Halo Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar perbandingan bentuk setir bus nih
Bicara soal setir. Bagian ini tak bisa dipisahkan dari mobil, bus atau truk. Berbentuk macam-macam, mulai dari 2 palang sampai 5 palang. Ada yang bentuknya jadul, ada yang bentuknya modern. Terutama setir bus, bentuknya tentu sangat beragam, jika Gansis pernah menaiki beberapa bus pasti setirnya berbeda.
Quote:
1. Setir Tampah Ala Mercedes-Benz Zaman Dulu
sumber gambar
Orang yang pernah menaiki OH 1521 atau bus-bus Mercedes yang lebih tua pasti tahu seputar setir tampah yang satu ini. Dengan bentuk yang sangat jadul dan memiliki 2 palang, setir ini jadi andalan setir bus-bus Mercedes-Benz pada zaman dahulu.
Setir ini juga berbentuk sangat besar. Mungkin dua kali lipatnya ukuran setir mobil-mobil zaman sekarang. Hal ini tentu tujuannya adalah membuat handling jadi lebih mudah dan setir lebih ringan, agar tak terlalu terbeban.
Quote:
2. Setir Andalan Hino Medio 2000an
sumber gambar
Setir ini biasa ada di bus-bus ekonomi maupun kelas diatasnya yang menggunakan sasis Hino AK8, AK1J, AK3HR dan Hino RKT. Setir ini keunggulannya memiliki tombol klakson di bagian tengah yang sepertinya sangat enak dipegang, jadi enak buat klakson-klakson di jalan

.
Memiliki 2 palang dan bentuk yang masih kotak-kotak belum membulat, setir ini masih menjadi andalan Hino AK8. Bahkan hingga sekarang, Hino masih menjual bus yang memiliki setir dengan bentuk ini.
Quote:
3. Setir 4 Palang Ala Bus Scania Pertama di Indonesia
sumber gambar
Bagi yang pernah menaiki apalagi mengemudikan bus Scania K124IB atau Scania K114IB, pasti tak asing dengan ini. Setir 4 palang tetapi berbentuk masih jadul, dengan ukuran yang cukup kecil untuk era-era awal Scania di Indonesia.
Setir ini berbentuk 4 palang tanpa tombol sama sekali, sangat berbeda dengan setir Scania masa kini. Tetapi, untuk ukuran era Scania masuk ke Indonesia, menurut ane setir ini berbentuk cukup modern, sayang tak se-modern setir Mercedes-Benz OH 1525 dan OH 1526 versi awal.
Quote:
4. Setir Sederhana Dari Volvo B7R
sumber gambar
Volvo B7R ini merupakan bus Volvo yang pertama kali masuk ke Indonesia. Berbentuk 4 palang tapi menurut ane masih lebih jadul ketimbang setir kompetitor sebelahnya. Untuk ukuran tahun 2003-2005 saat B7R masuk ke Indonesia, kalo dibilang jadul sih kagak tapi modern juga kagak.
Uniknya, sepertinya setir Volvo B7R ini memiliki tombol klakson terpisah di setir. Jadi seperti Mitsubishi Colt L300 yang juga begitu

.
Quote:
5. Setir Tampah Versi Modern Dari Mercedes-Benz
sumber gambar
Setir ini setahu ane pertama kali digunakan di sasis OH 1525. Seiring dengan munculnya sistem elektrik di bus Mercedes-Benz, Mercedes pun mengganti setir tampah milik OH 1521 ke setir tampah versi modern ini.
Tetap memiliki ukuran yang besar walau sedikit lebih kecil dan terdapat 2 palang. Setir ini bertahan cukup lama, dari tahun 2004 sampai tahun 2014-2015an. Setir ini dipakai di OH 1525, OH 1526 awal, OH 1626 awal, dan O500R 1836 awal. Tak lupa, OH 1830 setahu ane juga memakai setir ini.
Quote:
6. Setir 2 Palang Andalan Hino Saat Ini
sumber gambar
Sebenarnya, setir ini pertama kali diaplikasikan di truk Hino Ranger pada tahun 2004. Barulah pada tahun 2008, setir ini diaplikasikan ke bus-bus Hino seperti Hino RK8.
Dengan bentuk yang simple namun telah membulat, dan memiliki 2 palang, untuk ukuran tahun 2008 setir ini sudah modern. Tetapi, tidak untuk ukuran tahun 2020, sebab pabrikan lain sudah mengganti setirnya ke setir 4 palang dengan bentuk modern.
Quote:
7. Setir Modern Dari Scania
sumber gambar
Setir ini pertama kali diaplikasikan setahu ane di Scania K310IB dan K380IB. Menurut ane, inilah setir bus paling modern yang ada saat ini. Dengan tombol-tombol dan bentuk yang cenderung membulat.
Setir Scania ini sampai sekarang masih digunakan, baik di bus maupun truk Scania. Ane paling suka sih bentuk stir ini. Klakson juga terletak di tengah stir jadi tak perlu memencet klakson di tuas wiper.
Quote:
8. Setir Mercedes-Benz Zaman Now
sumber gambar
Untuk pengaplikasian pertamanya ane kurang tahu. Yang jelas, setir ini ada beberapa varian. Varian pertama yang memiliki logo Mercedes berbentuk stiker, varian kedua yang sudah lebih modern tapi masih agak kurang, dan varian ketiga yang saat ini digunakan, dengan bentuk yang modern. Bahkan setir dari Mercedes-Benz O500R 2542 menggunakan tombol-tombol di sisi kanan dan kiri.
Dari bentuknya sih ane suka sekali dengan setirnya, berbentuk sederhana tapi menegaskan ini adalah Eropa. Tepatnya ini adalah Mercedes-Benz. Sayang, belum bisa menyamai model dari merk sebelah.
Quote:
9. Setir Volvo Modern Kekinian
sumber gambar
Setahu ane, setir Volvo ini pertama kali diaplikasikan di truk-truknya. Barulah pada tahun 2018 lalu, setir ini dipasangi di Volvo B11R 370hp. Bentuk modern, khas Volvo tapi entah kenapa masih terkesan cenderung "mengotak". Berbeda dengan rival-rivalnya yang sudah cukup membulat.
Untuk modelnya, hmm, ane suka, tapi mungkin "kurang suka" kalau dibandingkan setir milik kompetitornya. Setir ini juga dilengkapi dengan tombol di palang bawah (mungkin buat klakson), menurut ane itu fitur yang berguna banget sih bagi pengemudi.
Sayang sekali, ane belum pernah menyetir secara langsung bus-bus yang menggunakan sasis seperti diatas. Mungkin di masa depan, ane akan mencoba menyetirnya, agar lebih tahu seputar setirnya.
Jadi, gimana pendapat Gansis seputar perbandingan setir-setir ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih bila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!
Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan ataupun menjatuhkan pihak manapun.
Original Written By: @ulungrinjani