missv4pendetaAvatar border
TS
missv4pendeta
Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya, Menhub Bicara Intensif dengan Jepang


TEMPO.CO, Jakarta - Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah tengah berkomunikasi dengan Jepang untuk membangun proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya.

"Kami tengah berbicara intensif dengan Jepang untuk meningkatkan pelayanan dari Jakarta ke Surabaya dengan kereta semi cepat yang kurang dari 6 jam, sekarang ini 9 sampai 10 jam ke Surabaya," ujar Menhub Budi Karya di Stasiun Jatinegara, pada Sabtu, 20 Maret 2021.

Menhub Budi Karya menuturkan kereta listrik adalah keniscayaan dalam masyarakat. Maka dia memerintahkan Dirjen Perkeretaapian untuk menanganinya.

Sebelumnya, Budi membahas rencana proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya dalam pertemuan bilateral dengan Duta Besar Jepang Kanasugi Kenji. Mereka membahas peluang kerjasama transportasi di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, pada Rabu, 10 Februari 2021.

Pertemuan itu perkenalan dengan Kanasugi Kenji, yang baru menjabat 4 Februari 2020. Dia menggantikan Dubes Jepang sebelumnya, Ishi Mafumi.

Adapun pertemuan tersebut membahas sejumlah progres proyek transportasi di Indonesia, seperti Pelabuhan Patimban, MRT Jakarta Fase 2, dan rencana proyek kereta Jakarta-Surabaya atau kereta semi cepat Jakarta-Surabaya.

Menurut Menhub Budi Karya, Kemenhub telah melakukan koordinasi dengan JICA melalui Preparatory Survey for Java Northern Line Upgrading Project.

"Tercatat triliunan juga dana untuk membuat Jakarta-Surabaya. Saya minta ke Ditjen Kereta Api melalukan tindakan yang lebih intensif, memastikan ini berjalan dengan baik," ujar dia.

Sebelum proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya digarap, saat ini jalur kereta Jakarta-Surabaya didukung rel dwi ganda atau double-double track. Rel Double-double track akan memberikan keamanan yang lebih baik untuk penumpang. Kecepatan kereta api juga bisa ditingkatkan.

"Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya, Menhub Bicara Intensif dengan Jepang - Bisnis Tempo.co"https://bisnis.tempo.co/amp/1444280/...-dengan-jepang



Tiket Jakarta-Bandung 400K emoticon-Leh Uga

Mari ditunggu kereta cepat Jakarta-Surabaya biar JPN aja yg ngambil ini proyek, taulah proyek China molor akhir 2019, molor 2020, katanya kelar 2021 paling bakal jadi gorengan sampe 2024
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh missv4pendeta 26-03-2021 01:47
yugeel
tien212700
tien212700 dan yugeel memberi reputasi
2
1.4K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan