abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Menyambut dan Meriahkan Bulan Suci Ramadhan, Warga Desa Ane Lakukan Budaya Megengan!


Assalamualaikum GanSis. Alhamdulillah ya kita semua telah sampai dan dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan 1442 H/2021. Bulan yang dinanti-nantikan oleh semua umat muslim. Dimana bulan yang penuh berkah dan segala kebaikan mendapat pahala yang dilipatgandakan.


Source Image

Selain pahala yang dilipatgandakan, kita masyarakat indonesia mendapat keuntungan dari meriahnya #RamadhanBerkahini. Salah satunya mendapatkan makanan yang melimpah dan gratis dari beberapa acara budaya yang ada di negeri kita.

Seperti salah satu budaya menyambut bulan suci ramadhan yang ada di daerah ane ini gan yaitu Megengan. Udah pada pernah dengar? Kalau belum ane jelasin nih disini mumpung pas momennya bulan ramadhan dan ada event kreator.

Tapi sebelumnya ane perlu jelasin, desa tempat tinggal ane namanya Sumber Rejo, kabupaten barito timur provinsi kalimantan tengah. karena desa ane terletak di kalimantan tengah, Namun mayoritas penduduknya pindahan dari jawa timur, maka adat dan budaya nya masih melekat orang jawa timuran.

Bahkan budaya seperti megengan masih melekat dan dibawa ke tanah perantauan ini GanSis. Tanpa mengabaikan tanah tempat mereka berpijak, budaya tempat kelahiran mereka gak dilupakan lho GanSis. Nah sekarang ane jelasin apa itu megengan.


Source Image

Megengan adalah tradisi yang dilakukan sebagian besar suku jawa, khususnya jawa timur. Dimana megengan adalah kegiatan memakan kue apem sebagai bentuk menyucikan diri.

Kenapa apem? Karena apem ini mirip dengan pelafalan kata ‘afwan’ dari Arab yang mempunyai arti maaf. Selain memakan kue apem warga juga melakukan tahlilan untuk mendoakan mendiang saudara yang terlebih dahulu pergi.


Source Image

Kue apem ini di buat langsung oleh masyarakat jawa dan dibawa ke masjid atau musholla tempat mereka tinggal, untuk kemudian sama-sama membaca doa syukuran pada saat malam pertama bulan ramadhan, dan diakhiri dengan makan apem bersama.

Tidak hanya apem lho GanSis, biasanya mereka juga membawa makanan lainnya seperti nasi tumpeng, ayam panggang, dan aneka lauk dan sayuran hasil kebun masyarakat. Pokoknya dijamin meriah dan kenyang deh kalau ikut megengan ini. Apalagi yang suka makan gratis dijamin terpuaskan deh hehe.

Makna dari budaya megengan ini yaitu bersyukur kepada Allah atas kesempatan bertemu bulan suci ramadhan, dan rezeki yang melimpah diterima menjelang bulan itu. Dengan cara inilah mereka merayakan dan memeriahkannya.


Source Image

Di bulan suci ramadhan yang penuh berkah ini, yuk bagi saudara muslim dan muslimah kita tingkatkan ibadah dan perbanyak kebaikan. Juga temukan thread menarik seputar ramadhan lainnya di The Lounge.

So segitu dulu thread ane tentang budaya megengan menyambut bulan suci ramadhan. Kalau daerah agan dan sista apa namanya?
Semoga bermanfaat.
Jumpa next thread.

Sumber: Opini pribadi
Referensi: Klikdan Pengalaman pribadi
@abdulqadirz©2021
Diubah oleh abdulqadirz 15-04-2021 09:28
c4punk1950...
Rainbow555
iissuwandi
iissuwandi dan 4 lainnya memberi reputasi
5
847
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan