Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
Tak Hanya Gunung Padang, Cianjur Ternyata Memiliki Situs Megalitikum Yang Lain Loh!
Situs megalitikum Gunung Kasur



Peninggalan sejarah di Indonesia memang begitu dikenal di dunia, terutama peninggalan sejarah di era kerajaan Hindu-Buddha yang meninggalkan warisan bangunan candi.

Namun, banyak juga situs sejarah yang merupakan peninggalan zaman sebelum kerajaan dan belum ada tulisan alias prasejarah. Situs megalitikum adalah tempat yang merupakan peninggalan dari zaman megalitikum.

Zaman megalitikum merupakan zaman batu besar, ya gansis. Megalit menjadi tanda utama keberadaan tradisi megalitik, tradisi yang muncul di beberapa tempat di bumi. Batu yang digunakan dapat berupa satu batu tunggal (monolit), tumpukan batu besar maupun kecil, atau susunan batu yang diatur dalam bentuk tertentu. Megalit sering kali dipotong atau dipahat terlebih dahulu dan dibuat terkait dengan ritual religius atau upacara-upacara tertentu, seperti kematian atau masa tanam.


Quote:
?




Spoiler for Gunung Kasur:




Selain itu ada situs berupa batu yang berlukiskan telapak kaki. Ada yang menyebut ini telapak kaki raja Pajajaran ada juga yang menyebut sebagai bekas telapak kaki salah seorang Patih Pertama Cianjur.


Benda megalit di sini adalah batu besar berbentuk mirip kasur yang merupakan asal usul gunung ini mendapat sebutan gunung kasur. Batu itu disebut batu kasur.



Berbeda dengan situs megalitikum gunung Padang, situs gunung kasur belum begitu dikenal dan pemeliharaannya masih minim. Bahkan masih dikelola dengan dana desa setempat.


Latar foto yang indah

Namun bagi para traveler tempat ini bak surga tersembunyi yang melambai-lambai untuk dirambah. Gunung ini berada di ketinggian 1.080 mdpdl. Jadi lumayan buat track pendakian ya Gansis.



Jalur pendakian


Sekarang tempat ini sudah mulai dipoles dan menjadi salah satu spot wisata terutama untuk pecinta camping dan penikmat alam yang ingin menghilangkan penat dengan menikmati sejuknya udara gunung dengan latar kota cipanas dan cianjur yang terhampar indah.


Fasilitas tempat duduk santai


Ada fasilitas sewa tenda, paralayang, tempat swafoto juga tempat santai berupa bangku-bangku dibawah pepohonan.


Paralayang

Mencapai puncak gunung kasur bisa ditempuh dengan cara mendaki atau memakai sepeda gunung. Semua lelah terbayar dengan pemandangan indah di puncaknya. Apalagi menikmati udara malam dengan kelap kelip ribuan cahaya lampu dari kota Cianjur yang bercahaya bak kunang-kunang di kegelapan malam.


Keindahan lanskap kota Cianjur


Para pecinta alam


Belum lagi Gansis bisa menikmati api unggun dan bakar jagung atau sosis. Camping bersama keluarga lebih hangat dan bermakna. Untuk siswa atau mahasiswa tempat ini cocok banget dipakai untuk acara outbond pramuka atau kegiatan pecinta alam.

Semoga kita bisa melestarikan peninggalan sejarah bangsa dan jangan lupa menjaga lingkungan dari pencemaran sampah.

Opini pribadi
Sumber dan gambar: fanspage Gunung Kasur Cipanas Cianjur
Instagram @Agusjayasaputra
bedypop
japarina
enyahernawati
enyahernawati dan 48 lainnya memberi reputasi
49
7.4K
168
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan