mipomediaAvatar border
TS
mipomedia
Segarnya Air Dingin dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Sebagian orang memilih tidak minum air es karena mengira konsumsi air es bisa menimbulkan penyakit seperti pilek dan radang tenggorokan. Padahal sebenarnya, air es justru memiliki beragam manfaat mulai dari menurunkan demam meredakan nyeri otot, serta menjaga kelembapan kulit.

Konsumsi air dalam dunia kesehatan sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Pasalnya, setiap hari tubuh kehilangan cairan melalui keringat, urine, dan napas. Hal ini tidak ada ketentuan harus air putih biasa atau air es. Hanya saja air es biasanya menjadi pilihan untuk mnghidrasi tubuh saat kondisi cuaca sedang panas.


Mengutip laman Alodokter.com berikut sejumlah manfaat air es bagi kesehatan

Meredakan demam dan mengatasi sakit tenggorokan
Saat anak mengalami sakit tenggorokan, banyak orang tua yang berdalih gangguan kesehatan tersebut karena terlalu banyak minum es.
Sedangkan kondisi tubuh saat demam merupakan tanda bahwa tubuh tengah memerangi peradangan atau infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Saat demam inilah, orang tua biasa memanfaatkan air dingin atau air es untuk mengompres tubuh agar demam cepat turun. Selain itu, menurunkan panas demam juga bisa diatasi dengan minum air es.
Ketika mengalami demam dan sakit tenggorokan, tubuh juga harus mendapat asupan cairan dengan baik untuk mencegah dehidrasi. Secara mengejutkan, air es dapat bermanfaat untuk mengurangi nyeri dan mengisi cairan tubuh yang hilang.

Menghidrasi tubuh
Suhu tubuh akan meningkat ketika berolahraga, akibatnya tubuh akan mengeluarkan banyak keringat dan membuat tubuh cepat lelah. Nah, air es dan minuman dingin bisa menjadi opsi untuk meringankan rasa lelah serta menghidrasi tubuh.

Meringankan nyeri otot
Selain menurunkan panas demam, air es juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri otot karena keseleo. Caranya, kompres bagian yang nyeri dan bengkak dengan kain yang dibasahi air es.
Kompres air es bisa mengurangi pembengkakan dan nyeri. Selain dengan air es, selingi juga dengan kompres air hangat untuk melancarkan aliran darah pada otot.

Memudahkan batu ginjal terbuang melalui urine
Kekurangan konsumsi air dapat berujung menimbulkan penyakit batu ginjal. Oleh karena itu untuk menghindari penyakit tersebut tubuh perlu mendapatkan asupan cairan.
Asupan cairan yang cukup bisa membantu kerja ginjal untuk mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal dan mengeluarkan batu ginjal yang masih berukuran kecil.

Melembabkan kulit
Saat tidak terhidrasi dengan baik, kulit akan terasa kasar, kering, dan kehilangan elastisitasnya. Dengan cukup minum air putih atau air es, maka kesehatan kulit akan tetap terjaga.
Sebenarnya tidak ada perbedaan antara air es dan air biasa jika sudah masuk ke dalam tubuh, karena suhu air es akan dihangatkan hingga seperti suhu di dalam tubuh. Kendati air es bermanfaat bagi kesehatan, sebaiknya tetap membatasi asupannya. Sebab jika dikonsumsi terlalu banyak, makanan atau minuman dingin bisa menyebabkan sakit kepala. (*)


Sumber Artikel : Segarnya Air Dingin dan Manfaatnya untuk Kesehatan
wisudajuni
franssinaga
franssinaga dan wisudajuni memberi reputasi
2
1.3K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan