CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Beberapa Tradisi Ramadhan yang Masih Dilakukan di Daerah Ane
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6081228b562944408321d438/beberapa-tradisi-ramadhan-yang-masih-dilakukan-di-daerah-ane

Beberapa Tradisi Ramadhan yang Masih Dilakukan di Daerah Ane

Beberapa Tradisi Ramadhan yang Masih Dilakukan di Daerah Ane
Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat datang di thread ane
Marhaban Yaa Ramadhan
#Ramadhan Berkah


Hiruk pikuk suasana ramadhan telah begitu terasa menjelang dan saat bulan Ramadhan Berkah itu datang. Segala tradisi disiapkan masyarakat di daerah ane untuk menyambut bulan ramadhan penuh barokah tersebut.

Masyarakat di daerah ane masih begitu kental mengusung tradisi saat bulan penuh berkah itu datang. Masyarakat yang mayoritas muslim di daerah ane, menyambut bulan ramadhan penuh dengan suka cita.

Berikut tradisi di daerah ane yang sampai sekarang masih terjaga dan lestari hingga sekarang. Yuk cekidot!

1. Kirim doa kepada leluhur atau orang yang telah meninggal dunia terlebih dahulu

Di daerah tempat tinggal ane yang ikut masuk wilayah kabupaten Gresik, mengirim doa kepada arwah leluhur disebut arowa-arowa yang berasal dari kata arwah. Pada acara arowa-arowa ini, masyarakat dari usia dewasa hingga anak-anak akan berbondong-bondong menuju masjid, mushola atau langgar terdekat sehari menjelang bulan ramadhan tiba. Masing-masing dari mereka yang dewasa membawa nampan berisi antara lain: sepiring nasi berikut lauk pauk, mie instan, makanan dan minuman ringan, jajanan tradisional(lepet, apem, rengginang dan dodol). Sedangkan anak-anak biasanya membawa baskom kecil berisi nasi beserta lauk pauk berupa telur rebus atau sepotong lauk ayam, snack dan minuman ringan.

Jika nampan yang dibawa orang-orang dewasa diletakkan di depan tempat duduknya masing-masing, lain lagi yang dibawa anak-anak dikumpulkan menjadi satu. Setelah doa bersama yang dipimpin seorang kyai atau ustadz setempat, nampan milik orang-orang dewasa dibawa pulang kembali. Sedangkan milik anak-anak diadakan saling tukar makanan dengan sesama anak lainnya.

Tradisi kirim doa kepada leluhur ini tidak hanya dilakukan saat menjelang bulan ramadhan saja, pada menjelang hari raya idul fitri dan idul adha, malam nifsyu sya'ban pun juga dilakukan di daerah ane ini.

Spoiler for :


2. Lalar sahur atau membangunkan sahur

Spoiler for :


Saat ramadhan, jika tinggal di daerah ane tidak perlu takut untuk terlambat sahur. Remaja dan anak-anak akan keliling kampung dengan membawa peralatan seperti kentongan, bedug kecil dan alat musik seadanya. Mereka akan berkeliling, memanggil-manggil salah satu orang yang berada di dalam rumah hingga terdengar sahutan. Kegiatan lalar sahur/ membangunkan sahur ini masih berlangsung hingga kini.

3. Nyare malem

Spoiler for :


Versi ngabuburit ala masyarakat daerah ane adalah nyare malem yaitu kegiatan keluar rumah sekedar menunggu maghrib tiba atau mencari menu takjil. Jika dulu hanya sekedar menunggu waktu buka puasa tiba, kemudian bergegas pulang ke rumah masing-masing. Bahkan, sekarang ada yang sekalian buka puasa di luar. Masyarakat daerah ane yang kebetulan tinggal di pulau Bawean lebih memilih nongkrong di tepi pantai atau dermaga untuk menunggu waktu menjelang buka puasa tiba.

4. Menyalakan Bong-bong/ mercon tradisional menjelang berbuka puasa

Selain sebagian masyarakat lebih memilih nyare malam dengan berkendara dan nongkrong, sebagian masyarakat yang lain terutama anak-anak dan remaja ada yang memilih menyalakan bong-bong alias mercon tradisional yang terbuat dari bambu. Kegiatan ini dilakukan menjelang buka puasa tiba.

Spoiler for :


5. Duduk di Dhurung menjelang buka puasa

Spoiler for :


Rasa kekerabatan masyarakat di daerah ane masih terjaga kental hingga kini. Antar tetangga dekat, biasanya akan berkumpul dan duduk bersama di dhurung menjelang buka puasa. Mereka akan mendengarkan tausyiah yang diputar di masjid utama sekalian menyiapkan menu makanan untuk berbuka puasa bersama. Dhurung adalah bangunan serupa gazebo yang terbuat dari kayu terletak di halaman rumah.

6. Seni kercengan usai sholat tarawih

Usai shalat tarawih, para pemuda Bawean biasanya akan melakukan pertunjukan kercengan di masjid-masjid. Kercengan adalah pertunjukan musik yang dilantunkan dengan alat musik berupa kendang dan rebana. Musik tersebut akan mengiringi lantunan sholawat yang disenandungkan oleh sejumlah jemaah.

Nah, di atas adalah beberapa tradisi saat bulan Ramadan Berkah tiba di daerah ane, yaitu Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Bagaimana tradisi saat bulan ramadhan di daerah, Agan dan Sista?

Cukup sekian thread ane kali ini tentang tradisi ramadhan di daerah ane.

Terima kasih
Sampai jumpa lagi
Selamat menjalankan ibadah puasa
Wassalam
#Ramadan Berkah


Sumber: Opini pribadi
Gambar: Dokpri dan link sumber tercantum.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh abahaquarius
Pejwan
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan suciasdhan memberi reputasi
Tradisi ramadhan di daerah ane
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan suciasdhan memberi reputasi
Masih dilakukan hingga sekarang
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan suciasdhan memberi reputasi
Hampir sama sih sama di daerah Tuban atau Ngawi
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan abahaquarius memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Beberapa samaan kayak di desaku, Sist. Masih ada tradisi Ambengan juga. Petasan bambu/mercon bumbung. Aku paling gak suka yang ini nih, mainnya di sawah deket rumah soalnya, mana suaranya nyaring banget. Aduhay 🙈
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan abahaquarius memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantul nih. Jadi pengen ke sana
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan abahaquarius memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ini daerah mana gan ? emoticon-Bingung (S)


Yg umum cari takjil di masjid ga da ya emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan abahaquarius memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Banyak juga ternyata ya
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan abahaquarius memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Selalu pengen nyoba mercon yang dari bambu karena lihat si Bolang tapi sekarang udah gede 😂
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan abahaquarius memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
klo tempat ane nyalain mercon udah auto ditangkap
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan abahaquarius memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
30 tahun tinggal di gresik, tapi sampe sekarang belum keturutan main ke bawean 😖
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan abahaquarius memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah, banyak juga ya, tradisinya
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan abahaquarius memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo di daerah ane sih anak anak yg nyalain mercon juga masih ada gan, tapi sering dimarahin karena berisik emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan abahaquarius memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hampir sama ternyata
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan abahaquarius memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sama acaranya beda sebutannya
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan abahaquarius memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tradisi yang harus dilestarikan.
profile-picture
abahaquarius memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Emang ramadan itu vibesnya beda ya hari-hari, rasanya beda dari bulan-bulan yang lainnya
profile-picture
abahaquarius memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Unik juga ya gan di daerah ente, banyak tradisinya, kalo di daerah ane kayanya cuma nomor satu doang
profile-picture
abahaquarius memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah di pulau bawean ya gan ,dari dulu pengen ke sana tapi belom jadi2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di