CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ini Gang Sempit Buntu yang Bikin Korban Kebakaran Maut Matraman Terjebak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/605c22045f3c76136c5469ae/ini-gang-sempit-buntu-yang-bikin-korban-kebakaran-maut-matraman-terjebak

Ini Gang Sempit Buntu yang Bikin Korban Kebakaran Maut Matraman Terjebak

Ini Gang Sempit Buntu yang Bikin Korban Kebakaran Maut Matraman TerjebakJakarta - Kebakaran yang melanda sebuah kontrakan di Matraman, Jakarta Timur menewaskan 10 orang. Kontrakan itu terletak di ujung gang buntu nan sempit.
Kontrakan yang terbakar itu terletak di Jalan Pisangan Baru III, Matraman, Jakarta Timur. detikcom coba menyusuri jalan menuju ke kontrakan yang terbakar, Kamis (25/3/2021).

Gang sempit itu tampak diapit 2 rumah yang berada di jalan utama. Pagar berwarna biru menyambut saat akan memasuki kawasan rumah di gang sempit itu.
Ini Gang Sempit Buntu yang Bikin Korban Kebakaran Maut Matraman TerjebakJalanan di gang itu hanya muat untuk satu motor saja. Jalan pun tak begitu panjang. Diperkirakan, hingga ke ujung jalan, panjang jalan dalam gang itu hanya 25 meter.

Sebelah kiri tampak tembok rumah membentang. Sebelah kanan, sejumlah rumah petak tampak berderet. Jalanan menuju ujung pun tampak semakin mengecil. Di ujung jalan, terlihat sebuah rumah berwarna putih mengintip.

Sampai di ujung jalan tepat di depan rumah tersebut, detikcom menemukan belokan ke kiri. Belokan tersebut menuju kontrakan yang terbakar.

Jalanan di belokan tersebut tak jauh beda dari sebelumnya, hanya muat satu motor saja. Panjang jalan juga diperkirakan kurang lebih sama, 25 meter. Yang membedakan, di ujung jalan merupakan jalan buntu. Tak ada lagi belokan.

Di sebelah kanan, tembok masih menjadi pemandangan utama. Sementara, di sebelah kiri, berjajar dua rumah. Salah satunya rumah kontrakan yang terbakar yang berada tepat di ujung jalan gang buntu.Ini Gang Sempit Buntu yang Bikin Korban Kebakaran Maut Matraman Terjebak

Tampak kontrakan itu habis terbakar. Tak seperti rumah di sebelahnya yang terlihat masih berdiri kokoh.

Kontrakan yang terbakar tersebut terdiri atas 4 petak. Luas setiap petak 3x8 meter. Kondisi rumah pun terlihat hancur sekitar 90 persen.

Atap kontrakan sudah tidak ada. Pecahan beling terlihat berserakan. Sejumlah perabotan, dari meja, lemari, sampai kursi, hancur. Tiga motor yang berada di depan kontrakan hangus.Ini Gang Sempit Buntu yang Bikin Korban Kebakaran Maut Matraman Terjebak

Untuk diketahui, kontrakan di Matraman ini terbakar sekitar pukul 04.20 WIB pagi ini. Ada 10 orang yang tewas dalam kebakaran ini. 10 orang tersebut tinggal di petak 1 dan petak 3.

Sedangkan penghuni petakan lainnya selamat lantaran terbangun dari tidur. Sempit dan buntunya gang diduga menjadi salah satu alasan korban sulit menyelamatkan diri.

"Ada 4 petak kontrakan ukuran 3 x 8 meter. Petakan paling ujung kebetulan jalannya buntu, jadi dia nggak bisa menyelamatkan diri. Tapi yang di luar bisa menyelamatkan diri, berarti sumber api dari sana mungkin," ujar Wali Kota Jakarta Timur M Anwar di lokasi.

https://news.detik.com/berita/d-5507...raman-terjebak

Ikut berduka cita tuk para korbanemoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 37 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Si abud lagi ngupi ngupi
Jangan ganggu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ini lah kenapa di butuhkan program rumah murah utk mereka2, agar tidak lagi menempati rumah kumuh, sempit supaya hal2 seperti ini bisa di cegah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
habibpalsu90 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
si gaberner awal2 jadi gaberner pernah ngomong
"masa mereka di suruh sewa terus seumur hidup? tega bener....."

nah yg gini dia tega gak? mana ada orang2 itu gajinya 14.800.000,-???
segala ngeles batas bawah batas atas emoticon-No Hope

profile-picture
profile-picture
profile-picture
habibpalsu90 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Abud ga datang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ga sampe nyebar sekomplek kebakarannya aja udah ajib itu emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jarak antar rumah itu sangat penting saat kebakaran. tahun 80-90 antar rumah itu masih ada jarak meskipun cuma dua jengkal biarpun di pemukiman menengah kebawah.
sekarang pada pepet tembok ketemu tembok.

turut berduka cita untuk para korban..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Jaka sembung bawa golok..

