AfriansariAvatar border
TS
Afriansari
5 Aplikasi Yang Menjadi Wadah Untuk Para Penulis Novel Pemula

Sebelum adanya Internet, sangat sempit sekali ruang bagi para penulis cerpen atau novel untuk menumpahkan karyanya. Hanya segelintir penulis yang mampu bekerja sama dengan media cetak dan merilis buku mereka, ada juga yang merilis cerpen mereka di Koran. 

Namun seiring canggihnya teknologi, saat ini banyak ruang terbuka bagi para penulis. Mereka bisa menyalurkan bakat serta karyanya diberbagai platform atau aplikasi yang menjadi wadah bagi para penulis.

Bagi kalian yang memiliki hobby menulis cerpen atau novel, tapi masih malu-malu mempublikasikannya. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu mengasah kemampuan kalian dalam menulis novel. Tak hanya dapat menyalurkan bakat kalian, aplikasi ini juga memberikan apresiasi terhadap novel yang telah di publish. Kira-kira aplikasi apa saja ya...emoticon-Betty Yuk simak dibawah ini!

1. Wattpad


Wattpad merupakan salah satu aplikasi yang lagi populer dikalangan anak muda dan dewasa. Disini banyak sekali penulis newbie yang mencoba mengasah kemampuan mereka dalam menulis sebuah novel dengan imajinasi yang mereka punya. 

2. Innovel


Sama seperti Wattpad, Innovel juga menjadi wadah untuk para penulis untuk menuangkan karyanya dalam sebuah novel yang bisa dibaca secara online. Tak hanya dapat menyalurkan hobby, kita juga mendapat penghasilan dari novel yang sudah dipublish.

3. NovelMe


Novelme juga merupakan salah satu aplikasi pembaca dan penulis. Disini juga banyak sekali para penulis newbie yang mencoba peruntungan dan mengolah hobbynya dalam berkarya.

4. NovelToon


NovelToon juga merupakan salah satu aplikasi yang banyak digandrungi oleh anak remaja dan dewasa. Selain dapat membaca, disini juga dapat menjadikan para pembacanya menjadi sebagai penulis. 

5. Penana


Meski aplikasi ini masih kurang pembacanya, namun kalian bisa mencoba peruntungan dengan menulis sebuah novel di aplikasi ini. Sama seperti Wattpad, Innovel, NovelToon, Penana juga memberikan apresiasi terhadap penulis yang sukses menarik minat para pembacanya.




Yang hobby rebahan, kuy gali imajinasi kamu dan mencoba peruntungan di platform seperti diatas! Selamat mencoba....
toinxx08
indramamoth
outsiders1609
outsiders1609 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
4.1K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan