasa Jawa yang lebih tinggi, lebih halus.

7. Beberapa kata dalam bahasa Ngapak yang sangat terkenal, antara lain ; Rika ( kamu ), Kencot ( lapar ), Inyong/enyong ( saya ).

Bener apa bener?

Tentang Bahasa Ngapak dan Dialek Khasnya
Sumber : ini


Sebagai seorang Ngapakers, ane sangat happy berkunjung ke daerah-daerah yang berbahasa ngapak, bahkan ane juga punya beberapa teman dunia maya yang berasal dari daerah tersebut. Untuk memudahkan berkomunikasi, meskipun terhalang jarak dan waktu, ane selalu menggunakan Smartfren Unlimited MAXI dong, karena aksesnya cepat dan harganya pun ramah dikantong ane. Selain untuk berkomunikasi dengan teman, streaming, aplikasi belajar bahkan bermedsos pun lancar.

Tentang Bahasa Ngapak dan Dialek Khasnya


Cukup semene ndisit ya Lur, ngemben ana waktu maning disambung, aja klalen ya, ora ngapak ora kepenak !


Matur Suwun


Sumber Tulisan : pribadi dan ini
Sumber Gambar : tercantum
franssinaga
haz0204
andrerain5
andrerain5 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
789
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan