c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Zealandia, Benua Yang Hilang Dari Bumi




Berapa benua di dunia pasti akan menjawab Benua Afrika, Asia, Antartika, Australia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan berarti ada 7 Benua di bumi ini.

Tapi tahukah kamu bila ada Benua ke 8, benua ini bernana Zealandia hal itu telah diteliti oleh para ahli geologi dunia. Kabar ini tentu cukup mengejutkan dimana benua itu berada?

Benua itu ada di wilayah New Zealand dan New Caledonia, jadi ketika para ahli meneliti permukaan bumi ternyata wilayah itu bukanlah kepulauan terpisah namun masih satu kepulauan.



Nama Zealandia sendiri sudah disebut pada tahun 1995, namun perlu penelitian lebih lanjut untuk mengungkap kebenaran bahwa lempeng bagian dari kerak bumi yang bernama Gondwana pada 200 juta tahun yang lalu merupakan satu benua.

Setelah diteliti hingga bertahun-tahun agar data yang diambil valid, pada tahun 2020 Zealandia dianggap satu benua oleh para peneliti geologi. Karena syarat-syarat menjadi sebuah benua sudah terpenuhi, bila dilihat dari unsur geologis.

Bahkan bila dilihat di peta yang sudah dikeluarkan oleh para peneliti Zealandia sendiri memiliki luas lebih dari Madagaskar, Papua Nugini, maupun Greenland.



Namun ketika para ahli telah mengumumkan benua baru yang ke 8, ternyata tak langsung disetujui banyak orang. Diantara para ahli tetap ada yang pro dan kontra, karena terlalu ramcunya penjelasan dari para ilmuwan yang meneliti tentang Zealandia.

Mereka anggap bumi memiliki benua baru padahal Zealandia sendiri, kalau melihat dari tujuh benua yang ada sangat berbeda secara kompleks kenapa hal itu disebut benua. Sedangkan Zealandia hanya dilihat dari faktor geologisnya saja, ini yang menjadi rancu bila dipublikasikan ke ranah publik.

Karena New Zealand dan New Caledonia merupakan pulau yang terpisah-pisah sama seperti Indonesia, yang di kelilingi oleh lautan yang luas. Kenapa Indonesia dengan banyaknya pulau tidak disebut benua?

Karena pada dasarnya secara geologis Indonesia masuk dua benua baik benua Asia dari Sumatra hingga NTT dan Papua masuk benua Australia.



Memang terkadang apa yang diungkapkan peneliti secara bertahun-tahun tetap saja akan ada bantahannya. Tetap akan ada pro dan kontra, karena jelas bila benua ini diakui akan merubah pelajaran geografi yang sudah di ajarkan di bangku sekolah.

Maka akan ada revisi dalam pelajaran sekolah, dan ini cukup memberikan dampak yang luas karena pasti ada pertanyaan kok benua kecil dan berupa kepulauan? Apa bedanya dengan Indonesia?



Sebab kalau bicara geologis merupakan satu kepulauan namun hampir seluruh pulaunya terendam oleh air laut menyisakan New Zealand dan New Caledonia yang muncul ke permukaan laut, selebihnya hilang di telan oleh air.

Lantas apa tanggapanmu dengan hal ini sob, monggo orat oretnya di kolom komentar.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





Diubah oleh c4punk1950... 02-04-2021 01:15
isu152
Aramina
byan1209
byan1209 dan 46 lainnya memberi reputasi
47
9.9K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan