Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

suryahendroAvatar border
TS
suryahendro
Demo Buruh di Daerah Kecam Serangan Israel ke Palestina
Demo Buruh di Daerah Kecam Serangan Israel ke Palestina


Jakarta, CNN Indonesia -- 
Demo buruh mendukung kemerdekaan Palestina digelar di sejumlah daerah di Indonesia pada Selasa (18/5). Mereka mendesak Israel menghentikan serangan ke Palestina.
Di Jakarta, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar demo di kantor perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Kedubes Amerika Serikat.

Mereka mendesak Presiden Amerika Serikat Joe Biden agar meminta Perdana Menteri Israel menghentikan agresi militer ke Palestina. Massa buruh juga menggalang dana untuk membantu rakyat Palestina dengan target Rp1 miliar.


"Mungkin belum seberapa hasilnya, terkumpul tadi dalam satu jam saja Rp7,7 juta rupiah," kata Said Presiden KSPI Said Iqbal di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat.
"Dan tidak hanya hari ini, dilanjutkan dalam satu minggu ke depan, target kami Rp1 miliar bisa terkumpul dari seluruh buruh Indonesia kita akan buka rekening dana solidaritas untuk Palestina demikian," imbuhnya.
Said mengatakan nantinya dana yang terkumpul itu akan diserahkan ke lembaga kemanusiaan untuk selanjutnya disampaikan ke rakyat Palestina.



Di Bandung, sejumlah elemen serikat pekerja juga menggelar aksi solidaritas untuk Palestina di depan Gedung Sate. Massa buruh mengecam Demo Buruh di Daerah Kecam Serangan Israel ke PalestinaDemo Buruh di Daerah Kecam Serangan Israel ke Palestina serangan Israel terhadap warga sipil Palestina.
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Serikat Buruh Muslimin Indonesia (DPW Sarbumusi) Jawa Barat Asep Acil, agresi militer yang dilakukan tentara Israel telah memporak-porandakan warga Palestina. Serangan itu dinilai sebagai pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat.
"Ini adalah tragedi kemanusiaan yang tak bisa ditolerir dan dibiarkan. Maka dari itu, hari ini kita turun ke jalan, sebagai bentuk solidaritas dan dukungan bagi kemerdekaan Palestina," kata Acil.
[table][tr][td]
Aksi solidaritas buruh untuk Palestina di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (18/5). (CNN Indonesia/Huyogo)

[/td]
[/tr]
[/table]
Dia mengatakan pihaknya mendorong terjadinya gencatan senjata bagi kedua pihak agar bantuan kemanusiaan bisa masuk dan kondisi di Palestina segera pulih.
Mereka juga meminta PBB dan dunia internasional melakukan langkah cepat untuk menyepakati gencatan senjata. Pemerintah Indonesia juga diminta menggalang dukungan dan mengambil upaya penting dalam mewujudkan kedaulatan Palestina.
"Sarbumusi mengimbau kepada seluruh masyarakat dunia untuk berbuat semaksimal mungkin demi menjaga solidaritas sesama muslim demi terhapusnya penjajahan di atas muka bumi. Karena menurut Undang-undang Dasar 1945 juga tegas dikatakan bahwa penjajahan di atas muka bumi harus dihapuskan, karena tak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan," tuturnya.
Pihak kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas di depan Gedung Sate agar tak terjadi penumpukan antrean kendaraan.

Injak Bendera Israel
Di Semarang, massa buruh dari KSPI Jawa Tengah menggelar aksi di depan Gedung DPRD Jawa Tengah Jalan Pahlawan Semarang. Sambil mengecam serangan Israel ke Palestina, massa buruh menginjak-injak bendera bintang biru milik bangsa Yahudi yang menjadi lambang negara Israel.
"Sudah di luar batas yang dilakukan Israel, sangat kejam. Yang jadi korban warga sipil tak berdosa, banyak wanita dan anak-anak meninggal karena roket, bom dan tembakan. Kita disini berjuang untuk Palestina," kata Sekjen KSPI Jawa Tengah Aulia Hakim dalam orasinya.
Aksi tersebut berlangsung selama hampir 2 jam. Aparat Kepolisian mengawasi jalannya demonstrasi serta penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
"Kita amankan, kita kawal, jangan sampai terjadi kerumunan. Semua massa juga kita minta pakai masker dan jaga jarak, dan aksi tidak sampai berlarut-larut. Yang penting aspirasinya tersampaikan," kata Kabag Operasional Polrestabes Semarang AKBP Recky Roberto di lokasi.

[table][tr][td]
Massa buruh saat menggelar aksi bela Palestina di kantor perwakilan PBB di Jakarta, Selasa (18/5). (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)

[/td]
[/tr]
[/table]
Di Bogor, Lembaga Kemanusiaan Asar Humanity juga menggelar aksi bela Palestina dengan cara menaruh dua bendera Israel berukuran raksasa di tengah Jalan Raya Parung.
"Landasan kegiatan ini, karena korban warga Palestina per hari ini (Senin, 17/5) 200 syuhada (meninggal dunia) dan 1.305 luka-luka. Karena kondisinya darurat, maka banyak cara yang harus dilakukan buat bantu mereka, salah satunya kegiatan ini," ujar panitia kegiatan "Kibarkan 1.000 Dukungan untuk Palestina Merdeka", Roozika Sunandila dikutip Antara.
Ia menyebutkan bahwa kegiatan yang berlangsung pada Minggu (16/5) petang itu banjir dukungan dari warga sekitar hingga para ulama.
Sebelum meletakkan dua bendera Israel berukuran 4 meter x 2 meter di jalan, kegiatan juga diisi dengan orasi oleh tokoh agama dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) di wilayah tersebut.
"Panitia enggak nyangka warga yang antusias segitunya, ramai sekali yang datang. Rata-rata mereka ikut mengibarkan bendera Palestina dan bendera Indonesia serta spanduk berisi kalimat dukungan," kata Roozika.
Dia mengatakan kegiatan serupa akan dilakukan dalam waktu dekat di salah satu ruas jalan raya yang berlokasi di Tangerang, Banten.
(dis/hyg



https://www.cnnindonesia.com/nasiona...l-ke-palestina


Buruhnya kena DO gak nih...
emoticon-Leh Uga
nomorelies
extreme78
ambarawan
ambarawan dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1K
30
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan