manusixaAvatar border
TS
manusixa
Kenikmatan Tiada Tara Dari Masakan Tumis Daun Mengkudu Yang Penuh Khasiat


            Mengkudu, buah yang memiliki rasa pahit ini sudah terkenal khasiatnya dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Meskipun rasa dari buah ini tidaklah enak, tetapi ternyata jika kita mengkonsumsi buah Mengkudu ini menjadi jus yang setiap 100 mililiternya memiliki 47 Kalori, 33% Vitamin C, 17% Biotin, dan masih banyak lagi nutrisi baik yang akan memberikan kesehatan pada orang mengkonsumsinya. Manfaatnya luar biasa dari buah Mengkudu atau ada juga yang menyebutnya buah Noni ini dapat memberi kesehatan pada Jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan, buah Mengkudu dapat juga dipergunakan untuk menangkal Kanker karena kandungan antioksidanya yang tinggi mampu mencegah perkembangan sel Kanker dalam tubuh manusia, bahkan buah ini sudah banyak menjadi andalan bagi penderita Diabetes untuk dikonsumsi karena terbukti pada suatu studi yang terbit dalam Jurnal Element-based Complementary and Alternative Medicine menerangkan bahwa jika mengkonsumsi jus buah Mengkudu dapat mengatur peningkatan kadar gula darah pada sistem Diabetes tipe II, masih banyak pula manfaat lain dari buah ajaib yang satu ini. Siapa sangka buah yang tidak banyak orang sukai ini punya keajaiban melimbah untuk kesehatan tubuh dan juga solusi bagi berbagai macam penyakit.

            Bukan hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat baik untuk kita semua. Bagian lain yang tidak bisa kita abaikan begitu saja adalah Daun Mengkudu, sebab dari setiap Daun Mengkudu ini tidak kalah luar biasa khasiatnya. Beberapa manfaat dari Daun Mengkudu yaitu dapat menjadi tabir surya alami dengan memanfaatkan ekstrak Daun Mengkudu yang ternyata dinilai bisa melindungi kulit dari kemerahan dan pembengkakan akibat paparan sinal ultraviolet-B (UVB), dapat juga untuk menurunkan Demam dengan cara mengkonsumsi Daun Mengkudu segar yang telah diambil airnya  dengan sedemikian rupa, dan tentun banyal lagi manfaat lain dari Daun ini.

            Tips Olahan untuk mengkonsumsi Daun Mengkudu ini agar menjadi makanan yang sangat nikmat adalah dengan cara ditumis atau dikenal juga sebagai Tumis Daun Mengkudu. Langusng saja dibawah ini terdapat bahan yang diperlukan dan cara membuatnya :

Bahan-bahan :

-      Daun Mengkudu

-      Penyedap rasa ½ sdt (sendok teh)

-      Gula ½ sdt

-      Garam ½ sd

-      Air 1 gelas

-      Bawang merah 8 iris

-      Bawang putih besar 1 iris

-      Cabe rawit 3 iris

-      Cabe merah 7 iris

-      Ikan teri sesuai selera

-      Minyak sayur secukupnya

 

Cara membuatnya :

Cuci terlebih dahulu Daun Mengkudu yang masih segar, setelah bersih iris tipis-tipis Daun Mengkudu lalu letakan dalam wadah berisi air yang sudah diberi garam 3 sendok makan dan remas sampai sedikit layu untuk menghilangkan bau dan pahitnya. Berlanjut ketahap menumis cabe rawit, cabe merah, bawang putih, bawang merah, dan tidak lupa ikan teri sembari diacuk merata. Lalu setelah tercium harum dari tupisan, masukan Daun Mengkudu dan air yang sudah tercambur garam tadi. Tunggu sampai air mengurang sembari jangan lupa diaduk, setelah dirasa sudah siap silahkan angkat dan hilangkan. Selamat mencoba.




Foto : Adelli Arifin | Sumber by. femina.co.id
cheria021
franssinaga
anonim212
anonim212 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.5K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan