NyxFairyAvatar border
TS
NyxFairy
Tips Modifikasi Motor GSX Jadi Lebih Keren!
Modifikasi Motor GSX sangat menarik untuk dibahas karena merupakan motor sport dengan fairing. Pada dasarnya, melakukan modifikasi Motor GSX bukanlah hal sulit, hanya saja banyak orang belum memahami cara membuat motor ini jadi lebih keren.


Sebenarnya sah-sah saja melakukan modifikasi Motor GSX karena setiap pemilik biasanya memiliki selera modifikasi yang berbeda-beda. Berikut adalah part-part yang apabila dimodifikasi bisa membuat Motor GSX menjadi lebih keren.


Spion


Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengubah tampilan adalah mengganti spion bawaan. Pasanglah spion aftermarket dengan model yang sesuai selera. Biasanya ada yang tetap di bagian fairing depan atau ada juga yang memasang spion model bar end di ujung stang.


Pelek


Pelek juga jadi bagian yang cukup sering diganti buat para penggila modifikasi. Pelek bawaan pabrik Motor GSX sebenarnya sudah cukup bagus, hanya saja sebagian orang menilai jika lebarnya masih kurang. Untuk itu mereka melakukan modifikasi dengan mengganti pelek yang lebih lebar. Misalnya di bagian depan memakai lebar 1.85 dan di belakang memakai lebar 2.00, atau bisa juga memasang pelek 2.00 di depan dan 2.25 di belakang.

Hasilnya tentu membuat pelek menjadi lebih kekar. Secara otomatis, ukuran ban juga akan berubah dari ukuran standarnya. Dengan profil yang lebar seperti ini, biasanya motor jadi makin kelihatan racy. Diajak cornering pun pastinya jadi lebih aman dan nyaman dengan penggunaan pelek dan ban yang lebih lebar.


Cakram


Cakram biasanya diganti dengan yang lebih besar. Tujuannya untuk memberikan pengereman yang lebih baik. Pastinya juga bisa mendongkrak tampilan dari motor yang sudah dimodifikasi. Misalnya mengganti diameter cakram yang lebih besar atau bisa juga memasang double cakram di bagian roda depan. Motor bisa jadi lebih kekar dan berotot.


Suspensi Depan


Penggantian suspensi depan dengan model upside down sudah bisa membawa pengaruh sangat besar, baik dari segi handling, kenyamanan dan juga tampilan. Suspensi yang sudah diganti dengan upside down bakal lebih sedap dipandang mata. Walaupun harga suspensi depan ini lumayan mahal, namun sangat memuaskan.


Stang


Stang bawaan pabrik sebenarnya sudah dibuat dengan model under yoke, namun bahannya masih terlihat biasa saja. Bagi penggila modifikasi tentu hal ini jadi kurang berkenan karena stang menjadi salah satu bagian motor yang pertama kali dilihat saat berkendara.


Footstep Underbone


Footstep underbone bisa membuat tampilan motor berubah drastis dan karena ini adalah motor sport dengan fairing, pemasangan footstep underbone dipastikan bisa membuat Motor GSX kita menjadi semakin keren.


Swing Arm


Swing arm bawaan pabrik cenderung berbentuk lurus mengotak. Kita bisa mengganti swing armdengan model banana yang melengkung. Knalpot dibuat model underbelly atau berada di bagian bawah fairing. Motor akan semakin kelihatan racy dan sporty. Namun, saat ini ada juga yang menawarkan cover swing arm. Jadi tetap memakai swing arm standar pabrik, hanya saja ditutup cover agar kelihatan lebih berisi.


Single Seater


Langkah selanjutnya adalah bisa memasangkan aksesoris berupa cover single seater. Biasanya part ini terbuat dari bahan resin atau plastik. Gunanya supaya menutupi jok belakang biar terlihat seperti motor single seat ala MotoGP. Buat motor yang mengusung tema balap, single seat ini wajib dipasang karena cukup membantu mengubah tampilan motor menjadi semakin keren.


Knalpot


Biar makin keren dan bertenaga, pasanglah knalpot aftermarket. Tapi harus ingat, ganti knalpot punya konsekuensi yang harus dipahami. Suatu saat bisa saja terkena tilang atau diomeli orang karena mengganti knalpot dengan suara yang berisik. Gunakanlah knalpot di tempat yang sesuai saja, misalnya untuk keperluan track day atau kontes.


Livery dan Windshield


Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah merubah tampilan livery dan windshieldPilih striping yang jarang digunakan orang, misalnya striping balap tahun 1970-an, 1980-an, atau bisa juga dengan memasang striping ala MotoGP 2020. Windshield di bagian depan juga diganti agar tampilan motor semakin keren.


Dengan mengubah tampilan, tentunya Motor GSX kita akan menjadi lebih enak dipandang. Mau ikut kontes pun rasanya tidak akan ragu lagi. Hasil modifikasi bukanlah tergantung dari mahalnya harga akseoris, tetapi tergantung pada taste atau selera si pemilik. Selera tidak akan pernah mengkhianati hasil.



Diubah oleh NyxFairy 27-05-2021 06:05
Selfender23
Cahayahalimah
kombat2000
kombat2000 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
6.3K
154
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan