CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Banjir Pujian, Wanita Ini Berani Tegur dan Rekam Aksi Pencopetan di dalam Angkot!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60a9c6f3cd7b8c19687401ca/banjir-pujian-wanita-ini-berani-tegur-dan-rekam-aksi-pencopetan-di-dalam-angkot

Banjir Pujian, Wanita Ini Berani Tegur dan Rekam Aksi Pencopetan di dalam Angkot!

Banjir Pujian, Wanita Ini Berani Tegur dan Rekam Aksi Pencopetan di dalam Angkot!ilustrasi

Angkutan umum seperti bus kota dan mobil angkot adalah salah satu pilihan transportasi bagi masyarakat. Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, di beberapa daerah kayaknya banyak yang menggunakan ya, Gansis. Memang kalau pilihannya hanya itu, ya mau bagaimana lagi kan?

Dulu sebelum masa pandemi, angkutan umum masih oleh ramai penumpang. Terminal-terminal seolah tak pernah sepi. Saking ramainya, cerita-cerita tentang kasus pencopetan juga turut mewarnai.

Sebagai penumpang biasa seperti kita, pasti tidak bisa membedakan mana yang sama-sama penumpang, mana pencopet yang menyamar. Mungkin yang bisa "mengenali" mereka ini ya orang-orang yang memang kerja di terminal/di jalanan, seperti para sopir angkot, para pengamen, para pedagang.

Banjir Pujian, Wanita Ini Berani Tegur dan Rekam Aksi Pencopetan di dalam Angkot!ilustrasi

Ane jadi ingat saat naik angkot di Surabaya. Waktu itu di dalam angkot cukup sesak tempat duduknya. Sekian lama angkot berjalan, lalu berhenti ketika ada seorang lelaki yang minta turun. Setelah orang tersebut turun, tiba-tiba pak sopir menyuruh kami untuk memeriksa dompet dan ponsel. Terutama yang duduk di sebelah lelaki tadi.

Dari sini ane mikir, berarti bapak supir ini tahu dan mengenali para pencopet ini. Namun, mungkin mereka tak berdaya untuk mencegah aksi para pencopet ini. Justru sesama penumpanglah biasanya yang berani mencegah aksi tersebut.

Seperti video yang viral kemarin ini, Gansis. Dalam video tampak seorang lelaki yang memegang tas punggung cukup besar, tapi cara memegangnya agak janggal. Biasanya orang bawa tas yang duduk dalam angkot, tasnya pasti dipeluk di dada. Namun lelaki ini malah merebahkan tasnya di atas pangkuan, bahkan sampai ikut menutupi paha seorang bapak tua yang duduk di depannya.

Spoiler for Wanita cegah aksi pencopetan:


Lalu, ada suara seorang wanita, sepertinya yang merekam kejadian tersebut, mengingatkan bapak tua itu, Gansis. "Pak, punten, eta ... eta," ujarnya. Hingga bapak tua dan lelaki tadi menoleh pada si wanita yang merekam. Mungkin menyadari aksinya tengah direkam, si lelaki ini melemparkan tasnya ke arah kamera.

Salut, sih, dengan si tetehnya yang berani mencegah kejadian tersebut. Kalau nggak, duh, kebayang gimana bingungnya si bapak tua itu andai kejadian uangnya diambil pencopet tadi.

Banjir Pujian, Wanita Ini Berani Tegur dan Rekam Aksi Pencopetan di dalam Angkot!foto. TribunSumsel

Nah, ane jadi ingat lagi pengalaman ane memergoki aksi pencopet sewaktu berada di terminal Purabaya, Surabaya.

Ane waktu itu naik angkot sama temen ane. Karena duduknya memang berjauhan, waktu turun otomatis temen ane duluan. Saat turun itulah, dia dikerumuni sekitar empat hingga lima orang yang menawarkan naik bus dan naik angkot.

Ane yang jalan di belakang mereka merasa aneh aja, kok rebutan gitu sih? Padahal temen ane sudah nolak masih aja dikerumuni. Hingga ane lihat lelaki yang berjalan di belakang teman ane mengulurkan tangannya ke dalam tas teman ane.

Spontan, ane teriak manggil teman ane sambil narik baju lelaki itu. Eh, langsung buyar itu orang-orang yang mengepung teman ane, Gansis. Wah, berarti mereka ini kawanan copet kayaknya. Ada yang mengalihkan perhatian, ada yang eksekusi korban.

Banjir Pujian, Wanita Ini Berani Tegur dan Rekam Aksi Pencopetan di dalam Angkot!
ilustrasi


Ternyata begitu cara kerja para pencopet itu, Gansis. Jadi ada yang punya tim, ada yang bekerja sendiri. Intinya ada sesuatu yang dilakukan untuk mengalihkan perhatian korban dan orang-orang di sekitarnya, agar nggak nyadar dengan aksinya.

Dan biasa orang yang melakukan kejahatan ini kambuhan, Gansis. Dia tidak jera meskipun pernah di penjara, bahkan pernah ditembak kakinya sekalipun, masih ada saja yang mencopet lagi setelah bebas dari penjara.

Sedikit tips dari ane agar terhindar dari aksi pencopetan:

1. Letakkan uang di beberapa tempat seperti kantung baju, kaus kaki, sebagian kecil di tas agar jika hilang pun masih ada uang yang kita pegang.

2. Jangan lengah dan terkecoh dengan orang di sekitar kita, bila tiba-tiba menyenggol atau mendorong kita, dan perbuatan yang sifatnya mengalihkan perhatian.

3. Jika dikepung seperti teman ane tadi, sebaiknya berhenti dan lihat wajah mereka, kemudian katakan dengan tegas jika tidak mau dengan tawaran mereka. Mereka pasti mikir kalau kita tidak lengah.

4. Berdoa sebelum bepergian dan jangan melamun ketika dalam perjalanan.


Sekian dulu thread ane. Terima kasih buat Gansis yang udah baca. Bila ada tambahan atau sharing pengalaman, yuk tulis di kolom komentar.

Malang, 23 Mei 2021

Narasi : opini pribadi (berdasarkan pengalaman pribadi dan berita yang tengah viral.)
referensi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh InaSendry
Halaman 1 dari 2
Ngamokk🤣
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

List Thread Lain Klik Gambar

Banjir Pujian, Wanita Ini Berani Tegur dan Rekam Aksi Pencopetan di dalam Angkot!
Lain kali hati2 ya pak e

Banjir Pujian, Wanita Ini Berani Tegur dan Rekam Aksi Pencopetan di dalam Angkot!
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Emang bergrup pencopet gitu ngeri juga kalau neriakin sebetulnya, nanti kita lagi yang jadi bulan-bulanan 😂
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Biasanya juga sang supir angkot juga komplotan mereka yang juga menyamar
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Memang di angkot sering terjadi kecopetan, kadang pak sopir hapa lho, pencopet tsb, tp takut beri tau penumpang, biasanya cuma kasih kode
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Anak buahnya preman pensiun nih
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jadi inget dulu ane suka ngeprank tukang copet.

Dulu pas naik metromini sengaja naro dompet kosong berisikan kertas dengan tulisan2 mengajak taubat. Dompetnya yg murah tentunya.

Dompetnya ane taro kantong belakang.

Alhasil bener aja tuh dompet udah ilang pas di tempat tujuan.

Terus ane beli dompet bekas murah yg banyak.
Beberapa kali ane coba lagi, masih suka ilang.

Sampe suatu ketika akhirnya ga pernah ilang lagi. Kayaknya udah kapok nyopet ane.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
defanasywaQ dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ngeriii
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Untung mbanya berani dan untungnya ga diapa2in. Semoga lebih waspada juga para penumpang. Saling melindungi.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Anak buahnya Saep paling kui😂. Sama2 suka bawa ransel
Diubah oleh rirandara
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hati² 😌
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waktu jaman smp-sma dulu pas masih sering naik angkot, gw udah pernah ngalamin semuanya bro:

1. Kecopetan di angkot sampe gw nangis
2. Ngeliat orang nangis kecopetan (copetnya udah turun)
3. Ngeliat copet kepergok (copetnya dipukulin)
4. Bareng temen yg emang ga punya ongkos terus pura2 kecopetan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Udah kakek2 masih tega aja mau dicopet, bajingan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ingat naik bus dari terminal tempat ane tinggal, saat itu malam hari jam 9. Ane berdua duduk di tengah bus. Ane bareng kawan menuju Cilegon. Teman ane nyolek terus berbisik "ada copet' pasang muka sangar lo. untung nya kami aman sampe tujuan. rupanya tatapan sok sangar ane dan kawan ane bikin nyali si pencopet ciut.
#truestory
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Waspada intinya ya, jgn sampai lengah atau ngelamun
Kalo perlu pegangin itu dompet, hape, laptop, atau barang berharga lainnya. Ane selalu mengingatkan diri sendiri begitu kalo perjalanan pake kendaraan umum, sampai skrg jadi kebiasaan dompet ane masukin kantong celana sisi depan dan tangan ane masukin kantong 😇
Kecuali kalo lagi apes berhadapannya dgn rampok atau begal yg minta paksa 🙃
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kasian si ubed udah insap masih dibawa bawa
emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mending gak sampai di massa, malah ngamuk lu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gw juga pernah mergoki copet pas di Blok M
hasilnya malah nyaris dikeroyok kawanan copet
langsung saja gw kabur dari TKP

hahahaha

Di stasiun Palmerah malah gw nangkep copet.. eh ujung ujungnya malah dituduh komplotan si copetnya..
nyaris dikeroyok orang satu stasiun.. untung ada Pak Satpam yang tahu kejadiannya... langsung gw diamankan di posko
Wih ini sih cewek titisan superwoman😂
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di