dewismangulo95Avatar border
TS
dewismangulo95
6 Ilmuwan Dari Indonesia Yang Mendunia
Saat pertama kita masuk sekolah banyak dijelaskan penemu-penemu yang ada di dunia misalnya Alexander Graham Bell, Thomas Alva Edison, James Watt, Albert Einstein, dan masih banyak lagi. Sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, maka tidak sedikit juga alat-alat teknologi yang ditemukan.


Tetapi meskipun banyak penemu yang kita ketahui, namun tahu nggak kalo dari Indonesia juga bayak lho. 
Di bawah ini saya akan bagikan untuk kita semua, yuk dibawa sampai selesai ya.

1. Dr. rer.nat Muhammad Nurhuda


Seorang laki-laki yang berprofesi dosen Fakultas MIPA dari Universitas Brawijaya Malang ini adalah sudah berhasil menciptakan kompor yang ramah lingkungan. Kompor yang di temukan oleh Muhammad Nurhuda telah mendunia dan telah ditetapkan oleh WHO karena limbah kompor ini dibawah batas minimum.
Beliau juga pernah menerima penghargaan Energi Prakarsa dari Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada tahun 2011 lalu.

2. B. J. Habibie

Beliau merupakan salah satu Presiden Republik Indonesia dan sebagai penemu pesawat terbang yang dulunya pernah menempuh pendidikan Universitas di ITB (Institut Teknolongi Bandung.
B. J. Habibie lahir di Pare-pare Sulawesi Selatan 25 Juni 1936 dan meninggal pada tahun 11 September 2019.

3. Prof. Dr. Khoirul Anwar

Handphone adalah salah satu seluler genggam yang banyak digunakan di Indonesia dan terdapat beberapa jenis jaringan contohnya 2G, 3G, dan 4G. Jaringan broadband atau 4G merupakan hasil temuan dari Khoirul Anwar. Beliau merupakan peneliti terbaik di Jepang asal Indonesia.

4. Randal Hartolaksono

Beliau adalah orang yang menciptakan bahan anti panas dan anti api dari kulit singkong yang pernah kuliah di University Of London. Atas penemuan beliau sangat dihargai oleh perusaan dunia otomotif luar seperti Ford dan Petronas.

5. Dr. Warsito P. Taruno

Penemu alat pembuluh sel kanker adalah orang asal Indonesia, yaitu D. Warsito P. Taruno. Beliau adalah lulusan asal Shizuoka University. Ia merupakan salah satu peneliti kelas dunia yang berasal dari Indonesia dan juga menyimpan banyak kisah inspiratif.

6. Yogi Ahmad Erlangga

Perusahaan minyak dunia sekaliber Shell tertarik dengan temuan Yogi Ahmad Erlangga. Rusuman yang diciptakannya adalah bisa menyelesaikan masalah perminyakan. Beliau merupakan dokter matematika  lulusan Delft University Of Technology di Belanda.

Nah, itulah beberapa penemu terkenal di dunia asal Indonesia. Dengan teknologi zaman dulu yang masih terbatas para beliau dapat mewujudkannya dan harusnya dengan perkembangan teknologi zaman sekarang maka Indonesia akan lebih maju lagi.
 


Penulis : Dewisman Gulo



Sumber : koranranto
Diubah oleh dewismangulo95 12-01-2022 06:41
ushirota
BahomeD
BahomeD dan ushirota memberi reputasi
2
1.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan