Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yusrilmahend927Avatar border
TS
yusrilmahend927
Berbahan Dasar Batok Kelapa, Souvenir Unik Asal Lampung Barat
Berbahan Dasar Batok Kelapa, Souvenir Unik Asal Lampung Barat

     
Membahas UMKM di Indonesia tentunya tidak akan lepas dari peran atau kontribusinya dalam perekonomian dan pembangunan Indonesia, serta ketangguhannya menghadapi dinamika dipasar. Dengan jumlah mencapai 62.926.077 unit usaha pada tahun 2017 atau meningkat sebesar 2,06% dari tahun sebelumnya mempertanyakan apa saja peran dan kontribusi yang sudah diberikan dengan jumlah tersebut bukanlah sesuatu yang baru dan sulit untuk dijawab. Pada sisi makro, peran atau kontribusi UMKM terlihat dari kemampuannya dalam menyerap 97% total tenaga kerja dan memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang mencapai 60,3% setiap tahunnya. Selain kedua peran yang telah disebutkan tadi lebih spesifiknya yaitu : (1) kedudukannya sebagai pemain utama dalam kegiatan ekonomi di berbagai sektor, (2) penyedia lapangan kerja yang terbesar, (3) pemain penting dalam pengembangan kegiatan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat, (4) pencipta pasar baru dan sumber inovasi, serta (5) sumbangannya dalam menjaga neraca pembayaran melalui kegiatan ekspor. (Departemen Koperasi, 2015)

Kemudian mengenai ketangguhan UMKM sendiri dapat dilihat dalam buku yang berjudul Perekonomian Indonesia: Tantangan dan Harapan Bagi Kebangkitan Indonesia karya Faisal Basri salah satu ekonom senior Indonesia. Dalam buku tersebut beliau memaparkan beberapa alasan UMKM lebih mampu bertahan khususnya pada masa Orde Baru, yang pada dasarnya kondisi saat itu tidak berpihak pada UMKM atau dapat dikatakan dikesampingkan oleh kebijakan-kebijakan saat itu. Pertama, sebagian besar usaha kecil dan menengah menghasilkan barang-barang konsumsi (Consumer goods), yang artinya perubahan pendapatan memiliki pengaruh yang relatif redah terhadap permintaan. Kedua, mayoritas UMKM lebih mengandalkan non-banking financing pada aspek pendanaan. Ketiga, pada umumnya UMKM melakukan spesialisasi produksi.

Berbahan Dasar Batok Kelapa, Souvenir Unik Asal Lampung Barat

Dari total 62.926.077 unit UMKM yang ada Indonesia, salah satunya yaitu “Batok Tanamo” yang berada di Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Ada beberapa hal yang membuat saya tertarik untuk mengangkat dan mempromosikan UMKM tersebut. Pertama,kreativitas sebagai modal utama. Bila merujuk kepada salah satu publikasi World Economic Forum, kreativitas adalah salah satu dari tiga keterampilan utama dalam bersaing. Sehingga menurut saya pribadi usaha tersebut akan mampu bersaing dan menghadapi dinamika pasar kelak. Kedua, mengangkat dan mengenalkan kearifan dan potensi lokal daerah Lampung.

Spoiler for Profil Singkat Batok Tanamo:


 

Berbeda dengan beberapa orang umumnya yang memandang batok kelapa sebagai limbah dan tidak memiliki nilai guna atau hanya dijadikan arang, Mezadianto pemilik usaha Batok Tanomo beranggapan sebaliknya. Ia menganggap bahwa batok kelapa yang kurang termanfaat kan dan cukup banyak ditemui di sekitarnya memiliki guna lebih tinggi bahkan bernilai ekonomi dengan sedikit melawati proses. Hal tersebutlah yang melatar belakanginya membuka usaha souvenir yang berbahan dasar batok kelapa pada September 2017 lalu.

Usaha yang diberi nama “Batok Tanamo” di mana kata tanamo sendiri berasal dari bahasa padang yang berarti Terkenal, pada awalnya mengalami banyak suka dan duka. Dengan modal awal satu mesin gerinda (alat pemotong) dan anggapan tidak realistis serta dianggap mengganggu dari debu dan suara yang dihasilkan mewarnai proses merintis usaha tersebut hingga paling tidak 3 atau 4 bulan kemudian baru dapat diterima dan menemukan target pasarnya.


Spoiler for Produk Batok Tanamo:


Dengan kreativitas yang dimiliki pemiliknya batok kelapa tersebut dapat dirubah menjadi berbagai macam bentuk seperti alat rumah tangga, asbak, jam dinding atau bentuk-bentuk sesuai pesanan konsumen telah berhasil memasarkan produksi di beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta dan bali. Selain itu Batok Tanamo sendiri sudah mendapatkan kepercayaan sehingga beberapa kali bekerja sama dengan hotel yang ada di kabupaten Pesisir Barat.




Quote:


annlaska
annlaska memberi reputasi
1
514
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan