Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Teleskop Hubble Berhasil Melacak Ledakan Radio Didekat Spiral Arms Galaxy
Foto ilustrasi ledakan radio di galaksi | space.com

Para peneliti dari University of California dikabarkan telah berhasil melacak asal-usul ledakan radio cepat atau Fast Radio Bursts (FRBs) dari lima galaksi di luar angkasa, berkat Teleskop Luar Angkasa Hubble milik NASA.

Menurut para peneliti lokasi ledakan radio dari lima galaksi sudah dilacak, dan galaksi dengan lengan spiral ini terletak di luar angkasa pada jarak 9 miliar dan 400 juta tahun cahaya.

Berkat sinar ultraviolet dan inframerah yang terdeteksi oleh kamera Teleskop Luar Angkasa Hubble, para peneliti dapat menemukan Ledakan Radio Cepat tersebut dengan teloskop Hubble secara akurat. Hubble berhasil menangkap lima lokasi ledakan di galaksi, akan tetapi masih ada lokasi yang belum dapat dipastikan oleh teleskop Hubble.

Foto ledakan radio di galaksi yang ditangkap Hubble| nasa.gov

Hasil ini, yang akan diterbitkan dalam Astrophysical Journal mendatang. Hasil tangkapan Hubble ini berhasil mengejutkan para peneliti karena sebagian besar para peneliti galaksi sulit untuk melakukan pencarian ledakan radio tersebut.

Para peneliti menambahkan bahwa foto ini adalah tampilan resolusi tinggi pertama dari sekelompok Ledakan Radio Cepat di galaksi yang berhasil di abadikan teleskop Hubble. Para peneliti University of California mengungkapkan kepada NASA ada beberapa titik ledakan digalaksi yang terletak di dekat lengan spiral (Spiral Arms) galaksi.

Foto teleskop Hubble | sciencetimes.com

Gambar yang ditangkap langsung oleh teleskop Hubble memungkinkan peneliti mendapatkan gambaran yang lebih bagus tentang karakteristik keseluruhan galaksi, para peneliti juga sangat terbantu dengan teleskop Hubble karena para peneliti bisa dengan mudah mempelajari galaksi seperti massa, planet, black hole dan pembentukan bintang.

Selama beberapa dekade terakhir, para astronom telah melacak lokasi Ledakan Radio Cepat untuk mengetahui asal-usulnya, namun selalu terkendala waktu karena kecepatan ledakan radio hanya hitungan milidetik. Sejak pemantauan ledakan radio peneliti sulit untuk menemukan penyebab ledakan radio misterius yang berlangsung milidetik di luar angkasa ini, dan mengingat ledakan pun sangat cepat meletus jadi sangat sulit untuk melacak dan mempelajari ledakan tersebut.

Namun dengan bantuan teleskop luar angkasa Hubble misteri ledakan radio cepat tersebut pun dapat diungkap satu persatu, meskipun saat ini hanya dapat melacak ledakan tersebut dan para peneliti yakin bisa memecahkan misteri ledakan ini.



Referensi:
1. nasa.gov - Hubble Tracks Down Fast Radio Bursts to Galaxies' Spiral Arms

2. scitechdaily.com - Magnetic Monsters: Hubble Tracks Down Location of Mysterious Radio Signals From Intergalactic Space
siapika
meooong
hoorray
hoorray dan 18 lainnya memberi reputasi
19
4K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan