- Beranda
- Komunitas
- News
- Dunia Kerja & Profesi
Kebiasaan Merusak Karier, Ini Hal yang Perlu Dijauhi!


TS
Kreativv.com
Kebiasaan Merusak Karier, Ini Hal yang Perlu Dijauhi!

Every detail does matter, termasuk hal-hal terkecil sekalipun. Ketika kamu punya impian dan visi besar untuk kemajuan karier, tindakan dan detail kecil yang kamu prioritaskan itu yang bakalan membawa perbedaan. Kamu bisa aja menambahkan kebiasaan atau skill baru dalam kehidupan sehari-hari, tapi kunci agar bisa menjemput sukses adalah menghindari kebiasaan merusak karier.
Well, kalau ngomongin soal kebiasaan lama emang susah banget buat dihilangkan, ya. Dibandingkan mengubah atau menghentikan kebiasaan lawas, jauh lebih mudah menambahkan kebiasaan baru. Pasalnya, kebiasaan lama sudah terlanjur bikin kita nyaman dan secara otomatis terprogram untuk melakukannya.
Tapi gimana jadinya kalau salah satu kebiasaan itu jadi penghalangmu mendapatkan kesuksesan? Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah menyadari kalau kamu punya kebiasaan yang harus segera dihentikan detik ini juga. Berikut ini adalah 6 kebiasaan yang bisa merusak karier, bahkan tanpa disadari.
1. Sering Menggunakan Kata-Kata Pesimistis dalam Obrolan

Dalam dunia kerja profesional nggak ada tempat untuk orang-orang yang nggak punya rasa percaya diri. Selalu pesimis dengan menggunakan kata-kata yang menunjukkan ketidakyakinan dalam setiap obrolan bisa bikin orang bertanya-tanya apakah kamu sosok yang diandalkan atau enggak. Untuk meyakinkan rekan kerjamu bahwa kamu memang punya kemampuan, pastikan kamu menggunakan nada suara yang tepat, ya.
2. Bersikap Narsis di Setiap Ada Kesempatan

Seseorang yang narsis punya keahlian mengalihkan topik dalam obrolan yang tadinya berfokus pada orang lain ke diri mereka sendiri. Dan ini bisa dilakukan dengan sangat sopan. Sikap seperti ini bisa bikin rekan kerjamu merasa diabaikan dan nggak dianggap. Seiring dengan berlalunya waktu, kalau kamu terus melakukan ini, bukan nggak mungkin mereka berhenti berdiskusi atau mengobrol denganmu lagi, lho. Tentu saja ini kebiasaan merusak karier! Oleh karena itu, cobalah perbaiki kebiasaan ini, salah satu cara termudah adalah dengan lebih menghargai orang lain.
Baca Juga : 6 Situs Kursus Online Gratis untuk Menunjang Karier
3. Nggak Tahu Gimana Cara Berpakaian untuk Tampil Profesional

Jika kamu ingin terlihat kredibel di mata bos dan rekan kerja, jangan cuma menunjukkannya di atas kertas saja, tapi juga lewat caramu berpakaian dan berpenampilan. Syarat utama untuk bisa mendapatkan kesempatan mengembangkan karier adalah dengan memperhatikan apa yang kamu pakai. Nggak dipungkiri, orang masih men-judge a book by its cover. Dan menurut penelitian, ketika seseorang mengenakan pakaian formal bisa meningkatkan kemampuan berpikir dan kemahiranmu, lho. Sebaliknya, kalau kamu tidak bisa bersikap profesional, mulai dari penampilan, itu termasuk kebiasaan merusak karier.
4. Terus Menerus Minta Maaf Atas Segala Hal

Apa pendapatmu kalau ada seseorang yang selalu meminta maaf di setiap percakapan? Hal itu tentu bikin orang bingung dan menganggap orang tersebut nggak bisa melakukan sesuatu dengan tepat. Daripada meminta maaf atas kesalahan yang telah kamu lakukan, cobalah ganti kata ‘maaf’ dengan ‘terima kasih’. Contoh, ‘maaf saya terlambat’, jadi ‘terima kasih telah menunggu saya’, atau ‘maaf atas kesalahan saya’, jadi ‘terima kasih telah menunjukkan kesalahan saya’. Kesannya berbeda, kan?
5. Punya Perilaku yang Buruk dan Nggak Peduli Sekitar

Tata krama adalah hal penting dalam dunia kerja. Meski sangat mudah untuk bersikap sopan dan santun, tapi sayangnya banyak orang meremehkan hal tersebut. Nggak sedikit pekerja yang benar-benar mengabaikan tata krama standar, sebut saja seperti mengupil, lupa mengucapkan terima kasih ketika ada orang yang membantu membukakan pintu, menyela orang lain ketika mereka berbicara atau mendorong orang ketika akan lewat. Kalau seperti ini terus, hal tersebut bakal jadi kebiasaan merusak karier! Ngaku deh, kamu pernah nggak melakukan hal-hal ini?
6. Ikutan Bergosip di Tempat Kerja

Gosip bisa menyebabkan perpecahan. Gosip adalah penyebab utama orang memandang satu sama lain dengan berbeda. Nggak peduli apakah kamu mengatakan yang sebenarnya atau tidak, gosip menciptakan gesekan antar rekan kerja dan bisa membawa akhir penuh racun yang berdampak pada rusaknya hubungan sesama pekerja. Well, mungkin bergosip bikin kamu jadi diterima di dalam kelompok tempat kerja, tapi percayalah, kebiasaan ini bisa merusak nilaimu di mata orang lain. Mau?
Jangan biarkan 6 kebiasaan merusak karier yang sudah dengan susah payah kamu bangun dari titik nol. Gunakan kata-kata, sikap dan pikiranmu secara bijak. Karena cuma kamu seorang yang bisa membuat dirimu terlihat kredibel.
Baca Juga : Wajib Follow! 5 Akun Instagram untuk Kembangkan Karier Super Inspiratif
0
544
1


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan