adnanamiAvatar border
TS
adnanami
Superiority Complex, Penyakit Hati Bagi Si Minder yang Merasa Super
Superiority Complex, Si Minder yang Menutupi Kekurangannya dengan Kesombongan


Pernah liat orang sombong gan? Ane yakin pasti pernah lah ya! Atau bahkan malah temenan sama orang yang tinggi hatinya selangit? Waduh, kudu sabar - sabar deh gansist!

Bentuk kesombongan seseorang memang berbeda - beda, ada yang mengatakan sombong itu orang yang kalau bertemu tidak menyapa, suka pamer barang barang mahal sampai merendahkan orang lain di atas kelebihannya. Khusus untuk thread kali ini ane akan bahas jenis kesombongan yang terakhir.

Dalam istilah kerennya dinamakan superiority complex. Sesuai dengan namanya yakni superior yang berasal dari kata dasar super, dimana seseorang merasa dirinya sangathebat. Menurut [URL=https://www.google.com/amp/s/www.sehatq.com/artikel/superiorityS E N S O Rplex-adalah-perilaku-merasa-lebih-hebat-dari-orang-lain/amp]sehatq[/URL] , seseorang yang mengalami superiority complex amat sangat percaya bahwa dirinya lebih baik ketimbang orang lain. Dalam Islam sering disebut dengan ujub alias terlalu membanggakan diri sendiri. Mereka sering berpikir berlebihan tentang potensi diri mereka.

Hal yang lebih mengherankan lagi adalah kebiasaannya tersebut seringkali membuat dirinya membandingkan hal yang dia pikir hebat dalam dirinya dengan kekurangan yang dimiliki orang lain. Akibatnya sering meremehkan orang, menghina terang - terangan hingga memuji - muji dirinya sendiri di hadapan orang lain. TS pernah nih punya teman seperti ini, memang kelakuannya super sekali! Super nyebelin maksudnya.

Teman TS ini merasa dirinya lah yang paling cantik emoticon-Ngakak padahal secara postur badan dia lebih mengarah ke pria berdada bidang sampai pas SMA temen - temen cowok sekelas pada menggunjing kekurangannya itu. Bukan maksud ane body shaming tapi ane hanya memberi contoh nyata dengan penuh kejujuran. Dia menyadari akan kekurangannya itu dan ada perasaan minder dalam hatinya sehingga dia berusaha untuk menutupi kekurangannya tersebut dengan menyoroti kelebihannya yang dia pikir memang pantas untuk dibanggakan. Sayangnya perilakunya sangat berlebihan. Dalam satu geng, dia selalu mencaci anggota geng yang lain dengan terang - terangan. Seperti bilang dia yang paling cantik lah sedangkan yang lain jelek lah emoticon-Ngakak kata - katanya dilontarkan dengan nada serius tanpa terlihat bercanda sama sekali.

Pernah saat itu kita lagi main truth or dare, temen ane dikatain gini:
"Lo mau gue jujur? oke! Lo tuh jelek, gendut!" diiringi dengan tertawa puas dan terbahak - bahak setelahnya tanpa merasa berdosa

Pedes bener!, Ane ama anak yang lain heran lah, sambil liat - liatan. Kasian temen ane yang dicaci maki pasti perih banget hatinya. Tindakannya berulang dengan kata - kata yang berbeda di waktu yang berbeda namun maksud dari pembicaraannya sama. Padahal nih, yang lebih cantik daripada dia banyak banget. Lama - lama ya bosen juga kita, sampai menghindar akibat sifatnya yang tidak bisa diubah tersebut. Dia sampai nggak punya temen waktu itu.

Sebetulnya seseorang dengan superiority complex adalah orang yang membalut rasa mindernya dengan menonjolkan kehebatan dirinya secara berlebihan.

Ane @adnanami  pamit, jangan lupa follow akun ini untuk mendapatkan update thread inspiratif lainnya. Kalian juga bisa berkunjung ke halaman kaskus ane dengan klik gambar di bawah ini! Sampai jumpa kembali di lain kesempatan. Jangan sungkan untuk saling sapa di kolom komentar thread ini ya!



Referensi:
[URL=https://www.google.com/amp/s/www.sehatq.com/artikel/superiorityS E N S O Rplex-adalah-perilaku-merasa-lebih-hebat-dari-orang-lain/amp]Superiority complex[/URL]
Diubah oleh adnanami 30-03-2021 06:26
EriksaRizkiM
Junmai92
ichigame16
ichigame16 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
7.4K
295
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan