c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Misteri Pohon Taru Menyan, Yang Menyerap Bau Mayat Di Bali




Kalau membicarakan kata misteri, pasti tak lepas dari membicarakan tentang hantu, demit, mahluk tak kasat mata dan sebagainya. Tapi tenang bukan itu yang akan ane bahas, yang akan dibahas adalah pohon sakral yang hanya bisa hidup di kawasan Bali.

Bagi masyarakat Bali mungkin pohon ini sudah familiar, tapi bagaimana dengan masyarakat di luar Bali. Mungkin banyak yang kurang paham apa itu pohon taru menyan.



Sebuah pohon yang memang memiliki keunikan tersendiri, dimana pohon ini membuat pemakaman beraroma wangi. Pohon ini memang sudah ada sejak dulu, bahkan disinyalir merupakan pohon purba karena dianggap sudah berabad-abad yang lampau pohon ini sudah ada di Desa Trunyan, Kintamani, Pulau Bali.

Tradisi di desa Trunyan Kintamani pemakamannya memang unik, tidak melewati upacara ngaben atau dikubur di dalam tanah seperti pemakaman pada umumnya tapi ada tradisi yang dinamakan mapasah.



Ada dua tradisi menurut penelitian etnografis di masyarakat Trunyan dimana mereka mengenal pemakaman dengan cara di kubur di dalam tanah atau kubur angin, dimana jasad disimpan diatas tanah dengan udara terbuka.

Secara logika jasad yang diletakkan begitu saja tanpa dikubur akan mengeluarkan bau, tetapi di pemakaman ini tidak. Itu semua karena pohon taru menyan yang dapat menetralkan bau.



Jasad yang dikubur angin, biasanya akan diletakkan di sekitar pohon taru menyan. Namun bau gas dari mayat yang dikuburkan itu sama sekali tidak tercium, itu semua berkat pohon yang penuh dengan misteri ini.

Bila kamu datang ke pemakaman disana maka tak heran kalau akan banyak melihat tengkorak disekitaran pohon, bahkan ada juga jasad yang masih utuh. Karena proses pembusukan jasad terlihat sangat lambat bila ditaruh dekat pohon taru menyan.



Para peneliti yang mencari tahu ada apa sebenarnya di pemakaman ini pun mulai mengeluarkan berbagai teori, karena pada dasarnya hal seperti ini bisa dibilang aneh dan unik. Maka didapatkan hasil yang masuk akal yaitu dari suhu yang dingin, kondisi udara dan invasif hewan lain yang berada di sekitar pohon taru menyan.

Dan juga ditemukan fakta zat kimia yang terkandung pada pohon tersebut berpengaruh terhadap mayat agar menghilangkan bau busuk.



Namun yang aneh pohon ini dicoba di tanam di lokasi yang berbeda tidak bisa tumbuh subur bahkan cenderung mati, sebuah teka teki yang memang menarik bisa dibilang ini pohon endemik si desa trunyan.

Tapi tetap saja misteri tentang adanya alam lain akan dipertanyakan oleh manusia yang selalu berfikir dengan logika, ketika melihat jasad hanya ditaruh disekitar pohon kemanakah jiwa mereka yang telah meninggal? Apakah akan ditanya oleh malaikat dan terlihat siksa atau nikmat kubur?



Silahkan yang ingin menjawab, dipersilahkan mengeluarkan unek-uneknya di kolom komentar. See u next thread.


Untuk melihat video youtube silahkan klik saja dibawah ini







emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





Diubah oleh c4punk1950... 16-03-2021 01:17
kimha420
Daniswara92
yugeel
yugeel dan 41 lainnya memberi reputasi
42
7.8K
150
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan