Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

syududududuuAvatar border
TS
syududududuu
5 Limbah Dapur yang Bisa Suburkan Tanamanmu!
5 Limbah Dapur yang Bisa Suburkan Tanamanmu!

Bagi kalian pecinta tanaman pasti tau kan betapa menyenangkannya merawat tanaman. Yap! Melihat perkembangan tanaman dari kecil hingga tumbuh besar dan tumbuh tunas baru. Nah, untuk bisa memiliki tanaman yang subur, kamu harus merawatnya dengan telaten ya, mulai dari memerhatikan kebutuhan air, nutrisi, hingga kebutuhan cahaya mataharinya.

Salah satu hal yang wajib kalian lakukan agar tanamanmu tumbuh subur adalah pemberian pupuk. Yap! Pasalnya, pupuk mengandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman sehingga membuat tanaman menjadi lebih subur dan tahan lama. Oh iya, pupuk yang bisa kamu gunakan tak melulu harus beli di tukang kebun loh, kalian juga bisa kok menjadikan limbah-limbah dapur menjadi pupuk andalanmu.



Ampas Teh

5 Limbah Dapur yang Bisa Suburkan Tanamanmu!

Agan Sista pasti pernah kan membuat kopi? Nah, setelah kamu menyeduhnya, biasanya kamu apakan ampas tehnya? Jika kamu memiliki tanaman di rumah, lebih baik ampas tehnya jangan langsung dibuang, karena ampas teh tersebut bisa kamu jadikan pupuk alami karena mengandung karbon organik cuprum atau tembaga, magensium, dan kalsium yang bisa mendorong pertumbuhan akar, batang, dan daun tanaman.


Ampas Kopi

5 Limbah Dapur yang Bisa Suburkan Tanamanmu!

Selain ampas teh, ampas kopi juga bermanfaat untuk tanamanmu loh. Kandungan unsur hara fosfor, kalium magnesium, dan tembaga yang ada dalam ampas kopi tersebut dapat memberikan manfaat baik bagi pertumbuhan tanamanmu. Di antaranya adalah bisa mencegah pertumbuhan jamur patogen pada tanaman.


Ampas Kelapa

5 Limbah Dapur yang Bisa Suburkan Tanamanmu!

Siapa nih yang suka masak masakan ber-santan? Nah, kalau kalian suka menggunakan santan dari parutan kelapa tua, kalian jangan langsung membuang ampas kelapanya ya. Pasalnya, ampas kelapa tersebut mengandung protein kasar dan lemak kasar yang dapat menyuburkan tanaman.


Cangkang Telur

5 Limbah Dapur yang Bisa Suburkan Tanamanmu!

Cangkang telur ternyata mengandung kalsium loh. Kandungan kalsium ini sangatlah dibutuhkan oleh tanaman, GanSis. Selain itu juga, cangkang telur juga dapat mengusir hama bekicot. Jadi, untuk kamu yang ingin memanfaatkan cangkang telur, kamu bisa menumbuknya sampai halus dan menaburkannya di sektar tanaman mu.


Kulit Bawang

5 Limbah Dapur yang Bisa Suburkan Tanamanmu!

Selain kulit telur alias cangkang telur, kulit bawang juga bisa kamu manfaatkan untuk menyuburkan tanamanmu. Kulit bawang merah mengandung unsur hara kalium fosfor magensium dan ferum atau zat besi. Kandungan ini penting untuk pertumbuhan tanaman. Jadi, saat kamu mengupas bawang, jangan dibuang ya, lebih baik kamu kumpulkan untuk dijadikan pupuk.



SUMBER
Diubah oleh kaskus.infoforum 05-04-2021 07:55
adyoven
wesly771
fajrie.1809
fajrie.1809 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.4K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan