Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Dalam Bekerja, Lebih Penting Gaji Besar atau Lingkungan Nyaman?

Hello, GanSis! Topik kali ini open for discussion dan ane harap kalian semua gak malu buat sharing pengalaman tentang topik yang satu ini. Di tengah masa pandemi yang gak kelar-kelar ini.. Kayaknya makin banyak jobseeker yang berkeliaran, bener gak? Awal tahun 2020, serasa seret banget, apalagi buat yang fresh graduate. Banyaknya kebutuhan lapangan pekerjaan gak diikutin dengan kesempatan di real life.

Banyaknya perusahaan yang ngelakuin efisiensi, PHK mendadak, sampe gulung tikar dan karyawan dan keluarganya lah yang jadi korban. Ada yang sibuk nyari kerja sana sini gak peduli apa jabatannya, buka usaha sendiri, bahkan sampai ada yang balik ke kampung halaman karena udah kehabisan modal tinggal di kota besar.

Dalam Bekerja, Lebih Penting Gaji Besar atau Lingkungan Nyaman?

Photo by fauxels  from Pexels

Nah, dengan tantangan dan persaingan yang ketat, setiap individu pun mayoritas akan menurunkan standar mereka dalam menerima pekerjaan. Mulai dari gaji, jabatan, jenis perusahaan, atau bahkan lokasi kantor. Salah satu hal yang paling banyak kejadian adalah menurunkan standar gaji dan menomorduakan lingkungan.

Sebenarnya wajar gak sih kalau kita punya standar gaji untuk diri kita sendiri? Bukan orang tua atau sahabat atau pacar, tapi diri kita sendiri lah yang paling tau kualitas yang dimiliki. Di dunia ini, gak ada orang yang ‘paling’ berhak nentuin apa yang kita mau kecuali diri kita sendiri dan Sang Pencipta. Segala pengalaman dan cobaan, di situ lah sebenernya GanSis bisa tau standar yang paling wajar diterima.

Kenapa sih memenuhi standar ini penting? Sekarang gini, bekerja itu perlu banget yang namanya keikhlasan dan rasa ingin belajar apapun jabatan kalian sekarang. Kalau kita nerima apa yang menurut kita pantas buat diri sendiri, pasti kerja bakal lebih enak dan ikhlas. Pertanyaan selanjutnya, “Emang bisa minta nego gaji pas pandemi? Kan nyari kerja susah.”

Point of view ini lah yang harus mulai diubah oleh jobseeker sekarang ini. Mungkin kita bisa menjual dengan lulusan atau IPK, tapi dalam kenyataannya, persaingan saat ini ketat banget. Ada kok yang mau gaji tinggi dengan kualitas kerja bagus, tapi inget, ada juga yang gak banyak mau tapi hasil kerja gak kalah bagus. Ini nih yang perlu diwaspadain sama fresh graduate.

Kalo kalian mau bekerja, harus siap dengan segala konsekuensi dan tanggung jawab. Jangan sampe, udah tanda tangan kontrak, berenti di tengah jalan, dan ngerugiin banyak orang. Kerja itu bukan hal yang sesaat loh, berkepanjangan! Dan ini juga berhubungan sama lingkungan kerja kita. 

Seberapa penting sih lingkungan dibanding gaji? Atasan dan temen yang suportif, berbaur antar tiap orang dan antar divisi, terbuka soal masukan, dan profesionalitas, mungkin jadi beberapa hal yang kita pengenin ketika kerja di suatu perusahaan. Sayangnya, gak semua orang beruntung bisa dapetin hal ini.

Susah ngikutin pola kerja, atasan yang gak ngebimbing, kurang pengalaman dan kerja keras tapi gak mengikuti kemampuan kita bisa jadi alesan kenapa banyak karyawan gagal di tengah jalan. Sebenarnya semua ini bisa diperbaikin kalo ada rasa mau belajar yang tinggi dan ikhlas.

Dalam Bekerja, Lebih Penting Gaji Besar atau Lingkungan Nyaman?

Photo by Gustavo Fring  from Pexels

Prioritas tiap orang emang beda-beda tergantung kebutuhan mereka. Yang udah berkeluarga, biasanya lebih memilih gaji yang lebih besar dan fresh graduate biasanya ‘ngikut’ aja yang penting gak nganggur, bener gak nih? 

Saran dari ane, sebelum nyari kerja kita harus tau dulu kualitas diri dan tujuan dari cari uang itu sendiri. Sadar gak sih kalo keikhlasan juga bisa dijalanin kalau kita mau jujur tentang kemauan di awal? Kalo ngerasa gaji kurang sreg, dan mau nego, ya nego aja… tapi tau diri ya. Karena kalau kalian ngerasa pantes, pasti selalu ada jalannya, dan kedepannya kerja juga bakalan lebih ikhlas dan produktif.

Untuk lingkungan, well, ini emang untung-untungan kita. Jadi kalau berdoa dapet pekerjaan, berdoa juga buat lingkungannya, ya. Tapi, usaha berbaur dan maksimal dan ngerjain jobdesk harus tetep dilakuin. Jangan karena hari pertama gak dapet temen, terus langsung nyerah gitu aja. Dan jangan juga karena tim yang gak solid, kerja malah males-malesan dan jelek. Gak ada ruginya kok untuk ningkatin kualitas diri, kalau orang lain gak ngehargain, seengganya kita tau kalau diri sendiri udah naik level hahaha..

Duh, ane mau dong denger cerita Agan & Sista soal ini. Buruan tulis di kolom komen, ya buat sharing juga ke kaskuser lainnya! SEE YOU emoticon-Big Grin 

emineminna
ujellyjello
aygilagility
aygilagility dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.1K
30
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan