cintadineAvatar border
TS
cintadine
4 Alasan Utama Kenapa Facebook Masih Bertahan dan Banyak Penggunanya
Selamat datang kembali di thread ane gan.

Apa sosial media yang paling sering agan pakai sekarang ini, Instagram? Twitter?, Tik Tok?, atau bahkan Facebook?

Jika dilihat dari berbagai data yang ada baik untuk di Indonesia maupun di seluruh dunia, saat ini Facebook masih banyak digunakan dan bahkan masih lebih banyak dibandingkan dengan sosial media lainnya. Facebook sendiri diluncurkan untuk sejak 2005 dan mencapai puncaknya pada sekitar 2008 dan 2009. Kini belasan tahun berlalu semenjak Mark Zuckerberg membuat sosial media ini, ternyata masih sangat banyak orang yang menggunakan dan masih jauh dari kata sepi. Facebook masih jauh nasibnya seperti Friendster yang sudah tutup usia duluan. Lantas kenapa Facebook bisa bertahan lama?

Setidaknya ada beberapa alasan kenapa Facebook masih tetap bertahan dan masih banyak peminatnya menurut ane.

1. Fitur


Yang pertama adalah fitur. Fitur di Facebook bisa dibilang cukup lengkap apalagi setelah bisa menambahkan story layaknya di Instagram. Selain itu ada juga fitur Facebook Messenger yang berguna untuk chatting secara cepat dengan teman-teman yang sudah saling kenal. Fitur lainnya adalah pilihan privasi di mana pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat status dan ini tidak dimiliki oleh sosial media lainnya termasuk Instagram. Dulu sih Instagram bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat postingan kita yaitu untuk daftar teman dekat (close friend), tapi sekarang sudah tidak bisa dan privasinya cuma bisa diatur di kiriman story. Ada juga fitur adalah fan page yang mampu membuat setiap orang berinteraksi satu sama lain fan page yang disukai.

2. Grup


Faktor tepenting kenapa Facebook masih bertahan lama adalah Facebook memiliki grup yang dapat menampung banyak orang dalam satu komunitas dan minat yang sama. Ane yakin 90% orang bertahan di Facebook karena ada grupnya. Inilah yang membuat orang betah di Facebook. Karena para penggunanya terhubung di bubble yang sama dan bertemu dengan orang lain dengan minat dan kesukaan yang sama. Fitur ini bahkan tidak ada di sosial media lain termasuk Twitter. Di grup orang saling berdiskusi dan mengirim info lewat postingan.Namun di sisi lain grup di Facebook memang rentang menjadi sarang hoax.

3. Marketplace

Pada 2016 Facebook meluncurkan fitur marketplace yang memungkinkan para penggunanya melakukan jual beli. Sistemnya pakai cod seperti zaman tokobagus dulu. Meskipun rentan terhadap penipuan namun fitur ini nampaknya dimanfaatkan dengan baik oleh sebagian pengguna yang berjualan barang berdasarkan lokasi. Di daerah ane fitur ini digunakan oleh pelaku UMKM untuk menjual produknya terutama yang berjualan makanan ringan.

4.Mudah digunakan


Alasan lainnya adalah Facebook begitu mudah untuk digunakan untuk siapa saja dan tak hanya digunakan untuk membagikan foto saja. Orang bisa membuat fan page untuk bisnis dan membagikan berita. Sementara Twitter memang ada yang kurang cocok bagi orang-orang tertentu seperti pembatasan jumlah karakter dan harus membuat thread. Ataupun Instagram yang di mana kita tidak bisa menaruh link hidup di postingan karena Instragram memang didesain khusus berbagi foto. Memang sih kita bisa share link di instastory tapi syaratnya akun kita minimal harus punya 10.000 followers dahulu.

Nah itu dia gan pembahasannya. Ada alasan lainnya enggak kenapa Facebook bisa terus bertahan dan penggunanya masih banyak? emoticon-Big Grin

Quote:
galigulagalu
toinxx08
yasyah81
yasyah81 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
9.9K
218
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan