CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Karya Semaknin Bagus, Pembajakan Semakin Merajalela!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606fc048527c217c436a2651/karya-semaknin-bagus-pembajakan-semakin-merajalela

Karya Semakin Bagus, Pembajakan Semakin Merajalela!

Apa jadinya jika Agan dan Sista sudah susah-susah membuat karya tetapi malah dibajak atau diplagiat oleh orang lain? Tentunya kita akan merasa kesal dan ingin menuntut orang itu karena dengan mudahnya mencuri karya yang kita buat dengan susah payah.

Kasus pencurian karya ini semakin marak terjadi tidak hanya di kalangan seniman tetapi perusahaan-perusahaan yang ingin meraup keuntungan secara percuma tanpa mempekrjakan si pemilik karya.

Gansis pasti sudah tidak asing atau bahkan sering mendengar kata plagiarisme dan pembajakan. Kedua kata ini memiliki makna yang hampir sama tetapi plagiarisme dilakukan secara perorangan sedangkan pembajakan dilakukan oleh sebuah badan yang lebih besar, seperti perusahaan atau badan hukum.

Di Indonesia sendiri sering terjadi kasus pencurian ini, khususnya terjadi pada ilustrator komik. Hal tersebut terjadi karena masih banyak orang yang belum mengerti atau teredukasi mengenai plagiarisme dan pembajakan. Yuk langsung aja kita simak masalah pembajakan ini dan cara mengatasinya agar Agan dan Sista bisa lebih berhati-hati di podcast Talk 2 Talk!

Karya Semaknin Bagus, Pembajakan Semakin Merajalela!




profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.podcast
Halaman 1 dari 2
Biasa itu gan
Pembajak ada di mana2...
Karya Semaknin Bagus, Pembajakan Semakin Merajalela!
Karya Semaknin Bagus, Pembajakan Semakin Merajalela!
Semakin canggih jaman.
Sesuatu semakin mudah digandakan min emoticon-Smilie
profile-picture
kris.wahyu2309 memberi reputasi
Bener bngt tuhh
Lukisan banyak replikanya
Ane bukan pembajak.





(Cm salah satu penikmat apa aja yg gratisan)
Yups,bner bgt tuh kak
Jadikan NFT aja, jual sebagai aset digital..
Kalau plagiat, susah ngilanginnya. Tapi dari beberapa kasus plagiat, ada yang hanya cuma untuk naikin pamor aja. Tahun kemarin misalnya di fb, kirain beneran cerbungnya kena bajak. Ehhh ternyata yang bajakin akun kloningan dia 🤣 taulah ya, promosi terselubung.
profile-picture
kris.wahyu2309 memberi reputasi
indonesia terkenal bajakannya, beli film bajakan, sinet*on bajakan juga ceritanya
kasian gaji UMR kalau tak ada barang bajakanemoticon-Traveller
Pembajakan ada dimana2 gak melulu masalah lagu. Software bajakan di indo banyak.
Tentu dibidang seni yg lain jg bnyak. Macam design entah itu logo, poster, illustrasi, font, dll.

Ada kasus di sebuah art marketplace gtulah orang Indonesia tuh sampe di blacklist. Kalo udah sampe kaya gt yg rugi yaa contributor orang2 indo lain yg bener2 niat bikin artwork.

sebenarnya kan undang2 nya jg udah ada tp gak diterapin.
Atau mungkin jg bisa pencipta/designernya terlalu cuek dan mls ngurus2 yg berhubungan dgn birokrasi dan tetekbengeknya
profile-picture
profile-picture
kris.wahyu2309 dan kaskus.podcast memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bagus nih buat topik soal pembajakan dan plagiarisme. Kalau bisa, selalu report atau laporkan jikalau ada karya-karya yang dicuri.

Lalu juga untuk para kreator, jangan sering upload" karya ke sosmed jikalau gak penting. Mohon ditahan, karena ketika kalian sudah upload karya ke internet, sulit untuk dijaga hak ciptanya. (meskipun masih bisa)

Lalu juga, buat para kreator yang lebih ingin menjaga karyanya, bisa mengurus hak ciptanya secara resmi
Ayo dukung karya anak bangsa
Tolong beli di tempat resmi
Jangan Lakukan pembajakan
profile-picture
kaskus.podcast memberi reputasi
Yang berprofesi sebagai digital artist. Komikus, illustrator, desainer, dll harus hati hati. Takutnya ada karya yang dicolong terus dijadiin NFT sama maling yang punya modal gede.

Tempelin watermark tebel di area yang sulit di clone stamp photoshop.
profile-picture
kaskus.podcast memberi reputasi
Sudah merajalela, bingung cara mengatasinya emoticon-Frown
Temen ane suka jiplak gambar orang, delusional abis. Mau ane ingetin tapi orangnya bebal
makanya itu harga jasa di mari jadi murah bingit gan
baru tau komik dibajak... emoticon-Hammer2
emoticon-Wow Sudah dari dahulu kala orang +62 sudah membajak.................. sawah ngab emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di