CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cak Nun Sebut Megawati Tak Punya Ilmu: Dia Itu Nggak Sekolah!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b3a08ad5b01132797197b3/cak-nun-sebut-megawati-tak-punya-ilmu-dia-itu-nggak-sekolah

Cak Nun Sebut Megawati Tak Punya Ilmu: Dia Itu Nggak Sekolah!

SuaraSumbar.id - Sebuah potongan video di YouTube, berisi pernyataan Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun soal Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Video Youtube yang diunggal pada 10 Juni 2018 itu, Cak Nun mengatakan bahwa putri presiden pertama Indonesia itu merupakan pribadi tak berilmu yang jauh dari masyarakat bawah.

Cak Nun dalam video lawas berjudul ‘Cak Nun: Megawati Tak Pernah Sekolah’ di saluran Youtube Ach Sin, pada mulanya Cak Nun bicara mengenai fenomena kenegaraan di Indonesia.

Dia melihat, banyak pejabat atau elit partai yang lebih mementingkan kelompoknya, ketimbang masyarakat umum.

Padahal, dalam konsep bernegara, mereka yang memiliki jabatan mestinya lebih banyak bicara mengenai bangsa dan kemaslahatan orang banyak.

“Bendera (partai) jangan terlalu banyak-banyak, sampai bendera Indonesia dihilangkan. Sekarang saya tanya, kalau kalian orang PKB, tanya sama PKB, lebih penting mana PKB atau Republik Indonesia? Kalau yang lebih penting PKB, salah atau benar? Salah kan?” ujar Cak Nun, dikutip dari Hops.id--jaringan Suara.com, Sabtu (29/5/2021).

“Sekarang parpol mana yang lebih mementingkan Indonesia dibanding parpol-nya?” lanjut Cak Nun bertanya ke jamaah.

Lebih jauh, Cak Nun menambahkan, fenomena serupa juga terjadi di tubuh PDIP. Kendati menjabat sebagai presiden, namun Jokowi hanya diposisikan sebagai petugas partai atau anak buah Megawati. Sehingga, secara tak langsung, mantan Gubernur DKI itu tak memiliki kekuasaan penuh.

Kenyataan tersebut seakan membuktikan, kepentingan partai masih berada di atas segalanya.

Namun, menariknya, sosok yang dikenal berani mengkritik pemerintah tersebut tak mau menyalahkan keadaan. Lantas, mengapa demikian?

“Sampai hari ini, Megawati mengatakan Jokowi tetap petugas partai. Jadi (menurutnya) Indonesia itu bagian dari PDIP, bukan PDIP bagian dari Indonesia. Salah atau benar? Salah. Tapi jangan salahkan Mega, karena dia enggak ngerti,” tegasnya.

Lebih lanjut, Cak Nun sebenarnya tak heran seandainya Megawati lebih mengutamakan kepentingan kelompoknya ketimbang masyarakat luas.

Mengingat, kata dia, petinggi PDIP tersebut hampir tak pernah bersentuhan langsung dengan mereka. Sejak kanak-kanak, hidupnya sudah enak dan serba berkecukupan.

Selain faktor sosial, Cak Nun melihat, Megawati kurang terampil dalam pemahaman akademis. Bahkan, menurutnya, bekal keilmuwan wanita 74 tahun tersebut terkesan minim, bahkan cenderung kurang.

“Dia enggak punya ilmu buat memahami itu, dia enggak sekolah, dia enggak pernah menjadi manusia biasa seperti Anda. Bergaul di kampung-kampung enggak pernah. Sejak kecil beliau itu anak presiden di istana.” tutur dia.

“Anda jangan menuntut Mega untuk mengerti itu, orang dia enggak ngerti kok. Jangan dipaksa-paksa. Sementara Jokowi juga enggak ngerti. Makanya kalau milih presiden hati-hati,” kata Cak Nun.

https://sumbar.suara.com/read/2021/0...kolah?page=all
Halaman 1 dari 3
Partai itu kan udah ada landasannya

Punya ideologi
Dan ideologinya tidak boleh menyimpang
Meski sama2 tidak melanggar Pancasila, UUD dan UU
Cara maen masing2 itu beda
Masing2 punya platform yg berbeda

Inget, tujuan boleh sama
Cara berbeda
Itu biasa

Nah setiap partai punya platform yg jelas
Setiap komponen
Sudah tepat
Utk menjaga platformnya
Yaitu dengan menjadi petugas partai

Dalam makna konottaif
Petugas partai seakan jelek
Harus nurut ketum dan partai

Padahal gak segitunya juga
Tetap pada koridor platform partai tersebut
Dan tidak juga melanggar Pancasila, UUD dan UU

Gak mungkin donk jd anggota PDIP
Tapi menggunakan cara2 khas yg hanya ada di PKS
Dan begitu juga sebaliknya
Ngerusak platform partai itu namanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xrm
Anak2 Bubg Karno hidup enak pas jaman Pak Harto?
profile-picture
BWM789 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Menarik penjelasan cak Nun ini.

emoticon-I Love Indonesia
atas ane PDIP pendukung wowo-puan
profile-picture
kalex46 memberi reputasi
Presiden plg berhasil era reformasi cuma SBY. Mengapa berhasil? Karena oposisi nya ganas waktu itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
matcha.tea.1402 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Mega yang d sebut pendidikanya rendah bisa bikin partainya dominan di parlemen....

Orang yang pinter akademis sebut aja Yusril apa Amin rais, partainya malah ga jelas lohh sekarang...

Jadi lebih pinter siapa sebenernya...

Tapi emang jadi tugasny Cak Nun sihh, kalo semua berkata manis ke penguasa kan juga ga baek...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harsontol dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Trus yg bagus jadi presiden itu ente Cak ?
modal nyinyir doangan
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
diehard57 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cak Nun Sebut Megawati Tak Punya Ilmu: Dia Itu Nggak Sekolah!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harsontol dan 2 lainnya memberi reputasi
ga salah kalo ada yg bilang kaskus tempatnya pdip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tidak lulus perguruan tinggi tapi "king maker" loh, politisi handal. Tapi lihat dia salah langkah atau tidak di 2024 karena ngotot ngajuin puan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Engga cerdas secara akademis juga ga masalah kan?
Buktinya bisa bikin partai besar.
Ya kalo masalah partai itu merasa lebih besar dari negara, ya udah, mau gimana lagi.
Partai lain yg sekarang masih gurem juga kalo pegang kekuatan kaya pdip pasti kelakuan nya sama.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
makanya orang yg memilih PDIP cuman memperkaya mega dan puan jg keluarga besarnya

petugas partainya cuman suruh garong APBN
profile-picture
profile-picture
profile-picture
belial dan 3 lainnya memberi reputasi
cak nun hanya bersikap seperti cak nun, wajar aja
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Itu mah biasa, mbah harto dlu jg hanya tamatan SD. emoticon-Bingung hidup nya susah lantaran tidak bergengsi, akhir nya dya dapet kesempatan emas, bisa hidup layak dgn gaya dan gengsi seswai.
Hidup di indon yg dikejar gaya hidup, semwa jabatan bisak ditikung dengan mudah jika klean punyak gaya bergengsi.
Macam : gaya bergaul, gaya fashion, gaya genk2an, gaya nya ..tidak bergaya als no gengsi, ada lagih gaya nya ndak macho, dst...
Cuman 1 yg gak termasuk kategori gaya, "kismin". Gaya apa aja bikin sedih. emoticon-DP
emoticon-Cool maka nya jangan cem macem dgn bergaya.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
kalau dasarnya itu harus paling pintar yang jadi presiden, maka jangan pakai pemilu, tapi tes akademik aja untuk penentuan jadi presiden.
yang disebut jenius malah jadi peletak perpecahan bangsa, dia orang pertama yang politisasi agama & sukses, jadi godfather of nasbung.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harsontol dan 8 lainnya memberi reputasi
jgn terlalu vulgar cak...vahaya.....ini negara punya buapaku....camken itu cak
Air kobokan kaki jgn disisain
emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Makanya kalau milih presiden hati-hati,” kata Cak Nun.
_____
emoticon-Matabelo
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ente ga makin tenar dg jelekin orang Nun
Belajarlah budi pekerti, apa sudah dalam agamamu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harsontol dan 3 lainnya memberi reputasi
anoes sekolah sampe s3 tapi ...?
profile-picture
mubafirs memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di