CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bipang Ambawang dan Ragam Olahan Babi Panggang di Indonesia 😁😍
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60973075aad5de2e164e337e/bipang-ambawang-dan-ragam-olahan-babi-panggang-di-indonesia

Bipang Ambawang dan Ragam Olahan Babi Panggang di Indonesia 😁😍

Bipang Ambawang dan Ragam Olahan Babi Panggang di Indonesia 😁😍

Jakarta, CNN IndonesiaΒ --Β 

Nama bipang aliasΒ babiΒ panggang mendadak jadi bahan perbincangan. Kuliner satu itu muncul dalam ucapan PresidenΒ Joko WidodoΒ dalam sebuah video yang ramai di media sosial.

Dalam videonya, Jokowi bicara mengenai larangan mudik yang diberlakukan pemerintah selama 6-17 Mei 2021. Jokowi menyarankan bagi siapa saja yang merindukan kuliner daerah kampung halaman untuk memesannya secara daring.

"Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, empek-empek Palembang, bipang Ambawang Kalimantan, dan lain-lain tinggal pesan. Makanan kesukaan akan sampai di rumah," ujar Jokowi.

Ucapan Jokowi pun masuk dalam jajaran trending topic nasional pada Sabtu (8/5). Banyak netizen menyoroti kuliner bipang yang disebutkan Jokowi.

Pada dasarnya, bipang merupakan kuliner berupa daging babi yang dipanggang. Babi sendiri merupakan bahan makanan yang umum di Nusantara sebelum masuknya agama Islam. Sebagaimana diketahui, dalam kepercayaan Islam, babi tak boleh disentuh, dan haram untuk dimakan.

Namun, hingga kini, kelompok masyarakat di beberapa daerah di Indonesia masih mengonsumsi babi sebagai makanan keseharian, termasuk di antaranya di Kalimantan.

Ada banyak olahan babi yang dikenal di Indonesia, termasuk salah satunya babi panggang. Babi panggang pada dasarnya merupakan daging babi yang dipotong tipis, lalu diolah dengan cara dipanggang. Daging dipanggang dengan campuran berbagai bumbu yang saling berbeda antara satu sajian ke sajian lainnya.

Bipang Ambawang sendiri merupakan salah satu sajian babi panggang khas dari Kecamatan Ambawang, Pontianak, Kalimantan Barat. Mengutip berbagai sumber, kuliner satu ini menyajikan daging babi panggang bertekstur lembut dan kulit yang crispy akibat pemanggangan selama delapan jam.

Babi yang digunakan juga tak sembarangan. Bipang Ambawang menggunakan babi muda yang masih berusia sekitar tiga bulan. Daging ini menghasilkan tekstur daging yang empuk danΒ juicy.



Di Ambawang, daging babi panggang disajikan bersama dengan cocolan sambal antuha yang terbuat dari cabai dan terasi pilihan. Selain itu, ada pula cocolan kit iu yang terasa seperti saus asam manis.

Kuliner satu ini memang dikenal di tengah masyarakat. Bipang Ambawang menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong yang datang ke Pontianak.

Tak hanya Ambawang, beberapa daerah lain juga memiliki sajian babi panggang khasnya. Ada juga yang dikenal dengan babi panggang khas Suku Dayang. Di sini, babi panggang umumnya dikonsumsi dengan berbagai bumbu rempah dan daun pepaya.

Yang tak kalah terkenal adalah babi panggang Karo atau yang populer dengan sebutan BPK. Sajian ini menjadi salah satu kuliner khas Suku Karo dan banyak ditemukan di kota-kota yang banyak ditinggali oleh orang-orang Karo.

Babi panggang khas Karo juga biasanya disajikan dengan daun singkong dan kincong yang telah dihaluskan dan dimasak secara tradisional. Salah satu bumbu dapur khas Batak, andaliman, menjadi penambah aroma khas untuk babi panggang satu ini.

(asr)

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hi...g-di-indonesia

Jadi laper....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nataliuspigai.
Halaman 1 dari 2
Wah, mantap jiwa itu
β€œIbu ibu dan bapak bapak, sebentar lagi lebaran”

Padahal si plonga plongo bilang gitu

Tapi kenapa para cebong masih aja kejang kejang sambil berusaha jilatin mati matian junjungannya 🀣🀣🀣🀣
profile-picture
profile-picture
satankober dan Aparatkaskus memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Kalo soal babi muslim dan Yahudi bersatu
profile-picture
profile-picture
nataliuspigai. dan johanbaikatos memberi reputasi
Apa salahnya makan babi?

Takut dosa?

Takut dosa tapi kok berani bikin penipuan seiman berkedok agama macam 212 mart emoticon-Big Grin

Kinthil emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.Orenji. dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
astagfirullah... lezat nian.. emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.Orenji. dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Juga masalah SUNAT... emoticon-Embarrassment
profile-picture
nataliuspigai. memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Aahhhh jadi kepingin makan bipang emoticon-Frown

Tapi mehong cyynn emoticon-Frown
profile-picture
nataliuspigai. memberi reputasi
TS GOBLOK TOLOL BGST emoticon-Marahemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Marahemoticon-Blue Guy Bata (L)


















































































gw ikutan laper
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
terima kasih pak jokowi
saya jdi tau ada olahan babi panggang lainnya
selama ini taunya cuma BPK emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 2 lainnya memberi reputasi
Mantap.....gurih dan renyah dimulut....apalagi cocol pakai sambal...joos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ableseaman dan 3 lainnya memberi reputasi
babi panggang memang nikmat sama empuk emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 3 lainnya memberi reputasi
pagi2 bikin laper aja, emoticon-babi
profile-picture
profile-picture
reep1000 dan nataliuspigai. memberi reputasi
Yuk kuy tar malem nongki dilapo makan BPK.

Bawa duit 50 rebu perut sudah kenyang.

Bonus gigi ngilu kebanyakan ngunyah daging babik.

emoticon-Ngacir
Bipang Ambawang dan Ragam Olahan Babi Panggang di Indonesia 😁😍

Ane kira ini
emoticon-Hammer
traktir nubi makan dilapo dong gan. emoticon-Request
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Dari hal ini bisa dipastikan bbrpa kemungkinan:
1. Fix planga plongo (cuman baca dr anak buahnya)
2. Emang si petruk non muslim (mempromosikan babi panggang)
3. Antek china/emg ras cina non muslim yg doyan babi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soflamz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Enak nampaknya tu

emoticon-Matabelo
profile-picture
jurumudi75 memberi reputasi
2024 ga kepilih, lawannya bakal sikat habis ni geng. Calon rusuh diskriminasi lg ke minoritas.
Salah siapa? Salah pemerintahan sekarang nyempilin mulu hal hal aneh

Minoritas tau diri, mayoritas gausah sombong itu intinya.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Saksang teteup is the best emoticon-Ngakak
profile-picture
kh.zhengweijian memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Subannalloh emoticon-EEK!

Cocok menggunakan resep panganan bapet rica pedas sambil menunggu waktu berbuka puasa ya akhi emoticon-Request
Diubah oleh kh.zhengweijian
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di