CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Benarkah Chip di e-KTP Bisa Dilacak Seperti GPS, Apa Fungsinya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6041e0c89ac4fb421f5e0375/benarkah-chip-di-e-ktp-bisa-dilacak-seperti-gps-apa-fungsinya

Benarkah Chip di e-KTP Bisa Dilacak Seperti GPS, Apa Fungsinya?

Benarkah Chip di e-KTP Bisa Dilacak Seperti GPS, Apa Fungsinya?
sumber
Benarkah Chip e-KTP Bisa Dilacak Seperti GPS?

Selamat siang agan sista kaskuser dimanapun berada yang terkeren, terkece dan tersmart sejagad raya kaskus semoga selalu sehat dan bahagia.

Ketemu lagi sama thread ts mamaproduktif yang kali ini pengen bahas tentang Chip di e-KTP, Apa Fungsinya? Benar Bisa Dilacak Seperti GPS?
Benarkah Chip di e-KTP Bisa Dilacak Seperti GPS, Apa Fungsinya?sumber
Chip pada dasarnya merupakan alat untuk mendeteksi secara digital. Seperti chip e-money digunakan untuk mengecek saldo dan ditempelkan pada alat tertentu agar berfungsi sesuai kinerjanya. Contoh chip dalam kartu untuk gunakan busway, sebelum masuk busway harus dicek terlebih dahulu saat sampai di koridor.

Fungsi dari chip e ktp itu sendiri adalah menyimpan data pemilik ektp seperti nama, alamat lengkap, foto, tanda tangan, sidik jari kiri dan kanan saat pembuatan ektp.

Hal itu digunakan oleh dinas kependudukan dan catatan sipil agar tidak terjadi penipuan data atau dipalsukan. Contohnya seperti ktp palsu yang digunakan oleh mafia tanah untuk bisa bertransaksi atas nama pemilik ktp padahal bukan pemilik aslinya.

Kita tahu bahwa ektp digunakan sejak mulai 2015-2016, dimana gara-gara blangko e-KTP ini menggiurkan banyak pihak hingga terjadi korupsi besar.

Semuanya itu digunakan datanya agar bisa terintegrasi dimanapun, kapanpun untuk apapun.



Dari situ tampak jelas bahwa chip dalam ektp bukan seperti gps karena hanya memiliki memori 2kb dan masih sederhana, so jika di luaran sana bilang bahwa chip dalam e-KTP bisa digunakan oleh aparat kepolisian untuk melacak keberadaan seseorang adalah hoaks atau tidak benar.

Sedangkan penggunaan untuk melacak layaknya fungsi gps harus membutuhkan energi seperti baterai pada chip tersebut dan perlu biaya yang mahal.

Jadi jika agan sista membongkar chip ektp hanya membuang waktu dan tidak ada manfaatnya. Untuk itu ada cara lain untuk mengetahuinya dengan menyorot ektp tersebut dengan lampu senter. Atau dengan mendownload aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak chip dan keluar data kita. Seperti contoh video dibawah ini.



Mulai sekarang jangan mau disuruh bongkar chip karena takut dilacak oleh polisi yah. Sekian thread ane kali ini. Semoga bermanfaat bagi kaskuser semua. Kaskuser bijak selalu ninggalin jejak. Sekian terimakasih.

Penulis: @mamaproduktif
Opini pribadi
Referensi : 1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ushirota dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mamaproduktif
Halaman 1 dari 2
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan Richy211 memberi reputasi
Diubah oleh mamaproduktif
hahaha ga jelas gan, kalo bisa buat dapet diskon pas belanja di mol sih mayan. emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
berarti harusnya ada teknologi yang mendukung penggunaan chip tersebut dong, misal kalau ke puskesmas baik pegawai ataupun pasien ga usah lagi repot repot nulis ataupun ngetik manual, tinggal tapi e-ktp, data tertansfer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d112za dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
chip mifare 1k ato 4k nih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d112za dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Gak logis emang gan chip di e-KTP panik dilacak GPS, padahal hp smartphone yang sering dibawa wkkwwkkwk

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
lagian bloon aja yg percaya hoax begitu, ektp ane fotonya aja udah ga kliatan alias luntur lah mau dipake lacak2an
profile-picture
profile-picture
kevinpo12 dan mamaproduktif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Harusnya bisa memuat seluruh data 1 individu.
Cuman karena proyek bancakan dan bukan proyek visioner jadinya e-ktp kayak ktp biasanya. Bedanya rekam kewarganegaraan dah tersimpan di digital tapi gak integerasi ke beberapa lembaga kementerian lain.

Dosen w yg pernah tinggal di NZ pernah cerita fungsi e-ktp pas ngurus pajak pembelian mobil di NZ, doi cukup bawa e-ktp doang. Harusnya seperti itu.
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan jeff123556 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
susah jelasin ama orang2 macam ituemoticon-No Hope
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Orang2 yg mudah kemakan hoaks mana bisa dijelasin sama tulisan kaya begini. Apalagi yg pikirannya negatif mulu
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Malah baru tau kapasitas chip ktp cuman 2kb doang. Kecil banget. Tapi ya mau nyimpen sebanyak apa juga sih ya
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
Diubah oleh irene.holmes
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
chip eKTP itu cuma buat nyimpen data aja blok emoticon-Ngakak
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wow terlalu canggih dan terlalu cepat buat adaptasi teknologinya emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pasti2periode dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Coba kalo ngurus apa2 tinggal tap ajaa langsung keluar data tanpa perlu fotokopi fotokopi lagiemoticon-Frown
Itung2 ngurangin limbah kertas lah ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yah sayangnya banyak yg kemakan juga siii, padahal ya belum tentu benar
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kalau memang bisa, daya untuk ping sinyalnya pakai apa emoticon-Ngakak


Bata only
profile-picture
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan 2 lainnya memberi reputasi
Oalah, sumbernya aslinya dari aplikasi goblok itu to....emoticon-Cape deeehh
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lahh itu orang yg nyopot chip nya kenapa bisa kena polisi gan 🙄
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gila aja kalau ada gps nya hehe privasi telah mati
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Chip ektp gak ada fungsinya sama aja ktp ghoib dikasih chip tapi kegunaan gak ada, rugi bikin ektp mending bikin data digital, aja gak usah pk ktp segala
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di