ihangyuloveAvatar border
TS
ihangyulove
Tetap Seru, 5 Drama Korea Ini Punya Setting Waktu Jadul!


Selain mengangkat kehidupan era modern, drama Korea juga banyak mengangkat tema yang menceritakan kehidupan zaman dulu. Bukan saeguk, drama-drama ini bikin penonton nostalgia dengan kehidupan orang-orang pada tahun 1970-an hingga 1990-an. Buat kamu yang tumbuh di masa-masa itu, auto nostalgia deh dengan setting tempat, gaya fashion sampai konflik yang mewarnai kehidupan anak mudanya.

Tapi buat kamu yang nggak melewati masa itu, tenang, drama ini tetap bisa dinikmati dengan jalan ceritanya. Kamu juga bisa tahu gimana kehidupan di era itu yang pasti beda sama sekarang. Akting para pemainnya juga bikin drama-drama retro alias jadul ini betah ditonton. Nah, berikut deretan drama Korea yang punya latar belakang cerita zaman dulu. Udah nonton yang mana gan?


Reply Series




Setuju dong, kalau 'Reply Series (1997, 1994, dan 1988)' adalah drama yang dijamin bikin penonton nostalgia? Mengambil setting cerita pada era 80-an dan 90-an, ketiga drama ini sukses bikin orang tua kita yang ikutan nonton 'Reply Series' jadi keinget masa muda. Setting era yang ditampilkan pun nggak tanggung-tanggung, semua properti pendukung seperti rumah, swalayan, jalanan, sekolah, fashion dan semuanya beneran mewakili masa itu.

Mengangkat cerita perjuangan anak muda, persahabatan, kisah cinta dan keluarga, 'Reply Series' juga jadi favorit penonton sekarang. Chemistry para pemain juga jadi alasan kenapa drama satu ini nggak boleh dilewatkan. Nggak salah, kalau ketiga drama ini tetap jadi tontonan yang nggak bosan ditonton berkali-kali.


Signal




'Signal' menjadi drama thriller yang menggabungkan dua masa, yakni era 2016 dan 1990-an. Drama ini sendiri bercerita tentang seorang profiler bernama Park Hae Young (Lee Je Hoon) yang bisa berkomunikasi dengan detektif Lee Jae Han (Cho Jin Woong) dari masa lalu lewat sebuah walkie talkie. Lewat komunikasi tersebut, mereka kemudian bekerja sama untuk mengungkap kasus-kasus yang nggak terselesaikan pada era 90-an hingga 2016.

Menampilkan jalan cerita yang beda dari lainnya, drama ini bikin penonton nggak berhenti mikir di setiap episode. Kamu juga berasa ikut terlibat untuk mengungkap kasus-kasus tersebut. Suasana khas 90-an begitu terasa di setiap scene Lee Jae Han. Kamu juga tahu, gimana penggambaran hukum di Korea Selatan pada masa lalu.


Chicago Typewriter




Selanjutnya ada 'Chicago Typewriter' yang membawa konsep reinkarnasi dengan setting cerita di era 1930-an dan 2017. Makin jadul nggak tuh? Drama ini menceritakan Seo Hwi Young (Yoo Ah In) dan Shin Yool (Go Kyung Pyo) yang bersahabat dekat. Keduanya merupakan pimpinan dari kelompok pemberontak melawan penjajahan Jepang di era 1930-an.

Konflik cinta segitiga mewarnai hubungan persahabatan mereka karena sama-sama menyukai Ryu Soo Hyun (Im Soo Jung). Di tahun 2017, mereka yang sudah reinkarnasi jadi sosok berbeda dipertemukan lagi. Ternyata, kisah cinta segita pun masih berlanjut. Menampilkan setting cerita di era 1930-an, 'Chicago Typewriter' beneran menghadirkan suasana retro pada masa itu.


Love Rain




Mengusung genre romance, 'Love Rain' juga menggabung setting cerita di era 1970-an dan 2000-an. Drama yang dibintangi Yoona SNSD ini mengisahkan pasangan kekasih di tahun 1970-an dan 2012. In Ha (Jang Geun Suk) adalah seorang mahasiswa yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Yoon Hee (Yoona 'SNSD'). Mereka saling jatuh cinta, tapi keduanya justru berpisah dan menikah dengan orang yang berbeda.

Puluhan tahun berlalu, siapa yang mengira kalau kisah cinta mereka yang belum kelar, ternyata diterusin sama anak-anaknya. Yup, dalam drama ini Joon (Jang Geun Suk) yang merupakan fotografer sekaligus putra In Ha, bertemu dengan Ha Na (Yoona SNSD) yang merupakan putri Yoon Hee dan mereka saling jatuh cinta. Meski belum lahir di masa itu, tapi Jang Geun Suk dan Yoona sukses menampilkan romansa pasangan era 1970-an.


Youth of May




Yang masih anget-angetnya nih, ada drama on going, 'Youth of May' yang menampilkan kisah cinta sepasang kekasih di era 1980-an. Mereka adalah Hwang Hee Tae (Lee Do Hyun), seorang mahasiswa kedokteran yang jatuh hati dengan Kim Myeong Hee (Go Min Si), yang merupakan seorang perawat. Direncanakan tayang sebanyak 12 episode, drama ini menceritakan lika-liku hubungan Hwang Hee Tee dan Kim Myeong Hee yang mengandung bawang.

Meski baru lahir di masa 90-an, tapi akting Lee Do Hyun dan Go Min Si membuat mereka berhasil menampilkan sosok anak muda era 80-an dengan baik. Sebelum jadi sepasang kekasih di drama ini, keduanya juga pernah dipasangkan sebagai kakak-adik di drama 'Sweet Home'.



Foto: hancinema, dramabeans
risnanik
mockerz
opicke
opicke dan 17 lainnya memberi reputasi
16
4.6K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan