CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mendadak Viral, Pertamina Beri Penjelasan Fungsi Pelat Besi Pada Tabung Gas LPG 3Kg
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b0e403b35a8e0de833498c/mendadak-viral-pertamina-beri-penjelasan-fungsi-pelat-besi-pada-tabung-gas-lpg-3kg

Mendadak Viral, Pertamina Beri Penjelasan Fungsi Pelat Besi Pada Tabung Gas LPG 3Kg

Mendadak Viral, Pertamina Beri Penjelasan Fungsi Pelat Besi Pada Tabung Gas LPG 3Kg

Tabung gas LPG kemasan 3 Kg atau yang lebih dikenal dengan tabung melon, sudah pasti ada di setiap dapur masyarakat Indonesia. Ternyata kita sudah menggunakannya sebagai bahan bakar untuk memasak lebih dari sepuluh tahun. Bukan hanya sebagai bahan bakar, di tangan orang-orang kreatif, gas melon ini bahkan bisa dimodifikasi sebagai bahan bakar kendaraan.

Kita semua mengakui keunggulan gas LPG ini dibanding bahan bakar lain produk dari Pertamina, yaitu lebih hemat, murah, dan aman. Walaupun masih banyak juga kita temui di lapangan, oknum-oknum tak bertanggung jawab yang senang mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri, yaitu dengan mengurangi isi tabung LPG. Seringkali kita temui segel yang di tabung mudah sekali dibuka hanya menggunakan tangan/tanpa bantuan alat.

Dengan adanya kecurangan beberapa oknum penyalur gas LPG, masyarakat jadi bertanya-tanya, adakah kecurangan lainnya yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab ini?

Salah satu yang membuat masyarakat bertanya-tanya adalah adanya pelat besi yang ditempel di bagian pegangan tabung gas. Tidak hanya satu, ada dua sampai tiga pelat besi yang ditempelkan pada tabung. Apa sebenarnya fungsinya? Mungkinkah untuk mengelabuhi agar berat timbangan tabung tetap, meskipun isinya telah dikurangi?

Mendadak Viral, Pertamina Beri Penjelasan Fungsi Pelat Besi Pada Tabung Gas LPG 3Kg

Gansis pernah bertanya-tanya seperti itu, nggak? Sama, ane sempat terlintas. Karena memang ada isu yang mengatakan demikian. Kalau ane pernah dengar dari para sales regulator dan kompor gas yang suka promo ke kampung-kampung itu, Gansis.

Ternyata pertanyaan ini mencuat juga di media sosial dan menjadi viral. Pihak Pertamina pun meresponnya dengan memberikan penjelasan melalui juru bicara Eko Kristiwan, bagian Unit Manager Communication, Relations, and CSR Jawa bagian barat. Menurut beliau, lempengan besi itu disebut pelat balancer. Fungsinya sebagai penyeimbang tabung kosong yang beratnya di bawah 5 Kg.

Jadi tabung melon ini masa edarnya adalah 5 tahun, Gansis. Setelah habis masa edar, akan dilakukan pengecekan ulang kelayakannya. Apakah masih sesuai standar atau tidak. Salah satu kriterianya adalah berat tabung kosong harus berbobot 5 Kg. Tentunya ada kriteria lain juga untuk menentukan kelayakan tabung masih bisa ditoleransi atau tidak.

Spoiler for fungsi pelat balancer:


Apabila berat kosong di bawah 5 Kg, tapi masih masuk dalam range toleransi, maka ditambakanlah pelat balancer tadi, Gansis. Sedangkan yang sudah tidak memenuhi syarat, akan ditarik dan tidak diedarkan lagi.

Selanjutnya tabung-tabung yang sudah dites ulang dan dikalibrasi ini masih memenuhi persyaratan Disperindag, maka tabung melon tersebut akan diedarkan lagi selama lima tahun.

Proses ini terus berulang, hingga tabung gas yang beredar di masyarakat benar-benar aman dan memenuhi syarat, Gansis. Jadi pelat besi itu bukanlah kecurangan untuk mengelabuhi bobot isi gas yang dikurangi.

Akhirnya ane tercerahkan juga nih, Gansis, dan merasa lega, ternyata itu cuma isu. Bagaimana dengan Gansis? Yuk, ngobrol santuy sambil ngopi di kolom komentar.
emoticon-nyantai

Malang, 28 Mei 2021

Narasi opini pribadi
Foto dokumen pribadi
Referensi di sini di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
franssinaga dan 23 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh InaSendry
Halaman 1 dari 3

Baca Trit Lainnya Klik Gambar Gan!

Mendadak Viral, Pertamina Beri Penjelasan Fungsi Pelat Besi Pada Tabung Gas LPG 3Kg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh InaSendry
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Semoga layanan untuk masyarakat makin bagus lagi
profile-picture
profile-picture
jiresh dan iissuwandi memberi reputasi
Selama ini ane ga merhatiin ada plat nya emoticon-Big Grin

Tapi emang sih sering ngerasain sama" tabung baru tapi beratnya beda, begitu juga pas kosong emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nice info gan.... emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Keren infonya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nice info gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nais impoh gan...
Bay dewey gw masih pake kayu bakar, nyalainnya pake batu...
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Info menarik....bagus lah kalau pertamina memikirkan safety....nya.buat tabung yg ngk layak pakai lagi....

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
Diubah oleh jurumudi75
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Mendadak Viral, Pertamina Beri Penjelasan Fungsi Pelat Besi Pada Tabung Gas LPG 3Kg

Tabung gas melon nya di jadiin senjata bre..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kan enak kalo dijelasin kayak gini ngga kena broadcast2 bohong gitu
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane salah dong selama ini. Kirain jumlah gas LPG nya yg beratnya 5 kg
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
...lempengan besi itu disebut pelat balancer. Fungsinya sebagai penyeimbang tabung kosong yang beratnya di bawah 5 Kg....

ada aja idenya, duh ga kepikiran sampe segitunya.
profile-picture
profile-picture
InaSendry dan koeyawae memberi reputasi
Hayo curang mana, yang kaya tp pake tabung gas melon atau..??
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
Ngopi tu kopi ngopi kok isu . Pertamina udh kaya g bkl jg dia ngambil keuntungan tambahan .
Bner2 thread yg sngat brguna.brrti slma ini sya berasumsi slah.sya kira isinya g ssuai kl ada platnya
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
Quote:


Tabung kosong harus 5kg, tabung berkurang bobotnya karena korosi.

Ane masih loading hubungan volume ama berat tabung 🤨
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ane gak pernah nyadar kalo ada plat besi di tabung gasnya.. Hehe kalo gk baca thread ini ane gk bakalan tau nih..
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Woalah ane kira dulu cuman variasi dan kaga ada fungsinya gan 😁
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
Hal seperti ini memang rawan jadi bahan goreng untuk sebar hoax, padahal ada ilmu yang menjelaskan
profile-picture
profile-picture
prasty.95 dan InaSendry memberi reputasi
Quote:



kok dinas tenaga kerja??, harusnya untuk tera ulang domainnya metrologi dinas perindustrian dan perdagangan, emoticon-Bingung
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di