CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Polri: Mata Munarman Ditutup, Sesuai SOP Tangkap Tersangka Teroris
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608901b1d4b6d26427761194/polri-mata-munarman-ditutup-sesuai-sop-tangkap-tersangka-teroris

Polri: Mata Munarman Ditutup, Sesuai SOP Tangkap Tersangka Teroris

Polri: Mata Munarman Ditutup, Sesuai SOP Tangkap Tersangka Teroris Tiba di Polda Metro, Munarman ditutup matanya (Yogi/detikcom)

Jakarta -Mata mantan Sekretaris Umum (Sekum) Front Pembela Islam (FPI) Munarman ditutup dengan kain hitam dan tangannya diborgol saat dibawa polisi ke Polda Metro Jaya tadi malam.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan memberikan penjelasan."Ada dua hal yang perlu saya jelasin. Pertama, Munarman waktu ditangkap statusnya sebagai tersangka. Kedua, matanya ditutup, itu standar penangkapan terhadap tersangka teroris yang ditangkap," ujar Ramadhan saat dihubungi detikcom, Rabu (28/4/2021).

"Dengan pertimbangan kejahatan teror adalah kejahatan terorganisir yang jaringannya luas. Penangkapan satu jaringan akan membuka jaringan-jaringan yang lainnya," sambungnya.

Selain itu, Ramadhan mengungkapkan bahaya dari kelompok teror yang ada di sekeliling si tersangka teroris. Maka dari itu, mata Munarman ditutup supaya tidak bisa mengenali identitas petugas yang menangkapnya.

"Pertimbangan kedua, sifat bahaya dari kelompok teror yang bisa berujung pada ancaman jiwa petugas lapangan. Maka, untuk mengamankan jiwa petugas lapangan, standarnya, baik yang ditangkap maupun yang menangkap ditutup wajahnya. Supaya tersangka tidak bisa mengenali wajah petugas, sehingga identitas petugas terlindungi. Ini perlindungan terhadap petugas yang menangani kasus terorisme," papar Ramadhan.

Ramadhan membeberkan penutupan mata terhadap tersangka teroris sudah menjadi standar penanganan internasional. Di negara mana pun, lanjut dia, tersangka teroris pasti diperlakukan seperti itu.

"Ini standar penanganan internasional. Di negara mana pun penangkapan tersangka teroris seperti itu. Diberlakukan standar internasional untuk penanganan terorisme," terangnya.

Dengan demikian, Ramadhan menyebut, baik petugas maupun tersangka harus ditutup wajah maupun matanya. Ramadhan menegaskan pihaknya selalu menerapkan asas persamaan di mata hukum, termasuk kepada Munarman.

"Petugas ditutup wajahnya, yang ditangkap ditutup matanya. Dan semua tersangka terorisme, diperlakukan sama. Kita menerapkan asas persamaan di mata hukum," imbuh Ramadhan.

Diketahui, mata eks Sekum FPI Munarman ditutup dan tangannya diborgol saat dibawa polisi ke Polda Metro Jaya. Pengacara Munarman menyebut tindakan polisi melanggar hak asasi manusia (HAM).

"Ya itu tadi. Itu juga melanggar ketentuan kan, ketentuan HAM seperti itu kan. Ditutup matanya, ditekan seperti itu. Itu yang kita sangat sesalkan," kata pengacara Munarman, Aziz Yanuar, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jalan Dr Sumarno, Cakung, Rabu (28/4).

Aziz menyesalkan perlakuan polisi terhadap Munarman saat ditangkap di kediamannya di Tangerang Selatan hingga ke Polda Metro Jaya. Dia belum mengetahui alasan polisi menutup mata Munarman.
"Belum tahu. Kita kan belum ada komunikasi lebih lanjut terkait hal tersebut," ujar Aziz.

SUMBER


Udah sesuai SOP penanganan tersangka teroris d seluruh dunia.. emoticon-Malu (S)

Yah.. ga bakal menang praperadilan dong.. emoticon-Berduka (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siapika dan 81 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
Halaman 1 dari 7
Polri: Mata Munarman Ditutup, Sesuai SOP Tangkap Tersangka Teroris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zenzeiokta dan 86 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Ciluk baaaaa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan 7 lainnya memberi reputasi
Aziz menyesalkan perlakuan polisi terhadap Munarman saat ditangkap di kediamannya di Tangerang Selatan hingga ke Polda Metro Jaya. Dia belum mengetahui alasan polisi menutup mata Munarman.
"Belum tahu. Kita kan belum ada komunikasi lebih lanjut terkait hal tersebut," ujar Aziz.


Perasaan sebagai seorang pengacara si Aziz ini banyak gak taunya dah emoticon-Ngakak


profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 31 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Polri: Mata Munarman Ditutup, Sesuai SOP Tangkap Tersangka Teroris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 32 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 23 lainnya memberi reputasi
Klo maw nangkap munarmpret yak gak kek gt jg kaleee emoticon-DP
Dya lari apa kagak jadi buron ?
Yg biasa ajalah ndak perlu ekstra kek gt, nangkap org 2 saja cukup.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
parydis dan 49 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
hukumannya di siram teh manis anget sejumlah penduduk indonesia

karena waktu dia nyiram teh , disaksikan jutaan rakyat indonesia bahkan video nya sampe viral


emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Koq aneh ya, munaroh ditutup matanya supaya gak bisa lihat wajah petugas, tapi disana banyak wartawan foto foto, tinggal liat koran aja ntar langsung keliatan petugasnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyantaiwaelah dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh balado.jengkol
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
wih Gojo Satoru.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
morone dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
jangankan tutup mata, ditelanjangin sambil digotong juga ane rela emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 28 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Sebenernya supaya doi ga bisa mengarahkan pengendalian airnya ke petugas emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 18 lainnya memberi reputasi
Biar kalo liat sendal nganggur nanti mau alesan pake sendal

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 18 lainnya memberi reputasi
typikal aparat zimbagwe ya kaya gini..... ma kong pada ngibrit.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
backon dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bagi kadrun, silahken mewek dengan tertib

Mewek di mulai emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 13 lainnya memberi reputasi
udah gitu aja?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan 3 lainnya memberi reputasi
saran nih pak polisi
nanti kalo nangkep si nopel bamukmin yang ditutup mulutnya aja
takutnya nanti pak polisi cidera


emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zenzeiokta dan 32 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Ga sekalian dikasih hadiah yg biasanya teroris mau ?

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan 4 lainnya memberi reputasi
Polri: Mata Munarman Ditutup, Sesuai SOP Tangkap Tersangka Teroris
Polri: Mata Munarman Ditutup, Sesuai SOP Tangkap Tersangka Teroris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 50 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Wah rame
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan valkyr9 memberi reputasi
Matanya ditutup kirain munarmen lg ulang taun trus polkis mo ngasih kejutan ke doi biar dramatis

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
backon dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh novran86ers
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di