Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cighardwareAvatar border
TS
cighardware
Benarkah Cuci Tangan dengan Wastafel Otomatis Bisa Cegah Virus Corona?
Hai Agan Sista !!
Ketemu Lagi sama ane. Pembahasan kali ini ane mau bahas mengenai mencuci tangan dengan wastafel otomatis. Sebelumnya Agan Sista udah tau belum apa sih wastafel otomatis? Kenapa dianggap sebagai solusi cegah virus corona? Kalau belum tau yuk simak penjelasan di bawah..

 

Pemerintah sudah membuat peraturan protokol kesehatan 3M yang salah satunya adalah mencuci tangan. Tahukah anda bahwa mencuci tangan dengan menggunakan wastafel otomatisdapat membantu cegah penyebaran virus corona?



Virus corona mulai masuk ke indonesia mulai awal maret 2020. Lebih tepatnya  tanggal 2 Maret 2020 pemerintah mengumumkan dua kasus positif covid-19 di indonesia. Semenjak kasus tersebut, pemerintah mulai mencari-cari cara untuk mengurangi penyebarannya. 



Pasti Agan dan Sista  udah tidak asing lagi sama kata wastafel dan cuci tangan. Apalagi semenjak pandemi Covid-19 mulai mewabah di Indonesia. Semenjak wabah virus corona mulai menyebar di Indonesia, akhirnya pemerintah memberlakukan protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran virus corona. Protokol kesehatan tersebut dikenal dengan istilah 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Mencuci tangan yang efektif adalah dengan menggunakan air yang mengalir dan juga sabun. 



Biasanya, alat yang digunakan untuk mencuci tangan adalah wastafel. Anda pastinya sudah tidak asing dengan alat ini. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), wastafel adalah tempat untuk membersihkan diri (cuci muka, cuci tangan, menggosok gigi), letaknya menempel di dinding baik itu di dalam maupun di luar ruangan, dan dilengkapi cermin serta rak untuk meletakkan sabun, pasta gigi, atau alat-alat kecantikan. 



Wastafel terbagi menjadi dua macam yakni wastafel otomatisdan wastafel biasa. Terdapat perbedaan dari keduanya, tetapi kegunaannya tetap sama. Wastafel biasa penggunaannya masih manual. Manual disini maksudnya adalah masih dengan sentuhan. Sedangkan wastafel otomatis tidak menggunakan sentuhan atau touchless. Wastafel jenis ini menggunakan sensor untuk mendeteksi adanya suhu manusia dan lalu melakukan perintah yang dimintas seperti mengeluarkan air, mengeluarkan sabun, dan lainnya. 



Kenapa sih wastafel otomatisdianggap sebagai solusi penyebaran virus corona? Seperti yang Ane, agan dan sista ketahui jenis wastafel ini tidak menggunakan sentuhan, hanya mengandalkan sensor untuk mendeteksi suhu manusia. Maka dari itu, akan meminimalisir sentuhan terhadap benda dan mengurangi rantai penyebaran virus corona pula. 



Seperti diketahui bahwa virus corona juga menyebar melalui sentuhan, atau benda yang pernah disentuh oleh orang yang terinfeksi virus tersebut. Dan apabila benda tersebut disentuh oleh orang yang belum terinfeksi maka orang tersebut akan tertular. Maka dari itu wastafel otomatisdianggap sebagai solusi dari penyebaran virus corona. 



Nah itu dia penjelasan singkat dari ane tentang mencuci tangan menggunakan wastafel otomatisyang dapat mengurangi penyebaran virus corona. Semoga bermanfaat. Agan sista Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). 




0
432
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan