info.wirausahaAvatar border
TS
info.wirausaha
Tips Budidaya Jamur Tiram
Tabloid Wirausaha - Tips Budidaya Jamur Tiram | Jamur yang memiliki nama latin Pleurotus ostreatus termasuk kelas dari Homobasidiomycetes. jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur pohon hal itu karena memang jamur ini paling banyak dijumpai di permukaan batang pohon yang sudah melapuk atau di batang pohon yang sudah ditebang dan bisa dijumpai sepanjang tahun dihutan didaerah yang sejuk. Namun dengan seiring perkembangan teknologi kini jamur tiram sudah bisa didapat dengan mudah dengan melakukan teknik budidaya jamur tiram.

Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan
Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin. Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium, dan Magnesium merupakan zat yang sangat penting untuk tubuh.
Manfaat lain dari jamur tiram antaralain:
- Membantu menurunkan kolesterol
- Sebagai antibakterial dan antitumor
- Penghasil enzim hidrolisis dan enzim oksidasi
- Dapat membunuh nematoda
- Mengurangi Resiko jantung lemah
- Mengatasi Penyakit lever
- Membantu menyenbuhkan diabetes
- Menghilangkan anemia
- Membantu Sistem pencernaan
- Mencegah timbulnya tumor


Ciri-ciri Jamur Tiram
Ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung dengan diameter tubuh 3-14 cm. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom. Jamur tiram memiliki miselium. Tubuh buah jamur inilah yang bernilai ekonomis tinggi serta menjadi tujuan dari budidaya. Teknik budidaya jamur tiram mulai dari persiapan hingga pasca panen sangat perlu diperhatikan agar pelaku usaha budidaya benar-benar memahami sehingga lebih menguasai dalam pemeliharaan maupun pengendalian hama jamur tiram.

TIPS PERSIAPAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM

Persiapan budidaya harus dilakukan secara matang hal ini dapat membantu mendapatkan hasil panen yang optimal. Langkah awal yang harus dilakukan diantaranya: pemilihan lokasi budidaya, membuat rumah kumbung baglog, rak baglog, persiapan media jamur, menyediakan bibit, serta sarana pendukung lainnya.

Selengkapnya di TabloidWirausaha.com
0
2K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan