Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DianAhmadKaskusAvatar border
TS
DianAhmadKaskus
Sejarah Panjang Kerupuk, Camilan Andalan Orang Indonesia!
Sejarah Panjang Kerupuk, Camilan Andalan Orang Indonesia!
sumber

Kerupuk adalah salah satu makanan pelengkap untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Makanan ringan yang sebagian besar terbuat dari tepung kanji yang diolah sedemian rupa hingga tampil dengan bentuk dan rasa yang menggugah selera.

Bahkan untuk beberapa kalangan, --termasuk ane-- bisa makan hanya dengan kerupuk, ditemani lalap timun dan secobek sambal mentah. Wiiihhh, sedap!
Bahkan untuk beberapa negara mungkin merasa aneh dengan keberadaan kerupuk di meja makan orang-orang Indonesia, karena menurut mereka, kerupuk adalah sekadar snack atau camilan.

Sejarah Panjang Kerupuk, Camilan Andalan Orang Indonesia!
sumber
Kerupuk mempunyai sejarah panjang sebelum akhirnya menjadi makanan favorit  sebagai teman makan kebanyakan orang di Indonesia. Dilansir dari Good News From Indonesia, seorang sejarawan kuliner Fadly Rahman menceritakan bahwa kerupuk ada pertama kali di pulau Jawa sekitar abad ke-9 atau ke-10. Dengan diperkuat oleh adanya sebuah bukti sejarah yaitu prasasti Batu Pura yang mana tertulis kerupuk rambak, tertulis dalam prasasti tersebut.

Kemudian pada abad ke-19, dalam sebuah naskah melayu karya Abdul Kadir Munsyi menyebutkan kata keropok atau kerupuk, yang pada jaman itu kerupuk tidak hanya disukai oleh kaum pribumi, tapi juga oleh para penjajah Belanda.

Dan untuk pengusaha kerupuk, sejarah mencatat nama Sahidin dan Sukarma sebagai orang pertama yang membuka pabrik kerupuk di tahun 1930 , yang semakin lama semakin berkembang seperti sekarang

Seiring zaman, inovasi pun semakin bermunculan. Mulai dari memanfaatkan hasil laut seperti udang dan ikan untuk dijadikan bahan utama pembuatan kerupuk, lalu berkembang menjadi berbagai jenis varian yang ditawarkan, seperti biji melinjo, jengkol, nasi, dan lain-lain. Belum lagi varian baru yang sekarang ini menjadi tren dan merambah pasar misalnya kerupuk keju, sayuran, tinta cumi, hingga yang ditambah kerang kering.

Sejarah Panjang Kerupuk, Camilan Andalan Orang Indonesia!
sumber
Dari segi bentuk pun kerupuk tidak hanya berbentuk bundar. Tetapi ada yang memanjang, melingkar, stik, bintang, atau pun bunga dan masih banyak lagi. Untuk ukurannya? Dari yang kecil hingga size jumbo yang berdiameter setengah meter pun ada. Wooow!

Tapi dari semua keseruan tentang kerupuk, yang ane ingat adalah keseruan lomba pada acara tujuhbelas Agustusan yang masing mengikut sertakan lomba balap kerupuk sebagai lomba yang sampai sekarang masih tetap eksis dan diminati oleh banyak peserta, mulai dari bocah sampai emak-emak berdaster. Seru? Pasti!

Agan sista punya cerita menarik tentang lomba balap makan kerupuk? Atau punya kerupuk favorit mungkin? Silakan berbagi keseruan di kolom komentar. Sekian dari ane, sampai ketemu di thread selanjutnya, dan terima kasih.

:terimakasih:terimakasih:terimakasih


sumber referensi

ujellyjello
orgbekasi67
orgbekasi67 dan ujellyjello memberi reputasi
2
1.8K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan