Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fashionistahAvatar border
TS
fashionistah
Makna Di Balik Motif Batik Rancangan Ridwan Kamil yang Digunakan Super Junior!
Makna Di Balik Motif Batik Rancangan Ridwan Kamil yang Digunakan Super Junior!

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, Agan dan Sista semua pasti tau kan sama yang namanya batik? Sebuah hasil karya anak bangsa yang memadukan seni dan juga teknologi. Secara tradisional, pembuatan batik dilakukan dengan menggambar motif pada kain dengan menggunakan lilin malam dan canting. Tapi, seiring perkembangan zaman, kini sudah banyak teknik yang bisa dilakukan untuk menciptakan batik.

Ternyata popularitas batik Indonesia terbilang cukup terkenal loh, bahkan sampai mendunia. Hal ini dibuktikan deretan foto anggota BoyBand Korea yang bernama Super Junior yang baru saja diunggahnya. Dalam foto terbarunya tersebut, mereka tampak sedang mengenakan pakaian batik rancangan Ridwan Kamil loh. Yap! Melalui akun instagramnya, Leeteuk mengunggah fotonya sedang mengenakan kemeja batik berwarna merah dengan motif Mega Mendung khas Cirebon yang dipadukan dengan blazer batik Garuda Kujang Kencana berwarna biru.



Quote:


Selain Leeteuk, Yesung, sesama anggota Super Junior juga ikut mengunggah fotonya yang sedang mengenakan pakaian batik dengan motif Garuda Kujang Kencana. Dalam unggahannya tersebut, tampak Yesung sedang mengenakan kemeja batik bernuansa hijau kuning yang dipadukan dengan blazer batik yang didominasi warna merah. Dipadukan dengan celana merah maroon dan sepatu boot hitam, penampilan Yesung pun semakin menyita perhatian ELF Indonesia. Tak hanya itu saja, caption Yesung yang menggunakan bahasa Indonesia juga membuat Yesung semakin tampak melokal.



Quote:


Oh iya, ngomong-ngomong soal batik, Agan dan Sista pada tau arti di balik motif batik yang dikenakan para personel Super Junior ini?

Motif megamendung yang dikenakan Leeteuk memiliki bentuk layaknya awan. Motif yang satu ini biasanya hadir dengan warna-warna yang tegas seperti biru dan merah yang katanya menggambarkan maskulinitas dan juga suasana dinamis. Selain itu, warna-warna tersebut juga menggambarkan psikologi masyarakat pesisir yang lugas dan terbuka.

Selain motif mega mendung, baik Leeteuk maupun Yesung sama-sama mengenakan motif batik Garuda Kujang Kencana, sebuah batik yang mengusung tema diagonal, mandala, wibawa, religius, sundawi, dan nasionalis. Pada motif batik terseut tampak burung garuda yang sedang menggenggam duah buah kujang. Oh iya, kalau kalian perhatikan, dalam batik tersebut terdapat kumpulan titik-titik. Ada yang jumlahnya 5 dan ada juga yang jumlahnya 6. Ternyata jumlah dari titik-titik tersebut menggambarkan Rukun Iman dan Rukun Islam. Selain itu, ada juga sebuah lingkaran yang dikelilingi oleh 4 buah kujang dan pada bagian tengah lingkaran terdapat huruf R dan K yang merupakan inisial sang perancang, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.




SUMBER
SUMBER
edv039
toinxx08
sunshii32
sunshii32 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.5K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan