CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anggaran Capai Rp136,99 Triliun, PB HMI Nilai Menhan Gagal Modernisasi Alutsista
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6086b4b46f0a29235006b152/anggaran-capai-rp13699-triliun-pb-hmi-nilai-menhan-gagal-modernisasi-alutsista

Anggaran Capai Rp136,99 Triliun, PB HMI Nilai Menhan Gagal Modernisasi Alutsista

JAKARTA - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menyoroti pengunaan anggaran terbesar di Kementerian Pertahanan yang mencapai Rp136,99 triliun pada 2021 tidak dimaksimalkan untuk memodernisasi alutsista TNI.

Akhirnya, Indonesia kembali berduka dengan tragedi tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 milik TNI Angkatan Laut di perairan bagian utara laut Bali. Nyawa 53 ABK dan anggota TNI AL jadi taruhannya.

Tentunya kecelakaan ini memberikan duka dan kesedihan yang mendalam kepada seluruh rakyat Indonesia dan keluarga korban.

Ketua Umum PB HMI Affandi Ismail menyatakan kualitas alutsista yang dimiliki oleh Indonesia perlu mendapatkan perhatian serius oleh pemerintah, khususnya Kementerian Pertahanan.

“Kualitas alutsista yang sudah tua dipaksakan untuk beroperasi maka akan fatal akibatnya,” ujar Affandi Ismail dalam rilisnya, Sabtu (24/4/2021).

Abubakar selaku Ketua Komisi Pertahanan dan Keamanan Nasional PB HMI juga angkat bicara. Ia menyoroti soal pengunaan anggaran terbesar kedua dari seluruh kementerian yang ada.

Menurutnya, Prabowo Subianto selaku orang yang paling bertanggung jawab di Kementerian Pertahanan dianggap gagal dan harus dievaluasi.

“Menteri pertahanan telah gagal mengelola anggaran sebesar itu, sehingga perlu dievalusi oleh publik karena gagal membangun alutsista modern dengan anggaran yang cukup signifikan itu,” ujar Abubakar.

PB HMI mendesak DPR RI untuk aktif mengawasi anggaran di kementerian lebih khusus. Komisi I DPR RI dianggap harus lebih fokus pada kerja pengawasan penggunaan anggaran peningkatan kualitas alutsista.

Selanjutnya, PB HMI juga menyampaikan ucapan dan rasa belasungkawa yang mendalam kepada keluarga korban yang ditinggalkan.

Melalui Ketua Umum, Affandi Ismail, PB HMI berharap, proses evakuasi bisa berjalan dengan lancar dan semoga selalu ada keajaiban dari Allah SWT sehingga ABK dan anggota TNI AL di dalam kapal selam tersebut masih bisa diselamatkan.

“Adapun bila Tuhan berkehendak lain maka negara berkewajiban untuk memberikan penghargaan tanda jasa kepada para korban karena mereka semua adalah abdi negara yang bertugas demi mempertahankan keamanan bangsa dan negara Indonesia,” tukas Affandi.

https://detiksultra.com/kendari/angg...alutsista/amp/

Update Anggaran Pertahanan di berbagai negara:

1. Indonesia: 136 Triliun

2. China: 2.992 Triliun

3. Amerika Serikat: 12.000 Triliun, belum termasuk riset yg totalnya mencapai 27.000 Triliun

4. Singapura: 163 Triliun

5. Jepang: 728 Triliun

6. Korea Selatan: 580 Triliun

7. Rusia: 1.010 Triliun
Diubah oleh KS06
Udah dikorup dari menhan2 sebelumnya tong..prawowo sih cuman dapat ampas2nya aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masfuad2015 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


komisi hankam, mantulll

pengalaman di kamling mana? kamling yang biasa narik langganan parkir 200rb sebulan?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan lpdp memberi reputasi
Indonesia ga bisa di bandingkan dgn negara2 kaya.. penghasilan rakyatnya aja brp
profile-picture
profile-picture
profile-picture
steven.thereds dan 2 lainnya memberi reputasi
Untung aja Menhan nya Prabowo, jadi dengan adanya kejadian tenggelamnya Nanggala 402 yang jadi sasaran hujat Prabowo, liat aja kolom komentar di akun sosmednya Prabowo, coba kalau ngak, sasaran nya ya ke Jokowi.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan lpdp memberi reputasi
wkwkw bijimane nih loreng masa dikatain begini sama khilafah

komen dari GAM sama OPM menyusul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Anggaran 136 trilyun lngsng d abisin buat gaji sama operasional TNI doang. mirip ky Anies Baswedan , anggaran 80 trilyun/ tahun tp jakarta selama 3 tahun baru nambah 1 underpass d Senen, dan 3 flyover d Cakung , Lenteng agung dan Poltangan....
klo d inventarisasi yg d kerjain paling cuma 1 TRILYUN doangm sisanya d bagi2 ke birokratnya
emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh smogal
Rp136,99 triliun...itukan bukan semata-mata buat belanja alutsista aja. Biaya perawatan, gaji pengawai, bayar hutang (iya TNI juga punya hutang sperti kepada Pertamina), biaya pelatihan dll.

Lagian beli alutsista itu bukan kayak beli mobil. Lu tinggal masuk showroom, trus tunjuk mana yg lu mau trus datang. Belom lagi kudu harus ngelatih prajurit yg akan make tuh alutsista(ini juga perlu biaya). Blom ngomongin pembelian sparepart yg bisa nyampe 25% dari nilai alutsista yg dibeli.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
steven.thereds dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Mistaravim
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Dikira duit segitu bisa beli kapal selam, lalu sebulan kapal selamnya dikirim?
Untuk pengadaan pesawat tempur saja duit segitu belum tentu cukup, masih perlu untuk yang lain-lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
136 triliun cuma se upil saja.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan lpdp memberi reputasi
Rakyatnya makan masih susah, masih ada yg gajinya 1 jutaan
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan lpdp memberi reputasi
dikiranya alutsista murah?
belom SDM & sparepartnya emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan lpdp memberi reputasi
pb hmi sok sokan care about dana for modernisasi alutsista. but kasus police dibakar hidup hidup in cianjur (2019) saat kawal demo mahasiswa, pb hmi lepas tanggungjawab
profile-picture
lpdp memberi reputasi
mending mikirin hutang ke saudi perorangnya 100 juta daripada masuk oven abadi di akhirat bayangin biayanya sekeluarga.
profile-picture
lpdp memberi reputasi
sebenernya klo indon gak mabok agama sangat murah namun indon mabok agama bayar upeti sorga itu luar biasa mahalnya jauh lebih mahal dari alutsista jadi jangan berharap dan denial dari fakta tak terbantahkan itu
profile-picture
profile-picture
lpdp dan skiesman memberi reputasi
Diubah oleh slider88
Ealah teriak teriak tp ga paham... Dasar bocah..
profile-picture
lpdp memberi reputasi
coba mahasiswa islam ini demo utk membubarkan kementrian agama islam berani gak. itu kementrian gak guna yg menyerap anggaran cukup besar. dana utk kementrian itu bs dialihkan utk beli alutsista
profile-picture
profile-picture
slider88 dan lpdp memberi reputasi
Kalo kaya gini ntar dibilangnya ‘emangnya beli alutsista kaya beli Kacang’... lah terus gak beli beli dong, anggaran abis cuma buat gaji operasional doang...

Dulu waktu beli Helikopter Kepresidenan tuh bisa lolos juga, habis beberapa ratus milyar tapi gak kepake, padahal president dah bilang gak mau, tapi dengan mudahnya kebeli juga kan...
profile-picture
lpdp memberi reputasi
Masalahnya itu anggaran larinya banyakan ke mana emoticon-Embarrassment

Apakah laut, udara atau darat emoticon-Embarrassment
profile-picture
lpdp memberi reputasi
Quote:


Anggaran TNI itu cuma kelihatannya besar, tapi mayoritas habis untuk gaji , biaya operasional anggota TNI, apalagi jumlah pamen dan pati di TNI sangat besar dan banyak yang menganggur, jadi cuma sedikit yang bisa digunakan untuk memperbaharui persenjataan
profile-picture
lpdp memberi reputasi
139 T doank untuk negara sebasar indonesia ? Kecil amat


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di