gaygeneAvatar border
TS
gaygene
Soal Kristen, Yahya Waloni Sentil Kiai Nasional: Innalillahi Ustaz Kaliber
Soal Kristen, Yahya Waloni Sentil Kiai Nasional: Innalillahi Ustaz Kaliber, Kalau Gak Tahu Jangan Ngomong!





Terkini.id, Jakarta – Kerap kontroversial dengan ceramah-ceramahnya, kali ini pendakwah Yahya Waloni menyentil seorang kiai nasional.

Adapun sentilannya itu terkait agama Kristen di mana Yahya Waloni mengatakan bahwa agama Kristen bukanlah agama samawi, tetapi agama filsafat.

“Agama Kristen itu agama filsafat, bukan agama samawi,” tutur Yahya Waloni dalam sebuah video berjudul Sejak Kapan Yesus jadi Tuhan di kanal YouTube Termometer Islam yang dilihat terkini.id pada Sabtu, 3 April 2021.

Hal itu Yahya sampaikan untuk menyentil sekaligus membantah pernyataan salah satu kiai nasional yang menyebutkan bahwa Kristen adalah agama samawi.

“Bayangkan kiai nasional ngomong di dalam (program) Indonesiaku di TV One, apa dia bilang? Tiga agama samawi, tiga agama yang bersumber dari agama Ibrahim. Dia sebut Yahudi, Kristen, Islam,” sambungnya.

Yahya Waloni merasa terheran-heran melihat seorang tokoh agama (dalam hal ini, seorang tokoh kiai nasional) bisa mengatakan bahwa Kristen adalah agama samawi.


“Innalillahi. Saya nonton hari itu, ini ustaz kaliber ngomong begini,” ungkap Yahya Waloni.

“Kalau gak tahu, jangan (ngomong),” lanjutnya.


Kendati demikian, Yahya Waloni berusaha memakluminya, sebab ia menilai bahwasanya pemahaman ustaz tersebut soal kitab dan agama-agama samawi kemungkinan memang masih minim.

“Setiap ustaz itu punya kemampuan. Saya tidak tahu soal hadis, saya tanyakan ke Ustaz Somad. Saya ga tau soal kitab, saya tanya ke kiai,” ujarnya.

Yahya Waloni mengatakan bahwa jikalau ia tak tahu sesuatu, maka ia bertanya ke yang lebih tahu (dalam hal ini, Abdul Somad atau kiai lainnya).

Oleh karena itu, ia menyarankan bahwa jikalau semisal ada yang tak tahu terkait kekafiran dan segala macam, maka bisa bertanya ke dirinya saja lantaran ia merasa menguasai bidang tersebut.

“Tapi terkait dengan kekafiran, Isa, Ibrahim, Sulaiman, itu tanyakan ke saya. Itu bidang saya,” pungkas Yahya Waloni.

https://makassar.terkini.id/soal-kri...angan-ngomong/
Diubah oleh gaygene 04-04-2021 02:14
37sanchi
Proloque
alizazet
alizazet dan 8 lainnya memberi reputasi
9
4.6K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan