CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60868f14e5e2913a3c018125/indonesian-x-file

Indonesian X-File

Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 4
Pembantaian dan pemerkosaan etnis di kerusuhan 98 aja malah ditutup2in.

emoticon-Betty

profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
itu pelakunya gk ada rasa sesal ya? adem ayem saja
kalo ane mah misal jadi pelakunya, sudah pasti gk enak tidur,
kebayang terus ma wajahnya
profile-picture
kanzaki memberi reputasi
zaman babeh..
ga suka, nyawa melayang

dan mpe skarang pun, ga pernah mau diselidiki mpe tuntas..

karena bakalan singgung keluarga sonoh
Mantap gan 👍
Indonesian X-File

Indonesian X-File

kalo menurut ane, berdasarkan info kronologi kejadian yang beredar :

1. awalnya kasus Marsinah ini hanya sebatas polemik UMK / UMR antara buruh dan perusahaan tempatnya bekerja

2. masalah menjadi melebar karena pihak perusahaan melibatkan Kodim setempat sebagai "backing" nya yang mungkin selama itu terbiasa dimintain tolong oleh perusahaan jika ada masalah dengan serikat buruh atau pihak buruh yang tidak tunduk akan aturan perusahaan.
soal backing-backing'an ini hingga saat ini merupakan suatu hal yang biasa di lingkungan perusahaan (pabrik) dengan pihak instansi tertentu di negara ini. biasanya pihak pengusaha alasannya untuk perlindungan diri dari serikat atau ormas yang suka mengganggu pihak perusahaan.

3. masalah menjadi melebar juga karena mungkin ternyata pihak Kodim setempat tsb melakukan suatu hal yang dianggapnya berlebihan oleh pihak perusahaan (sampai dengan menghilangkan nyawa Marsinah), padahal mungkin niat awalnya hanya untuk memberi sedikit pelajaran kepada Marsinah.

4. sementara pihak Kodim terlanjur melakukan blunder, hingga kasus tsb menjadi kasus besar yang sampai terdengar pemerintah pusat. dan lagi-lagi demi kehormatan instansi militer saat itu, maka dibuatlah beberapa skenario dan dikondisikan proses hukum nya menjadi begitu rumit dan terkesan tanpa solusi sampai kapanpun.

5. akhirnya pihak perusahaan pun rugi sendiri, terbukti dengan beberapa pemilik beserta orang-orangnya malah ikut diciduk bahkan ditahan bertahun-tahun sesuai keputusan pengadilan yang direkayasa itu.

hal ini menurut ane sama seperti kasus-kasus penghilangan nyawa tokoh-tokoh lain (Munir, Widji Tukul, dll). Disana terlihat, pemerintah melibatkan kesatuan khusus untuk turun tangan, melakukan "operasi senyap". jika sudah begitu, kepolisian bisa apa jika berhadapan dengan "kakak-nya" ?

sebenarnya banyak pelajaran yang bisa diambil baik oleh perusahaan dan oleh pihak buruh/ pekerja dari kasus ini. bahwa segala sesuatu jika dilakukan tanpa melihat resiko yang jauh kedepan, akan menjadi boomerang bagi masing-masing pihak itu sendiri. intinya kedua belah pihak ini harus sama-sama saling menghargai dan tidak bisa mengutamakan ego masing-masing.

itulah kenyataan yang ada di negara kita agan-agan.
emoticon-Cool

kalo mau tau kronologis kejadian nya bisa dibaca disini :

KRONOLOGIS MARSINAH
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elefana dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh proficiat
gue pernah denger cerita ini di salah satu konten yutub. Katanya meki marsinah disodok pake senapan api. Terus ditembak di dalam gan.
Goblok aja sih kalo masih ada orang yg ngaku kangen era orde baru
emoticon-Cool
itulah lazimnya harto... tiap perementahan ada kelaziman gak ada manusia sempurna... bahkan plangaplongo pun begitu gak sempurna jauh sekali dari kata sempurna... udah di stir dari belakang... apalagi zaman itu... lebih gila lagi... terang2an si mbah xinthink itu menyerupai hitler, seperti daendles, dan keras bagai putin.... gak kebayang zaman dulu yak... zaman skrg pun sama aja sih emoticon-Smilie cmn lebih alus aja
Ya intinya kekuasaan.
Sum Kuning, Marsinah, Widji Tukul, smpe Munir dan masih bnyak lagi yg belum terungkap dan bahkan tak kan bs diungkap.
Suatu saat ketika para pembunuhnya udah tua semua, dah saatnya tobat mungkin mulai ada yang buka suara. Saat itu akan muncul film
Menolak lupa...
Enak toh jamanku...
enak to jamanku....
Kebenaran hrs di ungkap walaupun pait
semoga kebenaran nya akan terungkap dan tidak akan ada lagi marsinah-marsinah lain nya.. emoticon-norose emoticon-norose
Mengerikan memang jaman dulu. Kasus marsinah tak ada habisnya. Soalnya pelakunya belom ditemukan maupun dibebaskan. Rasa keadilan di Indonesia kurang sangat nih
krayz sih Mahkamah Agung memvonis bahwa kesembilan orang terdakwa tidak terbukti melakukan perencanaan dan menghilangkan nyawa Marsinah, dan membebaskan mereka semuanya.
Dan masih banyak aja orang denial kalau aparat sini atau negara ga mungkin buat salah emoticon-linuxemoticon-linux
#menolaklupa
Kalo dibayangin sih gila itu penyiksaannya model gimana ya, sayang banget pelakunya sampe sekarang ngga diketahui ya
Halaman 3 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di