Ini Gang Sempit Buntu yang Bikin Korban Kebakaran Maut Matraman Terjebak

Cokin di grogol rumahnya kebakaran tuh tewas semua.. Gak tinggal di gang buntu juga tewas mereka..

Gak ente salahin itu gubernur nya 2015 siapa??


Mau komen apa coba ane liatin..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ronny398 dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 26 balasan
gilaa sih padet banget itu
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Emang robot pemadam nya ga bisa lewat kah??.. emoticon-Malu (S)

Ini Gang Sempit Buntu yang Bikin Korban Kebakaran Maut Matraman Terjebak

Turut berduka untuk korban.. emoticon-Berduka (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Mengerikan, turut berduka cita emoticon-norose
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Akibat lahan buat pemukiman menipis di Jakarta, plus manusianya makin banyak. Jadinya ada lahan kosong sedikit aja langsung dibangun rumah semi permanen.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Persepsi gw kalau kontrakan tuh gede
Ukuran segitu mah kos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
ini salah satu sebab tidak dipenuhinya imb dalam mendirikan bangunan

dalam imb semua faktor diperhitungkan mulai dari kekuatan struktur bangunan sampe hubungan fisik dgn bangunan sekelilingnya
gsb depan, row jalan, utilitas bangunan sampe zoning peruntukan semua dipertimbangkan dalam mengeluarkan imb
termasuk di dalamnya akses pemadam kebakaran

salah satu kelemahan imb adalah legalitas, waktu & uang
utk mengurus imb dibutuhkan legalisasi lokasi tanah yg digunakan, waktu pengurusan yg lumayan lama apalagi kalo kurang syarat ini itu harus dipenuhi semua, trus dana yg dikeluarkan utk mengurus imb lumayan
disamping dana utk pajak imb ada juga biaya utk membuat gambar rumah (ars, str, me) di kertas kalkir / hvs a1 / a0 sesuai format pemda setempat
yg bikin gbr bisa arsitek ato drafter stm sipil bangunan yg mengerti peraturan setempat

jadi yahh ... panjang urusannya kalo mo diurai salah siapa?
pemilik yg asal bangun ato pemda yg rumit bikin aturan ato masyarakat yg abai keselamatan? semuanya punya andil dalam musibah kebakaran yg menewaskan banyak korban ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
meneruskan postingan bos @valkyr1

Robot tersebut memiliki lebar sekitar 135 sentimeter sehingga bisa juga mengatasi kebakaran di permukiman padat penduduk, gang-gang sempit, yang tidak bisa dilalui kendaraan pemadam kebakaran.

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/02/13/16132181/pemprov-dki-punya-2-robot-pemadam-kebakaran-begini-spesifikasinya?page=all.

Ini Gang Sempit Buntu yang Bikin Korban Kebakaran Maut Matraman Terjebak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nazwa.shop dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sudarmadji-oye
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ironis sih.

Zaman dulu rumah rata2 ada gang belakangnya, jendela juga rata2 gak ada teralis besinya.
Itu semua ada fungsinya, jadi kalau pas ada kebakaran atau musibah lainnya bisa melarikan diri.

Tapi sejak zaman berubah, banyak maling, bahkan yang sampai membunuh korbannya, akhirnya rata2 sekarang gang belakang dibangun tembok, jendela diteralis, dan pada saat terjadi musibah begini jadi gak bisa melarikan diri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 5 lainnya memberi reputasi
maksa bgt bangun rumah di gang sempit situ

rumah apa kandang ayam tuh
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Tanggung jawab nis.. mana blambir yng mahal tu
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan ATR42 memberi reputasi
forum DP masih sepi nih lokalan terbaru
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan ATR42 memberi reputasi
IMB nya kok bisa terbit?? apakah itu layak sebagai bangunan rumah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Turut berduka cita

Ini catatan buat pemprov dki banggain daerah elit sudirman dsb ,
tapi di belakangnya ada rumah2 padat penduduk seperti ini yang bisa dibilang kurang layak dan penduduknya hidup keras struggle berbanding terbalik dengan apa yang dibanggain gubernurnya inilah yang disebut DUNIA TIPU TIPU
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zero099
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di