CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Kenapa Honda Lebih Nyaman Pada Jalan Lurus Sementara Yamaha Di Manuver ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6038ba291182d544431eca4c/kenapa-honda-lebih-nyaman-pada-jalan-lurus-sementara-yamaha-di-manuver

Kenapa Honda Lebih Nyaman Pada Jalan Lurus Sementara Yamaha Di Manuver ?

Kenapa Honda Lebih Nyaman Pada Jalan Lurus Sementara Yamaha Di Manuver ?

Pernah tidak bertanya-tanya, kenapa motor Honda lebih terasa nyaman ketimbang Yamaha ? Kalau pernah, maka artikel ini mungkin dapat menjawab pertanyaan tersebut...

Latar Belakang Anggapan Honda Lebih Nyaman Ketimbang Yamaha

Honda dikenal memiliki suspensi yang lebih nyaman ketimbang Yamaha, beberapa bikers sepertinya tidak mengelak akan hal ini. Termasuk saya pribadi, karena kalau dirasa-rasakan, suspensi belakang Honda begitu empuk saat dijalanan lurus.

Namun bukan berarti, Honda memiliki kesempurnaan pada suspensi untuk segala medan. Seperti misalnya, ketika motor Honda diajak untuk manuver di tikungan, maka jika dibandingkan dengan Yamaha.

Suspensi milik Honda terasa tidak begitu nyaman atau dalam tanda kutip kalah daripada Yamaha. Hal ini ternyata pernah saya dengar alasannya dari salah satu petinggi pabrik shokbeker di Indonesia.

Alasan Suspensi Honda Lebih Nyaman dari Yamaha

Saya cukup beruntung, karena dapat berjumpa secara langsung dengan salah satu orang yang expert dibidang persuspensian pada sepeda motor. Dan maaf sebelumnya, jika sumber tidak dapat saya buka data pribadinya di artikel ini karena memang belum mendapatkan izin.

Kenapa Honda Lebih Nyaman Pada Jalan Lurus Sementara Yamaha Di Manuver ?

Sumber mengatakan bahwa kondisi yang sering dialami oleh para bikers Honda dan Yamaha ini, terjadi karena karakter suspensi dikeduanya yang berbeda.

Honda memilih untuk menggunakan suspensi yang berkarakter shoft, sementara Yamaha menggunakan karakter yang keras. Hal ini, memiliki efek positif-negatif, dan efeknya tentu saja apa yang dirasakan seperti judul dalam artikel ini.

Suspensi Honda akan terasa nyaman ketika jalanan lurus, sementara Yamaha bakal mulai terasa suspensi saat diajak bermanuver.

So masbroo, mungkin ada juga beberapa motor Yamaha yang malah terasa lebih nyaman dijalanan lurus. Begitupun dengan Honda yang mungkin juga merasakan kenyamanan saat tikungan, karena pasti setiap produk akan melakukan penyempurnaan dari waktu ke waktu.

Sumber : seminar salah satu perusahaan suspensi di Indonesia
Penulis : Mas Bejo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Setuju sama lu Bray ,gw ngerasa juga gitu ,pake Scoopy dan nmax beda jauh ,Scoopy enak di jalan lurus ,kalo diajak manuver rada gimna gitu pas mau belok takut gw ,tapi pas oke nmax temen gw enak enak aja pas buat manuver ,jalan lurus harus boncengan kalo pake nmax enak ,kalo sendiri rada gimna gitu feel-nya ,beda pokoknyaemoticon-Cendol Gan
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Emang sih terasa, tapi ane penasaran apakah ini karena mental pikiran kita juga setelah melihat hal serupa di Moto GP kaya gitu ya gan, yamaha gitu honda gitu, jadi kepikiran tanpa sadar gt
Honda bagian sambungan mesin ke rangka ada satu alat yg fungsinya utk meredam getaran sebelum sampe ke rangka

Yamaha pakai banyak damper karet yg luamayan mahal utk ukuran karet di tiap sambungan stering dan roda ke rangka

Ane rasa itu penyebab perbedaan nya
Kalo mau liat kedua nya harus di buka firing nya

Udah banyak yg ulas
Tp gak ada yg mau telanjangin
Akhir nya cuma kaya² nya
profile-picture
cungkringoke memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Itu emang karakter suspensi bro..kalo empuk, nyaman, tapi performa kurang
Mau performa,tapi kenyamanan berkurang.
Alasan gw selalu memilih honda karena lebih irit dibandingkan yamaho
profile-picture
profile-picture
isu152 dan arly5 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
baru ngerti setelah baca postingan agan inj
Post ini telah dihapus oleh KS06
heemm aduh ane sihh ngerasain handling yang sama sama baik nih gan sis kaya belum ngerasain secara signifikan handling yang berbeda hehe
tapi dari dulu sih udah pakai nya motor keluaran honda nih gan sis mulai dari honda beat, megapro hingga vario wkwkw
Mosok min???
Sy koq tdk ngamati segitunya..
Krn sll pake honda..hehe
Mungkin bedanya yamaha dan honda begitu, masing masing ada kelebihan dan kekuranagn
Tetep ada ciri khasnya masing masing sih gan dan tetep ada konsumennya sendiri
Suzuki juga diulas dong gan. Padahal suzuki punya kelebihan daripada kedua merk di atas. Ane pernah bawa lama shogun kebo (1999), tornado gs (1997), A 100 x (1990-an) dan sampai sekarang masih pakai shogun 125 R (2006). Kalo honda ane pernah pakai Supra X 125 R (2006), Astrea prima (1990 untuk belajar motor sampai SMA baru ganti tornado), Astrea star (1992) motornya nyokap.

Nah sekarang kadang bawa mio m3 punya istri. Kalo vario, beat, scoopy ane juga pernah bawa. Tapi nmax, pcx jujur ane blm pernah.

Dari pengalaman ane itu, suzuki lah juaranya. Tapi honda dan yamaha juga punya kelebihan masing-masing.
Ane belom pernah pake yamaha, jadi gak tau bedanya gimana hehe
Klu aneh mah yg pnting tinggal makai doang
Ahaha kalau disuruh milih sih susah gan soalnya udah punya pasarnya masing masing haha
Kalo ane nyaman sama honda gan....tp tidak menutup kemungkinan ane juga suka Yamaha...
profile-picture
cryingbrutal memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yamaha selalu didepan, tetapi honda selalu sampai duluan.

Yg penting irit.. gak terlalu fokus ke suspensinya emoticon-Leh Uga
#TeamHonda
profile-picture
isu152 memberi reputasi
Dari dulu gk pernah punya motor dari honda kecuali astrea punya bapak emoticon-Ngakak

Karena ane FBY dari segmen naked sampe matic bongsor


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di