CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
MUI Kecam Rencana Sri Lanka Tutup Ribuan Sekolah Islam dan Larang Penggunaan Cadar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/604f3a45e5ac8458d47a825c/mui-kecam-rencana-sri-lanka-tutup-ribuan-sekolah-islam-dan-larang-penggunaan-cadar

MUI Kecam Rencana Sri Lanka Tutup Ribuan Sekolah Islam dan Larang Penggunaan Cadar

MUI menyebut rencana pemerintah Sri Lanka "menyinggung dan menyakiti hati umat Islam sedunia." Sementara itu, PKS meminta pemerintah Indonesia melalui Kemenlu untuk turun tangan.

Otoritas Sri Lanka berencana menutup sekolah Islam serta melarang penggunaan burkak (kain selubung atau cadar) demi keamanan nasional. Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengecam keras rencana pemerintah Sri Lanka itu. "Mengecam dengan keras sikap dan tindakan pemerintah Sri Lanka yang menyinggung dan menyakiti hati umat Islam sedunia," ujar Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas ketika dihubungi detikcom, Minggu (14/03).
Menurut Anwar, tidak adil rasanya menutup sekolah Islam dan melarang burkak hanya karena perbuatan segelintir orang. Anwar menyebut sikap pemerintah Sri Lanka sebagai tindakan terorisme by the state.
"Tindakan radikal dan teroristik yang dilakukan oleh negara terhadap umat Islam Sri Lanka. Oleh karena itu, umat Islam di Indonesia mengimbau upaya pemerintah Sri Lanka menghormati hak-hak orang Islam untuk melaksanakan ajaran agamanya," jelas Anwar.

Pemerintah RI diminta turun tangan

Demi keamanan nasional, pemerintah Sri Lanka berencana melarang penggunaan burkak dan menutup sekolah Islam. PKS meminta pemerintah RI turun tangan. "Pemerintah Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN sudah sepatutnya mengambil peran dalam menghapuskan penjajahan dan ketidakadilan di mana pun berada," ujar Ketua DPP PKS Bukhori Yusuf kepada detikcom, Minggu (14/03).

Bukhori meminta pemerintah Sri Lanka segera menghentikan rencana tersebut. Sebab, pelarangan burkak dan sekolah Islam dinilai sebagai tindakan diskriminatif terhadap umat Islam.

"Tindakan diskriminasi jika dibiarkan akan menimbulkan kekacauan dan instabilitas keamanan kawasan, karenanya pemerintah Indonesia melalui Kemenlu bisa mengingatkan kepada pemerintah Sri Lanka," terang anggota komisi VIII DPR ini.
Bukhori berpendapat penggunaan burkak tidak bisa dikaitkan dengan sikap ekstremisme ataupun terorisme. "Kami meminta pemerintah Indonesia dapat intervensi kepada pemerintah Sri Lanka melalui hak-hak saling menghormati dan melindungi setiap orang yang melaksanakan ajaran agamanya tanpa paksaan," tuturnya.

Apa alasan Sri Lanka?

Dilansir Reuters, Minggu (14/03), alasan Sri Lanka akan menutup sekolah Islam dan melarang penggunaan burkak adalah demi 'keamanan nasional'. Hal itu disampaikan oleh Menteri Keamanan Publik Sarath Weerasekera dalam acara konferensi pers. Sarath menyampaikan pihaknya sudah menandatangani rencana tersebut.

"Dulu, perempuan dan gadis muslim tidak pernah mengenakan burkak. Itu adalah tanda ekstremisme agama yang muncul baru-baru ini. Kami pasti akan melarangnya," kata Sarath.

Sarath juga menegaskan pemerintah akan menutup lebih dari seribu sekolah Islam. "Tidak ada yang bisa membuka sekolah dan mengajarkan apa pun yang Anda inginkan kepada anak-anak," katanya.
Pemakaian burkak dilarang di Sri Lanka karena pada 2019 terjadi pengeboman gereja dan hotel oleh kelompok militan Islam. Peristiwa itu menewaskan lebih dari 250 orang. 

https://www.dw.com/id/mui-kecam-renc...lam/a-56872545

ya akhi


setelah india
skrg srilanka

aseng mulai menyadari pentingnya islamphobia

emoticon-Matabelo 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
MUI udah buka cabang ormas di sri lanka
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
majlis paling sucy sejagat raya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 2 lainnya memberi reputasi
Semakin besar keinginan Srilanka untuk menutup sekolah dan pelarangan cadar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antikhilafah dan 3 lainnya memberi reputasi
Islam harap ngaca. Ga ada alasan melarang kalo islam nya ga ada potensi terorisme.


MUI Kecam Rencana Sri Lanka Tutup Ribuan Sekolah Islam dan Larang Penggunaan Cadar


emoticon-Traveller
Belajar dr pengalaman sejarah


profile-picture
profile-picture
profile-picture
antikhilafah dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bajier
ngurusin kadal lokal aja kagak becus pake ikut urus negara laenemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antikhilafah dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Makanya pindah ke sri lanka dan ganti nama jadi majelis ulama sri lanka alias MUSemoticon-Ngakak
profile-picture
Sadhunter memberi reputasi
Ormas aja berani ngurusi rumah tangga negara lain
profile-picture
bajier memberi reputasi
Belum lama ini India juga terapin peraturan begitu

Koq india yang punya penduduk 300 juta++ muslim nggak diprotes ???
Diubah oleh zero099
Lah ngatur
profile-picture
secer memberi reputasi
LSM seduniaemoticon-Leh Uga
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Saya sarankan sekalian anda ganti warga negara...jangan nanggung kalo mau bantu...sekalian fartainya

Ssmua ada etika antar negara, gak kayak kilapahhh isiss yg main bom bunuh orang...

Koar2 jelekin pemerintah nyatanyaa elu sendiri santai di rumah...

Lu aja ga mau di atur pemerintahh, kok sok ngatur ngatur.....

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 3 lainnya memberi reputasi
dulu indo tahun 40-90an aja kagak ada ninja hattori. kok sekarang kenapa bisa ada dan makin banyak?

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan bajier memberi reputasi
Mulai go intergalactic
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 2 lainnya memberi reputasi
lah apa urusan MUI dimari sama negara org segala ngurusin negara org lelaguan aje, urusin aja negara sendiri emoticon-Ngakak
profile-picture
Sadhunter memberi reputasi
hak kecam? emang ada yang dilakuin MUI untuk org sana? apakah MUI dah ada cabang ya disana?
Kaum paling hipokrit sedunia.

Kalau ada orang/negara luar mengkritisi permasalahan mereka, mereka gak terima.

Bilang gak usah ikut campur, urus saja dapur sendiri.

Eh padahal sendirinya sukaaa banget ikut campur urusan orang lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 4 lainnya memberi reputasi
bencana bagi ...

@wiskey31

konsep lokal dan mancanegara sama aja emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Loh makanya pada ditutup supaya ajaran2 yg penuh kebencian dari agama tertentu dapat dibatasi.

Lalu di Indo bagaimana dgn Somad, Yahya Waloni dll yg ceramah2nya penuh kebencian dan menanamkan permusuhan terhadap yg tidak seiman? Kok tidak ditindak?

Inilah contoh hipokrit kelas kakap.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh r.raysha7.
Majelis Ulama Internasional

emoticon-Matabelo
Sono robah dulu menjadi MUS !!!!

Lasttttt car.......!!!!!

{thread_title}
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan pikap.26ton memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di